Minggu, 08/09/2024 02:23 WIB

Tim Kampanye Trump Ajukan Aduan terhadap Harris yang Ambil Alih Dana Biden

Tim Kampanye Trump Ajukan Aduan terhadap Harris yang Ambil Alih Dana Biden

Wakil Presiden AS Kamala Harris melambai saat dia menaiki Air Force Two di Pangkalan Gabungan Andrews, Maryland, AS, 13 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Tim kampanye calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengajukan pengaduan ke Komisi Pemilihan Umum Federal pada hari Selasa. Alasannya, Wakil Presiden AS Kamala Harris tidak dapat secara hukum mengambil alih dana yang dikumpulkan oleh kampanye pemilihan kembali Presiden Joe Biden.

Biden, seorang Demokrat berusia 81 tahun yang bersaing ketat dengan penantangnya dari Partai Republik Donald Trump, mendukung Harris ketika dia mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali pada hari Minggu. Harris dengan cepat mengambil kendali atas rekening kampanye Biden dan pada Senin malam menyelesaikan pencalonannya dengan memenangkan janji dari mayoritas delegasi yang pada konvensi partai bulan depan akan menentukan calonnya, menurut tim kampanyenya.

Perebutan rekening tersebut, yang memiliki sekitar $95 juta di bank pada akhir Juni, adalah bagian dari upaya multi-cabang Partai Republik untuk menghalangi upaya Harris untuk memimpin Partai Demokrat.

Tim kampanye Trump berpendapat bahwa Harris melakukan "perampasan uang secara kurang ajar", menurut pengajuan David Warrington, penasihat umum kampanyenya. Dalam pengajuan yang dibagikan kepada Reuters, Warrington mengatakan Harris sedang dalam proses melakukan apa yang dia gambarkan sebagai “pelanggaran dana kampanye terbesar dalam sejarah Amerika.”

Saurav Ghosh, seorang pengacara di Pusat Hukum Kampanye, sebuah kelompok pengawas non-partisan, mengatakan bahwa karena Harris sudah menjadi bagian dari "Biden untuk Presiden" sebagai calon wakil presiden, klaimnya atas uang tersebut seharusnya aman.

Bagaimanapun, regulator pemilu kemungkinan besar tidak akan menyelesaikan masalah ini sebelum pemilu presiden tanggal 5 November.

FEC mengatakan mereka tidak dapat mengomentari masalah penegakan hukum yang belum terselesaikan.

Tim kampanye Harris mengatakan mereka telah mengumpulkan dana sebesar $100 juta sejak Minggu, ketika Biden mundur dari kampanye dan mendukungnya - melebihi sisa perolehan dana Biden hanya dalam beberapa hari. Kampanyenya mengabaikan keluhan FEC.

“Partai Republik mungkin iri karena Demokrat bersemangat untuk mengalahkan Donald Trump dan sekutu MAGA-nya, namun klaim hukum yang tidak berdasar – seperti yang mereka buat selama bertahun-tahun untuk mencoba menekan suara dan mencuri pemilu – hanya akan mengalihkan perhatian mereka saat kita merekrut sukarelawan, berbicara dengan pemilih, dan menangkan pemilu ini," kata juru bicara kampanye Harris Charles Kretchmer Lutvak.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Lawan Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :