Selasa, 17/09/2024 11:12 WIB

Pemerintah Taiwan Sediakan Beasiswa Rp44,6 Juta per Semester

Pemerintah Taiwan menyediakan beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Negeri Formosa

Konferensi pers THEFI 2024 (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Taiwan menyediakan beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Negeri Formosa. Nilainya tak main-main, yakni mencapai Rp44,6 juta per semester.

Director Taipei Edonomic and Trade Office in Indonesia, Grace Ou, mengatakan beasiswa tersebut menyasar pelajar Indonesia yang berprestasi. Mereka yang terpilih akan mendapatkan biaya pendidikan (tuition fee) dan biaya hidup (living cost).

"Untuk scholarship degree sebesar NT$40.000 per semester atau Rp20 juta. Itu untuk tuition fee saja. Kemudian ada tambahan untuk biaya hidup, S-1 sebesar NT$15.000 atau Rp7,4 juta per bulan," kata Grace Ou dalam konferensi pers Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) di Jakarta pada Jumat (26/7).

Adapun untuk pelajar yang menempuh studi magister (S-2) dan doktor (S-3), lanjut Grace Ou, masing-masing akan mendapatkan biaya hidup sebesar NT$20.000 atau Rp9,9 juta per bulan.

"Untuk beasiswa belajar Bahasa Mandarin mendapatkan tunjangan keseluruhan NT$25.000 per bulan," ujar Grace Ou.

Grace Ou menambahkan beasiswa pendidikan juga tersedia di masing-masing perguruan tinggi. Calon pelajar yang berminat dapat mengetahui lebih lanjut dalam pameran THEFI 2024 yang bakal berlangsung di lima kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Medan, Bandung, Pontianak, dan Surabaya.

"Untuk beasiswa tidak ada ikatan khusus dengan masa belajar normal, yaitu empat tahun untuk S-1, dua tahun untuk S-2, dan empat tahun untuk S-3. Untuk belajar Bahasa Mandarin durasinya enam bulan," dia menambahkan.

Diketahui, pameran THEFI sudah dilaksanakan delapan kali di Indonesia. Kegiatan bertujuan meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan sekolah menengah di Indonesia dengan universitas di Taiwan. Target perekrutan mencakup siswa SMA, SMK, sarjana, dan pascasarjana.

"Pameran akan dimulai pada 3 Agustus di Jakarta, 4 Agustus di Bandung, 6 Agustus di Pontianak, 8 Agustus di Surabaya dan 10 hingga 11 Agustus di Medan. Dan akan dihadiri sebanyak 58 perguruan tinggi Taiwan," ujar Ijoh Dulong, Ketua Umum Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI).

KEYWORD :

THEFI 2024 Beasiswa Pendidikan Taiwan Grace Ou




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :