Kamis, 19/09/2024 08:01 WIB

Korea Utara Ingin Memulai Kembali Perundingan Nuklir Jika Trump Menang

Korea Utara Ingin Memulai Kembali Perundingan Nuklir Jika Trump Menang

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat peluncuran kapal selam serang nuklir taktis baru di Korea Utara, dalam gambar yang dirilis KCNA pada 8 September 2023 via REUTERS

SEOUL - Korea Utara ingin membuka kembali perundingan nuklir dengan Amerika Serikat jika Donald Trump terpilih kembali sebagai presiden. Mereka disebut sedang berupaya menyusun strategi negosiasi baru, oleh seorang diplomat senior Korea Utara yang baru-baru ini membelot ke Korea Selatan mengatakan kepada Reuters.

Pelarian Ri Il Gyu dari Kuba menjadi berita utama di seluruh dunia bulan lalu. Ia adalah diplomat Korea Utara berpangkat tertinggi yang membelot ke Selatan sejak 2016.

Dalam wawancara pertamanya dengan media internasional, Ri mengatakan Korea Utara telah menetapkan Rusia, AS, dan Jepang sebagai prioritas utama kebijakan luar negerinya untuk tahun ini dan seterusnya.

Sambil memperkuat hubungan dengan Rusia, Pyongyang ingin membuka kembali perundingan nuklir jika Trump - yang terlibat dalam taktik nekat dan diplomasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Korea Utara selama masa jabatan sebelumnya - memenangkan pemilihan ulang pada bulan November, kata Ri.

Para diplomat Pyongyang sedang memetakan strategi untuk skenario itu, dengan tujuan mencabut sanksi atas program persenjataannya, mencabut penunjukannya sebagai negara sponsor terorisme, dan memperoleh bantuan ekonomi, kata Ri.

Komentarnya menandakan potensi perubahan haluan dari sikap Korea Utara saat ini setelah pernyataan baru-baru ini mengabaikan kemungkinan dialog dengan AS dan memperingatkan konfrontasi bersenjata.

KTT antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Trump di Vietnam pada tahun 2019 gagal karena sanksi, yang sebagian Ri menyalahkan keputusan Kim untuk mempercayakan diplomasi nuklir kepada komandan militer yang "tidak berpengalaman dan tidak tahu apa-apa".

"Kim Jong Un tidak tahu banyak tentang hubungan internasional dan diplomasi, atau bagaimana membuat penilaian strategis," katanya.

"Kali ini, Kementerian Luar Negeri pasti akan mendapatkan kekuasaan dan mengambil alih, dan tidak akan mudah bagi Trump untuk mengikat tangan dan kaki Korea Utara lagi selama empat tahun tanpa memberikan apa pun."

Menurut Ri, Kim akan berusaha mengadakan pertemuan puncak dengan Jepang, dengan tujuan mendapatkan bantuan ekonomi sebagai imbalan atas konsesi terkait masalah penculikan.

Tokyo yakin 17 warganya diculik, lima di antaranya kembali ke Jepang pada tahun 2002. Pyongyang menganggap masalah tersebut telah selesai, setelah mengakui telah menculik 13 warga negara Jepang dan mengatakan bahwa mereka yang tidak diketahui keberadaannya telah meninggal atau tidak diketahui.

Ri mengatakan Kim bersedia mengubah posisi tersebut, yang ditetapkan pada masa pemerintahan ayahnya Kim Jong Il, untuk mendapatkan dukungan ekonomi.

"Mereka mengatakan bahwa masalah tersebut telah diselesaikan, tetapi itu hanya untuk meningkatkan kekuatan negosiasi hingga ia membuat konsesi di pertemuan puncak," katanya.

DENDAM DAN PEMBELOTAN
Setelah belajar di sekolah Prancis di Aljazair dan tinggal di Kuba bersama mendiang ayahnya, yang merupakan reporter media pemerintah, Ri mengatakan bahwa ia telah membayangkan kehidupan di Korea Selatan sejak kecil. Tetapi dia tidak pernah bertindak untuk melarikan diri sampai ia diganggu oleh seorang rekan diplomatik karena menolak permintaannya untuk suap.

Kemudian momen yang menentukan datang ketika Pyongyang langsung menolak permintaannya untuk mendapatkan perawatan medis di Meksiko, dengan biaya sendiri, untuk cedera tulang belakang di lehernya.

"Itu meledakkan semua kebencian yang selama ini saya pendam terhadap rezim tersebut," katanya.

Penguncian wilayah akibat COVID-19 memperparah kesulitan di dalam negeri dan bagi mereka yang bertugas di luar negeri, dengan sebagian besar telepon satu jalur ke Pyongyang terputus untuk mencegah informasi apa pun menyebar ke dunia luar, kata Ri.

Masalah keuangan juga memaksa Korea Utara menutup belasan dari 54 misi diplomatiknya.

"Ketika mereka mulai membuka kembali dan memanggil mereka yang bekerja di luar negeri pada awal 2023, mereka meminta untuk membawa pulang segala sesuatu mulai dari sikat gigi bekas hingga sendok, dengan mengatakan tidak ada apa pun di sana," katanya.

Ri juga menyaksikan - dan dalam pekerjaannya mencoba menghalangi - peluncuran hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Kuba, sekutu Korea Utara di era Perang Dingin.

"Saya telah melakukan segalanya untuk menghalangi hal itu terjadi, tetapi membangun hubungan dengan Kuba adalah hal terbaik yang telah dilakukan Korea Selatan sejak tahun lalu," katanya. "Itu adalah contoh model tentang bagaimana gelombang sejarah telah berubah, dan ke mana peradaban normal masyarakat internasional sedang menuju."

KEYWORD :

Korea Utara Negosiasi Nuklir Jika Trump Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :