Selasa, 17/09/2024 02:21 WIB

Tiongkok Mengatakan Hubungan dengan Jepang dalam Tahap Kritis

Tiongkok Mengatakan Hubungan dengan Jepang dalam Tahap Kritis

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-57 di Vientiane, Laos, 26 Juli 2024. REUTERS

VIENTIANE - Hubungan antara Tiongkok dan Jepang berada pada tahap kritis. Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan kepada mitranya dari Jepang pada hari Jumat saat keduanya membahas berbagai isu pelik termasuk warga negara Jepang yang ditahan di Tiongkok, larangan impor pangan, dan pembatasan semikonduktor.

Wang bertemu dengan Yoko Kamikawa dari Jepang di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri yang diselenggarakan oleh blok Asia Tenggara ASEAN di Laos, menjelang KTT Asia Timur pada hari Sabtu dan Forum Regional ASEAN yang berfokus pada keamanan.

Hubungan antara kedua negara tetangga tersebut telah memanas dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai isu termasuk klaim teritorial, ketegangan perdagangan, dan kemarahan Beijing atas keputusan Tokyo untuk membuang air olahan dari pabrik nuklir Fukushima yang rusak ke laut.

Namun selama beberapa bulan terakhir, para pejabat Tiongkok dan Jepang telah bergerak untuk melanjutkan beberapa pembicaraan konsultatif untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, yang menandakan hubungan mungkin berada pada pijakan yang lebih mantap.

"Hubungan Tiongkok-Jepang saat ini berada pada titik kritis: maju atau tertinggal," kata Wang kepada Kamikawa, menurut hasil pembicaraan yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri Tiongkok.

"Kebijakan Tiongkok terhadap Jepang selalu menjaga stabilitas dan keberlanjutan. Diharapkan pihak Jepang akan membangun persepsi yang objektif dan benar tentang Tiongkok dan mengejar kebijakan yang positif dan rasional terhadap Tiongkok."

Dalam pembicaraan tatap muka pertama mereka dalam delapan bulan, Kamikawa sangat mendesak pencabutan pembatasan impor yang diberlakukan Beijing pada produk makanan Jepang setelah kebocoran air Fukushima.

Dia juga menyerukan pembebasan lebih awal tahanan Jepang di Tiongkok. Penangkapan seorang eksekutif yang memiliki koneksi baik dari perusahaan farmasi Jepang Astellas Pharma (4503.T), membuka tab baru di Tiongkok tahun lalu telah memberikan apa yang digambarkan oleh beberapa pejabat Tokyo sebagai efek yang cukup mengerikan pada bisnis, yang berkontribusi pada penurunan investasi asing dan eksodus ekspatriat Jepang.

"Sangat penting untuk menciptakan lingkungan di mana warga negara Jepang dan perusahaan Jepang dapat beroperasi di Tiongkok dengan tenang," kata Kamikawa kepada Wang, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri Jepang.

Jepang, sekutu dekat AS, bersama dengan negara-negara G7 lainnya berusaha untuk menghentikan hubungan ekonominya dengan Tiongkok di bidang-bidang strategis dan bersekutu dengan Amerika Serikat dalam pembatasan yang sedang berlangsung untuk membatasi akses Beijing ke semikonduktor canggih.

Kamikawa memberi tahu Wang bahwa pembatasan ekspor semikonduktor Jepang tidak ditujukan ke negara tertentu, dan Jepang bersedia menjaga komunikasi yang konstruktif mengenai masalah tersebut dengan Tiongkok, menurut pernyataan Tiongkok.

Kedua menteri mengatakan mereka akan berusaha membangun komunikasi rutin dan telah menyampaikan undangan bersama untuk mengunjungi negara masing-masing guna melanjutkan pembicaraan, menurut kementerian luar negeri Jepang.

KEYWORD :

China Jepang Hubungan Kritis Upaya Perbaikan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :