Minggu, 08/09/2024 07:14 WIB

Pangeran Harry Khawatir Ajak Meghan Markle ke Inggris

Pangeran Harry Khawatir Ajak Meghan Markle ke Inggris

Pangeran Harry Khawatir Ajak Meghan Markle ke Inggris. (FOTO: ANDREW CHIN/GETTY)

JAKARTA - Pangeran Harry berbagi kekhawatirannya tentang membawa Meghan Markle kembali ke Inggris

Duke of Sussex (39) berbicara tentang kekhawatirannya terhadap keselamatan keluarganya selama wawancara baru untuk dokumenter ITV Tabloids on Trial, yang ditayangkan perdana pada tanggal 25 Juli 2024.

"Itu masih berbahaya, dan yang dibutuhkan hanyalah satu orang pelaku, satu orang yang membaca hal ini untuk bertindak berdasarkan apa yang telah mereka baca," kata Pangeran Harry.

"Dan apakah itu pisau atau asam, apa pun itu, dan ini adalah hal-hal yang benar-benar menjadi perhatian saya. Itulah salah satu alasan mengapa saya tidak akan membawa istri saya kembali ke negara ini."

Pada tahun 2022, Neil Basu, mantan kepala kontraterorisme di Kepolisian Metropolitan, mengatakan bahwa ada ancaman nyata terhadap nyawa Duchess of Sussex saat dia tinggal di Inggris.

"Kami memiliki tim yang menyelidikinya. Orang-orang telah dituntut atas ancaman tersebut," kata Basu saat itu.

Pangeran Harry sebelumnya mengatakan bahwa ia "merasa dipaksa" untuk mundur dari perannya sebagai anggota kerajaan dan meninggalkan Inggris, dengan alasan masalah keamanan bagi keluarganya.

Segera setelah pasangan itu mengumumkan keputusan mereka untuk mundur sebagai anggota senior kerajaan yang bekerja, Komite Eksekutif untuk Perlindungan Anggota Kerajaan dan Tokoh Publik (RAVEC) mencabut hak otomatis mereka atas keamanan polisi Inggris.

Meskipun Duke of Sussex menawarkan untuk menanggung biaya keamanan, tawaran itu ditolak, dan awal tahun ini, hakim Pengadilan Tinggi Peter Lane menegakkan keputusan untuk menurunkan keamanannya.

Pangeran Harry berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

"Duke tidak meminta perlakuan istimewa, tetapi penerapan aturan RAVEC yang adil dan sah, memastikan bahwa ia menerima pertimbangan yang sama seperti orang lain sesuai dengan kebijakan tertulis RAVEC," kata juru bicara hukum.

Dalam sebuah pernyataan di Pengadilan Tinggi di London pada saat itu, Pangeran Harry mengatakan bahwa ia membutuhkan keamanan polisi untuk kedua anaknya — Pangeran Archie (5) dan Putri Lilibet (3) — "agar merasa seperti di rumah" di negara asalnya.

"Inggris adalah rumah saya. Inggris adalah pusat warisan anak-anak saya dan tempat yang saya inginkan agar mereka merasa seperti di rumah sendiri seperti tempat tinggal mereka saat ini di Amerika Serikat," kata Pangeran Harry.

"Itu tidak akan terjadi jika tidak ada kemungkinan untuk menjaga mereka tetap aman saat berada di tanah Inggris."

"Saya tidak bisa menempatkan istri saya dalam bahaya seperti itu, dan mengingat pengalaman hidup saya, saya enggan menempatkan diri saya dalam bahaya yang tidak perlu juga," tambahnya.

Pangeran Harry dan Meghan Markle (42) memindahkan keluarga mereka ke California pada tahun 2020.

Sementara putra Raja Charles telah kembali ke negara asalnya beberapa kali sejak saat itu, termasuk penobatan ayahnya pada bulan Mei 2023, Duchess of Sussex hanya kembali ke Inggris beberapa kali. Kunjungan terakhirnya adalah pada bulan September 2022 selama acara pemakaman Ratu Elizabeth.

Kedua anak mereka terakhir kali berada di Inggris pada bulan Juni 2022, ketika Duke dan Duchess of Sussex menghadiri acara-acara yang berkaitan dengan Ulang Tahun Platinum Ratu Elizabeth.

Keluarga tersebut merayakan ulang tahun pertama Lili dengan pesta di halaman belakang di Frogmore Cottage, rumah mereka di Windsor yang harus mereka tinggalkan setelah pindah ke AS.

Sementara Archie lahir di Inggris, Lili bergabung dengan keluarga tersebut setelah mereka pindah ke California.

Selama pertemuan itu, Pangeran Harry juga membahas bagaimana perjuangannya melawan tabloid telah memainkan "bagian utama" dalam keretakan dengan keluarganya.

(Pangeran Harry memenangkan gugatan peretasan teleponnya terhadap Mirror Group Newspapers pada bulan Desember 2023.)

"Saya pikir itu bagian terpentingnya," kata Duke of Sussex.

"Itu pertanyaan yang sulit dijawab karena apa pun yang saya katakan tentang keluarga saya akan berujung pada cercaan dari pers."

"Saya sudah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Akan lebih baik jika kita melakukannya sebagai satu keluarga," lanjutnya.

"Saya percaya bahwa, sekali lagi, dari sudut pandang pelayanan dan ketika Anda berada dalam peran publik, inilah hal-hal yang seharusnya kita lakukan untuk kebaikan bersama. Namun, saya melakukan ini karena alasan saya sendiri."

Ketika ditanya tentang keputusan para bangsawan untuk tidak berbicara tentang masalah tersebut, ia berkata, "Saya pikir semua yang terjadi telah menunjukkan kepada orang-orang apa kebenaran dari masalah ini. Bagi saya, misi ini terus berlanjut. Namun, hal itu telah menyebabkan keretakan."

Namun, Pangeran Harry mengatakan bahwa mendiang neneknya mendukungnya.

"Kami sudah banyak berdiskusi sebelum dia meninggal, ini adalah sesuatu yang sangat dia dukung, dia tahu betapa ini berarti bagi saya," katanya. "Dia di sana berkata, `Jalani ini sampai akhir,` tanpa ragu."

Ketika topik tentang diagnosis kanker ayahnya, Raja Charles, dan saudara iparnya Kate Middleton baru-baru ini muncul, Pangeran Harry berkata, "Dua hal itu sama sekali berbeda. Ayah saya, saudara ipar saya, dan saya yang mengikuti pertempuran hukum ini adalah dua hal yang sama sekali berbeda."

Pangeran Harry memiliki dua kasus perdata yang sedang berlangsung terhadap penerbit The Mail dan The Sun (keduanya membantah klaim pengumpulan informasi yang melanggar hukum) setelah Pengadilan Tinggi memutuskan pada bulan Desember bahwa ia diretas oleh Mirror Group Newspapers. (*)

 

KEYWORD :

Pangeran Harry Meghan Markle Inggris keamanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :