Selasa, 17/09/2024 00:35 WIB

Syuting Megalopolis, Sutradara Gaek Francis Ford Coppola Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Syuting Megalopolis, Sutradara Gaek Francis Ford Coppola Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual 

Syuting Megalopolis, Sutradara Gaek Francis Ford Coppola Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual (FOTO: WIRE IMAGE)

JAKARTA - Tepat sebelum "Megalopolis" melakukan pemutaran perdana dunianya di Festival Film Cannes pada bulan Mei, sebuah pengungkapan mengejutkan menuduh sutradara film tersebut, Francis Ford Coppola, melakukan perilaku tidak pantas terhadap beberapa wanita di lokasi syuting.

Para saksi mata mengatakan kepada Guardian saat itu bahwa Francis Ford Coppola (85) "datang ke lokasi syuting dan melakukan pelecehan seksual seperti mencoba mencium beberapa pemeran wanita bertelanjang dada dan berpakaian minim" saat syuting adegan pesta dansa di kelab malam.

Beberapa sumber mengatakan kepada media tersebut bahwa Francis Ford Coppola bisa saja bersikap "kuno" dalam memperlakukan pemain dan kru wanita, bahkan diduga menarik beberapa orang untuk duduk di pangkuannya.

Pada hari Jumat (26/7/2024), Variety memperoleh dua video yang tampaknya menguatkan klaim berciuman para saksi.

Adegan yang dimaksud diambil pada bulan Februari 2023 di Tabernacle, sebuah gedung konser di Atlanta.

Menurut lembar panggilan yang ditinjau oleh outlet tersebut, para figuran yang berperan sebagai pengunjung pesta wanita telah "dibebaskan karena ketelanjangan topless," sementara yang lain dalam adegan tersebut telah "dibebaskan karena berpakaian minim."

Seorang orang dalam yang hadir di lokasi syuting kelab malam itu mengatakan kepada Variety bahwa ada sekitar 150 hingga 200 orang di lokasi syuting.

Saat Francis Ford Coppola sedang menyutradarai film, ia diduga terus menerus melompat untuk mencium dan memeluk beberapa wanita, sering kali secara tidak sengaja memasukkan dirinya ke dalam adegan dan dengan demikian merusaknya.

Orang dalam tersebut menggambarkan perilaku tersebut sebagai “tidak umum.”

Setelah beberapa kali pengambilan gambar, Francis Ford Coppola diduga mengambil mikrofon dan mengumumkan kepada semua orang di ruangan itu, "Maaf — jika aku menghampirimu dan menciummu, ketahuilah bahwa itu hanya untuk kesenanganku."

The Guardian mencatat bahwa saat "Megalopolis" sedang dalam tahap produksi, istri pembuat film tersebut, Eleanor Coppola, jatuh sakit.

Ia berada di lokasi syuting selama pembuatan film "hingga penyakitnya menghalanginya untuk berada di sana," kata seorang juru bicara kepada media tersebut. Ia meninggal pada bulan April.

Sebuah sumber yang dekat dengan Francis Ford Coppola menunjukkan bahwa film itu selesai tepat waktu dan sesuai anggaran meskipun Eleanor meninggal.

Perwakilan Francis Ford Coppola menolak berkomentar mengenai video dan klaim tentang perilakunya.

Namun, Francis Ford Coppola tampaknya membantah tuduhan tersebut bulan lalu ketika New York Times menanyakan tentang laporan Guardian yang merinci insiden tersebut.

Ia mengatakan kepada media tersebut, "Saya tidak suka menyentuh" karena "saya terlalu malu."

Sementara itu, produser eksekutif Darren Demetre mencoba membela pembuat film tersebut dalam sebuah pernyataan yang benar-benar mengakui adanya sentuhan fisik.

"Ada dua hari saat kami syuting adegan perayaan ala Studio 54 di klub, di mana Francis Ford Coppola berjalan mengelilingi lokasi syuting untuk membangun semangat adegan dengan memberikan pelukan dan ciuman hangat di pipi kepada para pemain dan pemain latar," ungkapnya.

“Itu adalah caranya untuk membantu menginspirasi dan membangun suasana klub, yang sangat penting bagi film tersebut.”

Demetre menambahkan bahwa dia “tidak pernah menyadari adanya keluhan tentang pelecehan atau perilaku buruk selama berlangsungnya proyek.”

Laporan The Guardian mengutip perilaku tidak profesional lainnya yang dilakukan Francis Ford Coppola di lokasi syuting, yang membiayai sendiri seluruh proyek senilai $120 juta itu.

Seorang sumber mengatakan kepada Variety, para kru saling memandang dengan tidak nyaman ketika Francis Ford Coppola mencium dan memeluk para pemeran tambahan, tetapi tidak ada seorang pun yang secara terbuka keberatan atau mencoba campur tangan.

"Karena Francis Ford Coppola yang mendanainya, tidak ada departemen SDM yang mengawasi semuanya," kata sumber kedua.

"Dengan siapa mereka seharusnya berbicara? Mengeluh kepada Francis Ford Coppola dan melaporkan Francis Ford Coppola kepada dirinya sendiri?"

Tak satu pun dari kedua koordinator keintiman yang bekerja di film tersebut berada di lokasi syuting pada hari adegan di klub malam itu, dengan salah satu dari mereka mengatakan kepada media tersebut, "Saya tidak dapat benar-benar menjelaskan alasan mengapa mereka memilih untuk melibatkan kami pada saat mereka melakukannya dan tidak pada saat mereka tidak melakukannya."

Pada hari-hari setelah adegan tersebut, sebuah sumber produksi mengatakan bahwa anggota kru senior menjadi khawatir bahwa video ciuman itu beredar, jadi mereka mengingatkan semua orang bahwa perjanjian kerahasiaan mereka menyatakan mereka tidak boleh membagikan rekaman pekerjaan di balik layar apa pun.

Megalopolis” tayang di bioskop pada bulan September 2024. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Kabar Artis Francis Ford Coppola pelecehan Megalopolis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :