Minggu, 08/09/2024 07:12 WIB

Israel Berupaya Ubah Rencana Gencatan Senjata Gaza dan Persulit Pembicaraan

Israel Berupaya Ubah Rencana Gencatan Senjata Gaza dan Persulit Pembicaraan

Helikopter Apache militer Israel melepaskan suar saat terbang di dekat perbatasan Israel-Gaza, seperti yang terlihat dari Israel, 25 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Israel tengah mengupayakan perubahan pada rencana gencatan senjata Gaza dan pembebasan sandera oleh Hamas. Mereka mempersulit kesepakatan akhir untuk menghentikan pertempuran selama sembilan bulan yang telah menghancurkan daerah kantong itu, menurut seorang pejabat Barat dan seorang Palestina serta dua sumber Mesir.

Israel mengatakan bahwa warga Palestina yang mengungsi harus disaring saat mereka kembali ke bagian utara daerah kantong itu saat gencatan senjata dimulai. Hl itu menarik kembali kesepakatan untuk mengizinkan warga sipil yang melarikan diri ke selatan untuk kembali ke rumah dengan bebas, keempat sumber itu mengatakan kepada Reuters.

Para negosiator Israel "menginginkan mekanisme pemeriksaan bagi penduduk sipil yang kembali ke Gaza utara, di mana mereka khawatir penduduk ini dapat mendukung" para pejuang Hamas yang masih bertahan di sana, kata pejabat Barat tersebut.

Kelompok militan Palestina menolak tuntutan baru Israel tersebut, menurut sumber-sumber Palestina dan Mesir.

Poin penting lainnya, kata sumber-sumber Mesir, adalah tuntutan Israel untuk mempertahankan kendali atas perbatasan Gaza dengan Mesir, yang ditolak Kairo karena dianggap berada di luar kerangka kerja untuk kesepakatan akhir yang diterima oleh para musuh.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Gedung Putih, dan Kementerian Luar Negeri Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuntutan Israel tersebut.

"Netanyahu masih mengulur waktu. Sejauh ini tidak ada perubahan dalam pendiriannya," kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri, yang tidak mengomentari secara langsung tuntutan Israel tersebut.
Kabar tentang titik-titik kritis baru itu muncul saat Presiden AS Joe Biden mendesak gencatan senjata dalam perundingan di Washington pada hari Kamis dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mencapai kesepakatan akhir.

"Kita lebih dekat sekarang daripada sebelumnya," kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby, seraya menambahkan bahwa masih ada kesenjangan.

Dalam pidatonya di hadapan Kongres AS pada hari Rabu, Netanyahu mengatakan bahwa Israel terlibat dalam "upaya keras" untuk mengamankan pembebasan sandera yang ditawan di Gaza.

Sumber yang berbicara kepada Reuters meminta anonimitas untuk membahas tuntutan Israel karena kehalusan perundingan yang terputus-putus untuk menyelesaikan gencatan senjata dan pembebasan sandera yang ditawan dalam serangan yang dipimpin Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel yang memicu perang Gaza.

Para penyerang menewaskan 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel. Sekitar 120 sandera masih ditawan, meskipun Israel yakin sepertiga dari mereka telah tewas.

Otoritas kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 39.000 warga Palestina telah tewas dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi akibat pertempuran yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong itu dan menciptakan bencana kemanusiaan.

Amerika Serikat, Qatar, dan Mesir telah memediasi pembicaraan tidak langsung antara Israel dan Hamas yang berpusat pada kerangka kerja yang didasarkan pada tawaran Israel dan dipromosikan oleh Presiden AS Joe Biden, yang telah mendesak kedua belah pihak untuk menyelesaikan perbedaan yang tersisa.

Kerangka kerja tersebut menyerukan tiga tahap, dengan tahap pertama berupa gencatan senjata selama enam minggu dan pembebasan sandera wanita, lansia, dan yang terluka sebagai ganti ratusan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Pembicaraan tentang tahap kedua - yang disebut Biden sebagai "akhir permanen permusuhan" - akan berlanjut pada tahap pertama. Rekonstruksi besar-besaran akan dimulai pada tahap ketiga.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Hamas Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :