Minggu, 08/09/2024 07:04 WIB

Jajak Pendapat Reuters: Harris Ungguli Trump Dua Persen dalam Pilpres AS

Jajak Pendapat Reuters: Harris Ungguli Trump Dua Persen dalam Pilpres AS

Wakil Presiden Kamala Harris menyampaikan sambutan saat acara kampanye, di West Allis Central High School, di West Allis, Wisconsin, AS, 23 Juli 2024. REUTERS

WASHINGTON - Wakil Presiden Kamala Harris unggul tipis dua persentase poin atas Donald Trump dari Partai Republik setelah Presiden Joe Biden mengakhiri kampanye pemilihannya kembali dan menyerahkan jabatannya kepadanya, berdasarkan jajak pendapat Reuters/Ipsos.

Bandingkan dengan defisit dua poin yang dihadapi Biden melawan Trump dalam jajak pendapat minggu lalu sebelum ia keluar dari pencalonan pada hari Minggu.

Jajak pendapat baru tersebut, yang dilakukan pada hari Senin dan Selasa, merupakan lanjutan dari Konvensi Nasional Partai Republik di mana Trump pada hari Kamis secara resmi menerima nominasi tersebut. Ini juga lanjutan pengumuman Biden pada hari Minggu bahwa ia mengundurkan diri dari pencalonan dan mendukung Harris.

Harris, yang tim kampanyenya menyatakan bahwa ia telah mendapatkan nominasi dari Partai Demokrat, unggul atas Trump dengan perolehan suara 44% berbanding 42% dalam jajak pendapat nasional, selisihnya dalam margin kesalahan 3 poin persentase.

Harris dan Trump memiliki perolehan suara yang sama sebesar 44% dalam jajak pendapat tanggal 15-16 Juli, dan Trump memimpin dengan selisih satu poin persentase dalam jajak pendapat tanggal 1-2 Juli, keduanya berada dalam margin kesalahan yang sama.

Meskipun survei-survei berskala nasional memberikan sinyal penting mengenai dukungan Amerika terhadap kandidat politik, beberapa negara bagian yang bersaing biasanya memberikan keseimbangan pada Electoral College AS, yang pada akhirnya menentukan siapa yang memenangkan pemilihan presiden.

Sebuah lembaga jajak pendapat yang mewakili tim kampanye Trump mengecilkan jajak pendapat yang menunjukkan peningkatan dukungan terhadap Harris, dengan alasan bahwa popularitas Harris mungkin akan meningkat untuk sementara waktu karena liputan media yang luas mengenai pencalonan barunya.

“Lonjakan tersebut kemungkinan akan mulai terlihat dalam beberapa hari ke depan dan akan berlangsung selama beberapa waktu,” kata jajak pendapat Tony Fabrizio dalam sebuah memo yang diedarkan kepada wartawan oleh tim kampanye Trump.

Kandidat sering kali mengharapkan mendapat dukungan setelah secara resmi menerima pencalonan partainya di konvensi yang disiarkan televisi seperti yang diadakan Trump minggu lalu. Namun jajak pendapat tidak menunjukkan tanda-tanda akan hal itu.

Baik atau tidak, jajak pendapat terbaru Reuters/Ipsos menggarisbawahi alasan Biden mundur dari pencalonan dan Harris menggantikannya.

HARRIS TERLIHAT LEBIH TAJAM DARI BIDEN DAN TRUMP
Sekitar 56% pemilih terdaftar setuju dengan pernyataan bahwa Harris, 59 tahun, “tajam secara mental dan mampu menghadapi tantangan,” dibandingkan dengan 49% yang menyatakan hal yang sama tentang Trump, 78 tahun.

Hanya 22% pemilih yang menilai Biden seperti itu.
Biden, 81 tahun, mengakhiri upayanya untuk terpilih kembali setelah berdebat dengan Trump di mana ia sering tergagap dan gagal secara agresif menentang serangan Trump yang mengandung kebohongan.

Sekitar 80% pemilih Partai Demokrat mengatakan mereka memandang Biden dengan baik, dibandingkan dengan 91% yang menyatakan hal yang sama tentang Harris. Tiga perempat pemilih Partai Demokrat mengatakan mereka setuju dengan pernyataan bahwa partai dan pemilih harus mendukung Harris sekarang, dan hanya seperempat yang mengatakan banyak kandidat harus bersaing untuk mendapatkan nominasi dari partai tersebut.

Ketika para pemilih dalam survei tersebut diperlihatkan surat suara hipotetis yang mencakup calon presiden independen Robert F. Kennedy Jr., Harris memimpin Trump dengan 42% berbanding 38%, sebuah keunggulan di luar margin kesalahan. Kennedy, yang didukung oleh 8% pemilih dalam jajak pendapat tersebut, belum memenuhi syarat untuk memberikan suara di banyak negara bagian menjelang pemilu 5 November.

Harris berkampanye di negara bagian Wisconsin yang menjadi medan pertempuran penting pada hari Selasa. Dia mendapat dukungan dari tokoh-tokoh partai besar dan perhatian beralih ke siapa yang akan dia pilih sebagai pasangannya.

Banyak responden dalam jajak pendapat Reuters/Ipsos mengatakan mereka tidak tahu apa-apa tentang Partai Demokrat yang dianggap berpotensi untuk bergabung dengan Harris.

Sekitar satu dari empat pemilih terdaftar mengatakan mereka belum pernah mendengar tentang Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg, mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat yang memiliki tingkat kesukaan tertinggi – 37% – dari calon pasangan Harris dalam jajak pendapat.

Satu dari tiga orang belum pernah mendengar tentang Gubernur Kalifornia Gavin Newsom, dan jumlah yang hampir sama mengatakan bahwa mereka memandangnya dengan baik. Setengah dari pemilih terdaftar dalam jajak pendapat tersebut belum pernah mendengar tentang Senator Arizona Mark Kelly dan dua pertiganya tidak tahu apa pun tentang Gubernur Kentucky Andy Beshear.

Jajak pendapat tersebut, yang dilakukan secara online, mensurvei 1.241 orang dewasa AS secara nasional, termasuk 1.018 pemilih terdaftar.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Kalahkan Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :