Minggu, 08/09/2024 02:10 WIB

Tolak Akreditasi Jurnalis Rusia untuk Olimpiade, Prancis Disebut Rusak Kebebasan Media

Tolak Akreditasi Jurnalis Rusia untuk Olimpiade, Prancis Disebut Rusak Kebebasan Media

Jurnalis mengunjungi venue Stadion Menara Eiffel tempat diadakannya pertandingan voli pantai selama Olimpiade Paris 2024, di Paris, Prancis, 25 Juni 2024. REUTERS

MOSKOW - Kremlin mengatakan bahwa keputusan Prancis yang menolak memberikan akreditasi kepada beberapa jurnalis Rusia untuk Olimpiade Paris 2024 karena kekhawatiran akan keamanan tidak dapat diterima dan menuduh pihak berwenang Prancis merusak kebebasan media.

Menteri Dalam Negeri sementara Perancis mengatakan pada hari Minggu bahwa dinas keamanan Perancis telah menolak lebih dari 4.000 permohonan akreditasi Olimpiade, termasuk karena kekhawatiran spionase dan serangan siber.

Gerald Darmanin, yang mengatakan hampir seratus permohonan telah ditolak karena ketakutan akan spionase, mengatakan beberapa dari permohonan tersebut ditolak berasal dari Rusia dan Belarus, sekutu setia Moskow.

Ketika ditanya tentang penolakan untuk mengakreditasi beberapa jurnalis Rusia untuk Olimpiade, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan melalui panggilan konferensi:

"Kami menganggap keputusan seperti itu tidak dapat diterima. Kami yakin keputusan seperti itu melemahkan kebebasan media. Dan keputusan tersebut jelas melanggar seluruh komitmen Prancis terhadap OSCE (Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa) dan organisasi lain," katanya.

“Dan tentu saja kami ingin melihat reaksi terhadap keputusan tersebut dari organisasi hak asasi manusia yang relevan, dari organisasi yang fokus untuk memastikan semua landasan dan aturan kebebasan media.”

Negara-negara Barat pada hari Jumat menuduh Rusia bertindak kasar terhadap kebebasan media setelah pengadilan memutuskan reporter AS Evan Gershkovich bersalah melakukan spionase dan menjatuhkan hukuman 16 tahun penjara kepada dia di koloni dengan keamanan maksimum.

Perusahaan yang mempekerjakannya, Wall Street Journal, menyebut keputusan tersebut sebagai "hukuman palsu yang memalukan." mengatakan dia hanya melakukan pekerjaannya sebagai reporter yang diakreditasi oleh Kementerian Luar Negeri untuk bekerja di Rusia.

Kremlin mengatakan kasus dan pengaturan persidangan merupakan urusan pengadilan, namun menyatakan sebelum putusan dan tanpa menerbitkan bukti bahwa Gershkovich telah tertangkap basah sedang memata-matai.

Hubungan antara Rusia dan Prancis memburuk akibat perang di Ukraina.

Prancis telah memasok peralatan militer ke Kyiv dan Presiden Emmanuel Macron menyebut Rusia di bawah Presiden Vladimir Putin sebagai musuh, dan memperingatkan bahwa kredibilitas Eropa akan berkurang menjadi nol jika Moskow memenangkan perang.

KEYWORD :

Olimpiade Paris Tolak Akreditasi Jurnalis Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :