Selasa, 17/09/2024 02:20 WIB

Sudirman Said Ungkap Materi Tes Tertulis Capim KPK

Salah satunya mengenai pengetahuan para Capim mengenai pemberantasan korupsi.

Eks Menteri ESDM, Sudirman Said usai mengikuti tes Capim KPK.

Jakarta, Jurnas.com - Mantan Menteri ESDM,  Sudirman Said mengungkapkan materi yang diujikan saat mengikuti tes tertulis Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 31 Juli 2024.

Salah satu materinya berupa pengetahuan para Capim mengenai pemberantasan korupsi. Sudirman juga ditanyai soal isu menyangkut korupsi seperti perampasan aset. 

"Materinya lebih kepada pengetahuan umum korupsi dan KPK, masalah-masalah yang dihadapi sekarang dan pandangan dari calon terhadap apa yang menjadi isu krusial misalnya kewenangan, perampasan aset," kata Sudirman usai mengikuti tes tertulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Selatan.

Dia menyebut dalam tes itu ada 4 pertanyaan wajib dan dua pertanyaan pilihan. Dari semua pertanyaan itu, tidak ada yang menyangkut masalah internal KPK

"Tidak ada pertanyaan yang menyangkut masalah-masalah internal KPK. Tapi saya juga menekankan salah satu yang diperlukan adalah harus ada konsolidasi. Itu prioritas bagi siapapun nanti yang dipilih," imbuhnya. 

Sudirman optimistis dapat lolos dari tes tertulis ini. Tapi ia mempercayakan keputusan terakhirnya kepada Pansel KPK

"Ya kalau ujian harus yakin lah. Tapi kan nanti kita hormati ya keputusan pansel, apapun," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Sudirman menyebut tes tertulis dilakukan secara profesional berkat penggunaan teknologi yang memadai. 

"Saya apresiasi kepada teman-teman panitia karena menyiapkan tes dengan sangat profesional, semuanya dilakukan dengan teknologi menggunakan komputer. Tepat waktu dan penjelasan sangat informatif kepada para peserta," katanya.

KEYWORD :

KPK Calon Pimpinan Dewas Sudirman Said Materi Tes Capim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :