Minggu, 15/09/2024 22:46 WIB

AS Pimpin Upaya Diplomatik untuk Cegah Israel Serang Lebanon

AS Pimpin Upaya Diplomatik untuk Cegah Israel Serang Lebanon

Para pelayat membawa peti mati, selama pemakaman anak-anak yang tewas di lapangan sepak bola di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, 28 Juli 2024. REUTERS

BEIRUT - Amerika Serikat memimpin upaya diplomatik untuk mencegah Israel menyerang ibu kota Lebanon, Beirut, atau infrastruktur sipil utama sebagai tanggapan atas serangan roket mematikan di Dataran Tinggi Golan, kata lima orang yang mengetahui upaya tersebut.

Washington berlomba-lomba untuk mencegah perang besar-besaran antara Israel dan gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon setelah serangan di Golan yang diduduki Israel menewaskan 12 pemuda pada akhir pekan, menurut lima orang yang termasuk pejabat Lebanon dan Iran ditambah diplomat Timur Tengah dan Eropa.

Israel dan AS menyalahkan Hizbullah atas serangan roket tersebut, meskipun kelompok itu telah membantah bertanggung jawab.

Fokus diplomasi berkecepatan tinggi tersebut adalah untuk membatasi respons Israel dengan mendesaknya agar tidak menargetkan Beirut yang berpenduduk padat. Pinggiran selatan kota ini menjadi jantung Hizbullah. AS juga minta Israel tidak menargetkan infrastruktur utama seperti bandara dan jembatan, kata sumber yang meminta anonimitas untuk membahas rincian rahasia yang belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Wakil juru bicara parlemen Lebanon Elias Bou Saab, yang mengatakan bahwa ia telah menghubungi mediator AS Amos Hochstein sejak serangan Golan hari Sabtu, mengatakan kepada Reuters bahwa Israel dapat menghindari ancaman eskalasi besar dengan menyelamatkan ibu kota dan sekitarnya.

"Jika mereka menghindari warga sipil dan mereka menghindari Beirut dan daerah pinggirannya, maka serangan mereka dapat diperhitungkan dengan baik," katanya.

Pejabat Israel telah mengatakan bahwa negara mereka ingin melukai Hizbullah tetapi tidak menyeret wilayah tersebut ke dalam perang habis-habisan. Kedua diplomat Timur Tengah dan Eropa tersebut mengatakan bahwa Israel tidak membuat komitmen apa pun untuk menghindari serangan terhadap Beirut, daerah pinggirannya, atau infrastruktur sipil.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan tidak akan mengomentari secara spesifik percakapan diplomatik tersebut, meskipun mereka sedang mencari "solusi yang langgeng" untuk mengakhiri semua tembakan lintas batas. "Dukungan kami terhadap keamanan Israel sangat kuat dan tidak tergoyahkan terhadap semua ancaman yang didukung Iran, termasuk Hizbullah," kata seorang juru bicara kepada Reuters.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa Israel memiliki hak penuh untuk menanggapi serangan Golan, tetapi tidak ada yang menginginkan perang yang lebih luas.

"Mengenai percakapan selama akhir pekan, Anda yakin kami telah melakukannya dan kami melakukannya di berbagai tingkatan," tambahnya. "Tetapi saya tidak akan merinci inti dari percakapan tersebut." Kantor Perdana Menteri Israel tidak menanggapi permintaan komentar, sementara Hizbullah menolak berkomentar.

Kelima orang yang mengetahui desakan diplomatik selama dua hari terakhir telah terlibat dalam percakapan tersebut atau diberi pengarahan tentangnya.

Mereka mengatakan upaya tersebut bertujuan untuk mencapai pendekatan terukur yang serupa dengan yang terjadi dalam pertukaran serangan rudal dan pesawat tak berawak antara Israel dan Iran pada bulan April, yang dipicu oleh serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Seorang pejabat Iran mengatakan Amerika Serikat juga telah menyampaikan pesan kepada Teheran setidaknya tiga kali sejak serangan hari Sabtu di Dataran Tinggi Golan, "memperingatkan bahwa meningkatkan situasi akan merugikan semua pihak."

Hizbullah adalah kelompok proksi regional "Poros Perlawanan" Iran yang paling kuat dan bersekutu dengan kelompok Palestina Hamas. Kelompok ini telah saling serang dengan militer Israel di perbatasan selatan Lebanon sejak perang Gaza meletus Oktober lalu.

Selama perang tahun 2006, terakhir kali Israel dan Hizbullah bertempur dalam konflik besar, pasukan Israel mengebom pinggiran selatan Beirut, yang dikenal sebagai Dahiya, menghantam gedung-gedung yang berafiliasi dengan Hizbullah serta menara-menara hunian.

Bandara Beirut dibom dan tidak dapat digunakan lagi, dan di seluruh Lebanon jembatan, jalan, pompa bensin, dan infrastruktur lainnya hancur.

Seorang diplomat Prancis mengatakan kepada Reuters bahwa sejak serangan Golan, Paris juga terlibat dalam penyampaian pesan antara Israel dan Hizbullah untuk meredakan situasi.

Prancis memiliki hubungan historis dengan Lebanon, yang berada di bawah mandat Prancis sejak tahun 1920 hingga memperoleh kemerdekaan pada tahun 1943. Paris telah mempertahankan hubungan dekat sejak saat itu dan memiliki sekitar 20.000 warga negara di negara itu, banyak di antaranya berkewarganegaraan ganda. Kementerian luar negeri Prancis tidak menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

Komando Front Dalam Negeri Israel, sebuah unit militer yang bertanggung jawab untuk melindungi warga sipil, sejauh ini belum mengubah instruksinya kepada warga, sebuah indikasi bahwa militer tidak memperkirakan adanya bahaya yang akan datang dari Hizbullah atau kelompok lainnya.

Pada hari Minggu, Israel Kabinet keamanan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang terdiri dari 10 menteri dan telah mendiktekan kebijakan tentang perang Gaza dan Hizbullah, memberi wewenang kepada perdana menteri dan menteri pertahanan untuk "memutuskan cara dan waktu tanggapan" terhadap Hizbullah.

Keputusan ini, ditambah dengan abstainnya mitra koalisi sayap kanan Netanyahu - Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir - menunjukkan bahwa Israel telah memilih tanggapan yang tidak terlalu agresif seperti yang telah dianjurkan oleh beberapa politisi.

Setelah serangan Golan, Smotrich telah mengeluarkan pernyataan keras yang menuntut tindakan tegas. Ia memposting di X: "Atas kematian anak-anak, (pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan) Nasrallah harus membayar dengan kepalanya. Seluruh Lebanon harus membayar."

KEYWORD :

Israel Lebanon Rencana Konfrontasi Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :