Minggu, 08/09/2024 02:11 WIB

Dikritik Lawan dalam Kampanye Pertamanya, Trump Nyatakan Bersedia Debat Lawan Harris

Dikritik Lawan dalam Kampanye Pertamanya, Trump Nyatakan Bersedia Debat Lawan Harris

Donald Trump menghadiri debat presiden pertama yang diselenggarakan oleh CNN di Atlanta, Georgia, AS, 27 Juni 2024. REUTERS

MILWAUKEE - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada Selasa menyerang Donald Trump dalam rapat umum kampanye pertamanya sejak menggantikan Presiden Joe Biden sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Sementara jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan Trump sedikit unggul dibandingkan kandidat Partai Republik saingannya.

Dalam pidatonya yang berdurasi 17 menit, Harris secara agresif mengkritik kelemahan Trump dan membandingkan latar belakangnya sebagai mantan jaksa dengan catatan Trump sebagai penjahat.

Harris mencentang daftar prioritas liberal, dengan mengatakan bahwa jika terpilih ia akan bertindak untuk memperluas akses aborsi, memudahkan pekerja untuk bergabung dengan serikat pekerja dan mengatasi kekerasan bersenjata, yang sangat kontras dengan Trump, calon presiden dari Partai Republik pada pemilu November 2018. 5 pemilu.

Donald Trump ingin membawa negara kita mundur,” katanya kepada ribuan orang di West Allis Central High School di pinggiran Milwaukee di Wisconsin, sebuah negara bagian yang menjadi medan pertempuran dengan peran penting dalam menentukan hasil pemilu.

“Apakah kita ingin hidup di negara yang penuh kebebasan, kasih sayang, dan supremasi hukum, atau negara yang penuh kekacauan, ketakutan, dan kebencian?”

Rapat umum yang riuh ini sangat kontras dengan acara yang lebih kecil dan lebih tenang yang diadakan Biden, yang menggarisbawahi harapan Partai Demokrat bahwa Harris, 59 tahun, dapat menghidupkan kembali kampanye yang lesu di bawah Biden, 81 tahun. "Ka-ma-la!" pecah ketika dia naik ke panggung.

Dia menekankan komitmennya terhadap hak-hak reproduksi, sebuah masalah yang telah menjangkiti Partai Republik sejak Mahkamah Agung AS – yang didukung oleh tiga hakim yang ditunjuk Trump – menghapuskan hak aborsi secara nasional pada tahun 2022.

Harris mengungguli Trump dengan perolehan suara 44% berbanding 42% di antara pemilih terdaftar dalam jajak pendapat nasional Reuters/Ipsos, yang dilakukan pada hari Senin dan Selasa setelah Biden keluar dari pemilu pada hari Minggu dan mendukung Harris sebagai penggantinya.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos pekan lalu menunjukkan Biden, sebelum mengakhiri kampanyenya, tertinggal dua poin persentase dari Trump.

Keduanya berada dalam margin kesalahan tiga poin jajak pendapat tersebut. Namun hasil pemilu ini mungkin menandakan terbatasnya pergerakan ke arah Partai Demokrat dan mungkin menunjukkan bahwa naiknya Harris ke posisi teratas akan menumpulkan momentum apa pun yang diharapkan Trump untuk diperoleh dari Konvensi Nasional Partai Republik minggu lalu, juga di Milwaukee.

Trump dan sekutu-sekutunya telah mencoba untuk mengikat Harris pada beberapa kebijakan Biden yang tidak populer, termasuk cara pemerintahannya menangani lonjakan migran di perbatasan selatan dengan Meksiko.

Dalam panggilan konferensi dengan wartawan pada hari Selasa, Trump menyatakan keyakinannya pada kemampuannya untuk mengalahkan Harris, dan mencatat bahwa pencalonan Harris sebelumnya pada tahun 2020 bahkan tidak bertahan hingga kontes pencalonan pertama di seluruh negara bagian.

Trump menawarkan untuk berdebat dengan Harris beberapa kali. Trump dan Biden mengadakan satu debat lagi yang dijadwalkan pada 10 September setelah pertemuan mereka pada 27 Juni. Kinerja buruk Biden malam itu menyebabkan seruan Partai Demokrat agar dia mundur.

“Saya ingin berdebat dengannya, dan dia tidak akan melakukan hal yang berbeda karena mereka memiliki kebijakan yang sama,” kata Trump.

KEBANGKITAN CEPAT
Harris dengan cepat mengkonsolidasikan dukungan partainya setelah Biden, 81 tahun, membatalkan kampanye pemilihannya kembali di bawah tekanan dari anggota partainya yang khawatir tentang kemampuannya untuk mengalahkan Trump, 78 tahun, atau untuk menjabat selama empat tahun lagi.

Dia menyelesaikan pencalonannya pada Senin malam dengan memenangkan janji dari mayoritas delegasi yang pada konvensi partai bulan depan akan menentukan calon tersebut, kata tim kampanye.

Kampanyenya mengatakan telah mengumpulkan $100 juta sejak Minggu.
Sebagian besar anggota parlemen dari Partai Demokrat mendukung pencalonannya, termasuk para pemimpin partai di Senat dan DPR, Chuck Schumer dan Hakeem Jeffries, yang mendukung Harris pada konferensi pers bersama pada hari Selasa.

Naiknya Harris secara dramatis mengubah pemilu di mana banyak pemilih tidak puas dengan pilihan mereka. Sebagai perempuan kulit hitam dan Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden, ia akan mengukir sejarah lebih lanjut sebagai perempuan pertama yang terpilih sebagai presiden AS.

Wisconsin adalah salah satu dari tiga negara bagian Rust Belt, bersama dengan Michigan dan Pennsylvania, yang berperan penting dalam peluang Partai Demokrat untuk mengalahkan Trump.

Alyssa Wahlberg, 19, ketua Partai Demokrat Whitewater College, mengatakan Harris telah bangkit kembali menyasar para pemilih muda, khususnya perempuan yang menginginkan Harris untuk memecahkan batasan yang ada di AS.

"Saya berbicara dengan nenek saya. Kami berdua gembira karena dia bisa bertemu dengan presiden perempuan pertama," kata Wahlberg, yang menghadiri rapat umum pada Selasa. “Ini memakan waktu terlalu lama.”

Dibebani dengan kekhawatiran yang mencakup masalah kesehatan dan tingginya harga minyak yang terus-menerus mengganggu keuangan rumah tangga Amerika, Biden telah kalah bersaing dengan Trump dalam jajak pendapat, terutama di negara-negara bagian yang bersaing yang kemungkinan besar akan menentukan pemilu, termasuk negara bagian Sun Belt di Arizona dan Nevada.

Biden mengatakan di X bahwa dia akan menyampaikan pidato di Gedung Oval pada Rabu malam yang menjelaskan keputusannya untuk mengakhiri kampanyenya. Dia kembali ke Washington pada hari Selasa setelah menghabiskan beberapa hari mengisolasi diri di rumah karena COVID-19. Presiden dinyatakan negatif dan tidak lagi menunjukkan gejala, kata dokter Gedung Putih dalam suratnya pada hari Selasa.

Keluarnya Biden secara dramatis menyusul keberhasilan Trump dalam upaya pembunuhan pada 13 Juli yang menimbulkan pertanyaan tentang kegagalan keamanan di Dinas Rahasia AS. Direktur agensi, Kimberly Cheatle, mengundurkan diri pada hari Selasa.

The Washington Post melaporkan bahwa para pejabat Dinas Rahasia telah mendorong tim kampanye Trump untuk berhenti mengadakan demonstrasi di luar ruangan seperti yang terjadi di Butler, Pennsylvania, di mana Trump terluka di telinga kanannya.

The Post mengutip orang-orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah ini. Dinas Rahasia dan tim kampanye Trump tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Ketua Komite Nasional Demokrat Jaime Harrison, dalam sebuah wawancara di program NBC "Today", mengatakan partainya harus bergerak cepat untuk mendapatkan tiket di seluruh 50 negara bagian, dan bahwa pemilihan wakil presiden Harris harus dilakukan pada 7 Agustus.

Calon cawapres termasuk Gubernur Kentucky Andy Beshear, Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg, Gubernur Carolina Utara Roy Cooper, Senator Arizona Mark Kelly, Gubernur Illinois J.B. Pritzker, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro dan Gubernur Michigan Gretchen Whitmer.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Lawan Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :