Minggu, 08/09/2024 10:12 WIB

Tantangan Parlemen Semakin Berat, Pimpinan BURT Apresiasi Kinerja KWP 4 Tahun Terakhir

Elektabilitas atau tingkat kesukaan publik kuncinya ada di media. Kalau kita populis, maka elektabilitasnya pasti naik.

Wakil Ketua BURT, Dimyati Natakusumah. (Foto: Dok. Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Dimyati Natakusumah, menegaskan bahwa bahwa media memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan elektabilitas. Misalnya di Pilkada 2014, media dapat meningkatkan elektabilitas dan popularitas calon kepala daerah.

"Elektabilitas atau tingkat kesukaan publik kuncinya ada di media. Kalau kita populis, maka elektabilitasnya pasti naik," terang Dimyati dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi bersama Koordinatpriat dengan tajuk `Peran Media Dalam Mengawal Kebijakan dan Pembangunan di Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (27/7) malam.

Ia berharap wartawan yang tergabung dalam KWP terus mempublikasikan kegiatan dan kinerja legislatif agar tidak ketinggalan dengan pemerintah. Ditekankan begitu karena publikasi pemerintah kepada masyarakat disampaikan begitu lengkap.

Mengenai masalah anggaran nantinya bisa dibicarakan. Dengan catatan, media tidak menusuk dari dalam, melainkan turut membantu menyampaikan ke publik mengenai kinerja-kinerja kedewanan. Terlebih, tantangan dan tanggungjawab parlemen Indonesia ke depan semakin berat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI Indra Pahlevi berharap wartawan dapat mendorong peningkatan kesukaan publik terhadap kelembagaan DPR RI.

Meski tingkat kesukaan publik terhadap DPR RI masih di bawah DPD RI, namun kerja sama dengan wartawan diharapkan dapat memperbaiki tingkat kesukaan publik kepada DPR RI," kata Indra.

Untuk itu, berbagai kegiatan kerjasasama Setjen DPR RI dengan KWP antara lain “Anugerah Jurnalistik” dan “Pameran Foto Jurnalistik” akan terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan. Ia juga menyinggung dinamika internal KWP dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

"Saya sangat happy dengan kondisi KWP empat tahun terakhir yang tidak seperti KWP sebelumnya, mengerikan!," tegas Indra Pahlevi.

Situasi dan kondisi KWP yang saat ini sudah sangat kondusif, kata Indra, harus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. Terakhir ia berharap, modal kondusifitas yang dimiliki KWP ini bisa jadi modal untuk menyongsong kehadiran Anggota Parlemen yang baru periode 2024-2029.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala Badan Keahlian Setjen DPR Inosentius Samsul, Kabiro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR Indra Pahlevi, Kabiro Humas Setjen MPR Anies Mayangsari Muninggar, Kabiro Protokol Humas dan Media Setjen DPD Mahyu Darma, Kabag Media Cetak dan Media Sosial Setjen DPR M Ibnurkhalid dan Ketua KWP Ariawan.

 

KEYWORD :

Warta DPR Press Gathering wartawan pers sinergi peran media




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :