Selasa, 17/09/2024 02:26 WIB

Pameran Kampus Taiwan THEFI 2024, Catat Tanggal dan Lokasinya

Tahun ini, pemeran THEFI 2024 yang berlangsung di lima kota besar di Indonesia akan diikuti oleh 58 perguruan tinggi negeri dan swasta Taiwan.

Pameran THEFI 2023 di Kampus Unair, Surabaya (Foto: Dok. Unair)

Jakarta, Jurnas.com - Pameran pendidikan Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) kembali hadir. Tahun ini, pemeran yang berlangsung di lima kota besar di Indonesia itu akan diikuti oleh 58 perguruan tinggi negeri dan swasta Taiwan.

Ketua Umum Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI), Ijoh Dulong, mengatakan THEFI 2024 berawal di Jakarta pada 3 Agustus 2024, lalu berlanjut di Bandung pada 4 Agustus 2024, di Pontianak pada 6 Agustus, 8 Agustus di Surabaya, dan 10-11 Agustus di Medan.

"Pameran di Jakarta digelar pada 3 Agustus 2024, di Pullman Central Park Hotel di The Grand Ballroom, dimulai dari pukul 9 pagi sampai 6 sore," kata Ijoh Dulong dalam konferensi pers THEFI 2024 di Jakarta pada Jumat (26/7).

Selain memperkenalkan perguruan tinggi masing-masing, peserta pameran juga akan mengeksplorasi kerja sama dengan perguruan tinggi, SMA dan SMK di Indonesia yang dapat slaing menguntungkan kedua belah pihak.

"Banyak perguruan tinggi Taiwan mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian, dan lain-lain," ujar dia.

Nantinya, calon mahasiswa asal Indonesia juga berkesempatan mendapatkan informasi seputar beasiswa yang disediakan masing-masing perguruan tinggi Taiwan. Pemerintah Taiwan juga membuka peluang beasiswa untuk jenjang sarjana, magister, doktor, dan kursus Bahasa Mandarin.

"Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program magister dan doktoral di Taiwan," dia menambahkan.

Ketua ICATI Jakarta, Simon Hu, menyebut kualitas pembelajaran di perguruan tinggi Taiwan sudah diakui secara internasional. Bahkan, beberapa kampus di Negeri Formosa memiliki rangking di bawah 100 QS University Ranking.

"Kuliah di Taiwan biaya hidupnya di bawah Jakarta. Dari lingkungan kampus dan tempat belajar sangat nyaman, sehingga murid bisa konsentrasi kuliah di sana. Kuliah di sana juga memakai Bahasa Mandarin dan Inggris," kata Simon.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia THEFI 2024, Sudjadi Mulia, mengatakan tren mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Taiwan semakin meningkat tiap tahunnya. Pada 2023, tercatat 16.725 pelajar Indonesia ada di Taiwan.

Kendati demikian, Indonesia masih berada di peringkat ke-2 negara terbanyak mengirim pelajar ke Taiwan. Peringkat pertama dihuni oleh Vietnam yang memiliki total 23.491 pelajar di Taiwan.

"Kebanyakan pelajar Indonesia di Taiwan mengambil jurusan manajemen, ekonomi, media massa, bahasa asing, informasi, teknik, biologi, kedokteran dan kesehatan, serta psikologi," ujar Sudjadi.

KEYWORD :

THEFI 2024 Pameran Pendidikan Kampus Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :