Minggu, 08/09/2024 02:10 WIB

Selandia Baru Minta Maaf Usai Temukan 200 Ribu Orang Alami Pelecehan di Tempat Perawatan

Selandia Baru Minta Maaf Usai Temukan 200 Ribu Orang Alami Pelecehan di Tempat Perawatan

Pejalan kaki berjalan melewati Gedung Parlemen Selandia Baru di Wellington, Selandia Baru, 14 Juni 2022. REUTERS

WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru Christopher Luxon menyatakan penyesalannya pada Rabu setelah penyelidikan publik menemukan sekitar 200.000 anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang rentan mengalami pelecehan di lembaga negara dan lembaga keagamaan selama 70 tahun terakhir.

Hampir satu dari tiga anak-anak dan orang dewasa rentan yang berada dalam perawatan dari tahun 1950 hingga 2019 mengalami beberapa bentuk pelecehan, demikian temuan laporan tersebut. Temuan ini dapat menyebabkan pemerintah menghadapi klaim kompensasi baru senilai miliaran dolar.

“Ini adalah hari yang kelam dan menyedihkan dalam sejarah Selandia Baru sebagai masyarakat dan negara. Kita seharusnya berbuat lebih baik, dan saya bertekad bahwa kita akan melakukannya,” kata Luxon pada konferensi pers.
Permintaan maaf resmi akan menyusul pada 12 November, tambahnya.

Para penyintas dan para pendukungnya memenuhi ruang publik di parlemen saat laporan tersebut diperdebatkan, sementara masih banyak lagi yang diawasi dari ruang terpisah.

Setelah Luxon berbicara, menyamakan pelecehan terhadap anak-anak di salah satu fasilitas perawatan negara, Lake Alice, dengan penyiksaan, banyak yang berdiri dan menyanyikan lagu Pribumi Maori tentang cinta dan persatuan.

Laporan Komisi Penyelidikan Kerajaan (Royal Commission of Inquiry) menyebutkan lebih dari 2.300 penyintas pelecehan di Selandia Baru, yang berpenduduk 5,3 juta jiwa. Penyelidikan tersebut merinci sejumlah pelanggaran dalam layanan kesehatan berbasis negara dan agama, termasuk pemerkosaan, sterilisasi, dan sengatan listrik, yang mencapai puncaknya pada tahun 1970an.

Laporan tersebut menemukan bahwa mereka yang berasal dari komunitas Pribumi Maori sangat rentan terhadap pelecehan, serta mereka yang memiliki disabilitas mental atau fisik.

Para pemimpin sipil dan agama berjuang untuk menutupi pelecehan dengan memindahkan pelaku ke lokasi lain dan menyangkal kesalahannya, dengan banyak korban meninggal sebelum mendapatkan keadilan, tambah laporan itu.

“Merupakan aib nasional karena ratusan ribu anak-anak, remaja dan orang dewasa dianiaya dan diabaikan di bawah pengawasan negara dan lembaga-lembaga berbasis agama,” kata laporan itu.

Laporan tersebut menghasilkan 138 rekomendasi, termasuk meminta permintaan maaf publik dari pemerintah Selandia Baru, serta Paus dan Uskup Agung Canterbury, masing-masing kepala gereja Katolik dan Anglikan, yang sebelumnya mengutuk pelecehan anak.

Dalam sebuah pernyataan, Gereja Katolik Selandia Baru mengatakan mereka sedang meninjau laporan tersebut dengan cermat.

“Kami akan memastikan bahwa tindakan tersebut diambil setelah peninjauan kami atas temuan penyelidikan,” kata pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa pihaknya sebelumnya telah mengakui bahwa pelecehan tersebut terjadi.

Juru bicara Gereja Anglikan di Selandia Baru tidak segera menanggapi permintaan komentar.

PEMBAYARAN TERTUTUP
Laporan tersebut memperkirakan rata-rata biaya seumur hidup yang harus ditanggung oleh seorang penyintas pelecehan, yaitu apa yang dianggap normal oleh warga Selandia Baru, aktivitas sehari-hari, diperkirakan pada tahun 2020 adalah sekitar NZ$857.000 ($511.200,50) per orang, meskipun laporan tersebut tidak menjelaskan secara jelas. jumlah kompensasi yang tersedia bagi para penyintas.

Luxon mengatakan dia yakin total kompensasi yang diberikan kepada para penyintas bisa mencapai miliaran dolar.
“Kami membuka pembicaraan mengenai ganti rugi dan kami melakukan upaya tersebut dengan kelompok penyintas,” katanya.

Penyelidikan juga merekomendasikan pembayaran kepada keluarga yang telah dirawat oleh para penyintas pelecehan karena trauma antargenerasi yang mereka derita, serta peninjauan kompensasi yang dibayarkan dalam kasus-kasus pelecehan anak sebelumnya termasuk di unit remaja Lake Alice.

“Elemen yang paling penting adalah mengakui dan menghargai para penyintas atas realitas dan kebenaran hidup mereka,” kata Tracey McIntosh, sosiolog di Universitas Auckland.

Laporan tersebut juga menyerukan kepada pemerintah untuk membentuk Badan Care Safe yang bertanggung jawab mengawasi industri ini, serta undang-undang baru yang mencakup pelaporan wajib atas dugaan pelecehan, termasuk pengakuan yang dilakukan saat pengakuan agama.

KEYWORD :

Pelecehan Selandia Baru Tempat Perawatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :