Rabu, 18/09/2024 08:29 WIB

Ketegangan Meningkat di Venezuela Usai Pemilu, Dikhawatirkan Lebih Banyak Penangkapan

Ketegangan Meningkat di Venezuela Usai Pemilu, Dikhawatirkan Lebih Banyak Penangkapan

Petugas polisi berdiri di dekat papan reklame dengan gambar Presiden Venezuela Nicolas Maduro, di Caracas, Venezuela, 31 Juli 2024. REUTERS

CARACAS - Toko-toko dan transportasi umum di seluruh Venezuela tutup pada hari Rabu karena ketegangan atas pemilihan presiden yang disengketakan dengan sengit dan rumor tentang penangkapan oposisi yang lebih banyak dan kekerasan sporadis membuat banyak orang tetap tinggal di rumah.

Presiden Sosialis Nicolas Maduro, yang telah memerintah sejak 2013, dinyatakan sebagai pemenang pemungutan suara hari Minggu oleh dewan pemilihan. Namun, oposisi mengatakan penghitungan suaranya yang mencapai sekitar 90% menunjukkan bahwa kandidatnya, Edmundo Gonzalez, menerima lebih dari dua kali lipat dukungan yang diperoleh Maduro.

Ketika perselisihan memasuki hari ketiga di tengah meningkatnya seruan untuk lebih banyak transparansi, pemerintah bersikeras bahwa mereka tidak menghasilkan total suara yang komprehensif di tingkat tempat pemungutan suara karena peretasan sistem yang berasal dari Makedonia Utara untuk penundaan yang lama, tanpa memberikan bukti apa pun untuk mendukungnya.

Carter Center yang berbasis di AS, salah satu dari sedikit pemantau independen yang diizinkan untuk mengamati pemilihan, mengumumkan dalam sebuah pernyataan Selasa malam bahwa pemilihan "tidak dapat dianggap demokratis."

Dikatakan bahwa proses tersebut condong ke arah Maduro dan cacat secara menyeluruh, menggambarkan kegagalan otoritas pemilu untuk menerbitkan hasil yang dipisahkan sebagai "pelanggaran serius."

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pemerintah pada hari Rabu, Maduro mengatakan bahwa ia menolak semua ancaman, termasuk kemungkinan sanksi baru AS. Maduro berjanji bahwa partai sosialisnya siap untuk merilis semua penghitungan suaranya, dan mengatakan bahwa ia telah meminta pengadilan tinggi untuk memaksa partai-partai oposisi untuk melakukan hal yang sama.

Senin pagi, otoritas pemilu Venezuela - yang dituduh oposisi berada di bawah kendali Maduro - mengumumkan bahwa ia memenangkan masa jabatan lagi, dengan perolehan 51% suara, dengan margin tujuh poin atas Gonzalez.

Namun tak lama kemudian, aliansi oposisi utama Venezuela meluncurkan situs web dengan penghitungan suara tingkat kotak suara terperinci yang mencakup penghitungan dari sebagian besar dari 30.000 mesin pemungutan suara di negara itu, termasuk pemindaian hasil cetak penghitungan suara dari mesin-mesin tersebut.

Hingga Rabu sore, situs web tersebut menunjukkan calon oposisi Gonzalez memperoleh 67% suara berbanding 30% untuk Maduro, yang mewakili hampir 82% data tempat pemungutan suara. Reuters tidak dapat memverifikasi keaslian setiap penghitungan suara. Namun, jajak pendapat independen menunjukkan margin kemenangan yang sama untuk Gonzalez.

Sementara itu, tekanan internasional terhadap pemerintah meningkat untuk merilis hasil lengkap, termasuk dari negara-negara besar di kawasan itu, Amerika Serikat dan Brasil. Dalam sebuah sesi Organisasi Negara-negara Amerika yang berpusat di Washington, Brian Nichols, diplomat senior AS untuk Amerika Latin, mengatakan alasan otoritas pemilu Venezuela gagal merilis penghitungan suara lengkap adalah "jelas."

Entah para pejabat tidak ingin mengonfirmasi kemenangan Gonzalez yang tidak seimbang, atau mereka butuh lebih banyak waktu untuk memalsukan hasil, katanya.

"Semua orang dapat melihat dengan jelas bahwa Edmundo Gonzalez mengalahkan Nicolas Maduro dengan selisih jutaan suara," kata Nichols, memohon Maduro dan pemerintah asing lainnya untuk mengakui kekalahannya.

Perselisihan ini telah menyebabkan protes yang mematikan dan meluas yang dikecam Maduro dan sekutunya di militer sebagai upaya kudeta. Human Rights Watch mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menerima laporan tentang 20 kematian dalam demonstrasi pasca-pemilu.

Beberapa sekutu Maduro, seperti kepala Kongres Jorge Rodriguez, telah mengatakan bahwa Gonzalez dan pemimpin oposisi terkemuka Maria Corina Machado harus ditangkap karena peran mereka dalam protes anti-pemerintah, termasuk di basis partai yang berkuasa lama.

Penangkapan Gonzalez atau Machado akan menandai eskalasi besar, menyusul penahanan dua pemimpin oposisi lainnya minggu ini, termasuk kepala partai Voluntad Popular Freddy Superlano. Penangkapannya terekam dalam video yang menunjukkan dia didorong ke bagian belakang mobil tanpa tanda yang dikelilingi oleh agen keamanan bersenjata.

Saksi Reuters di beberapa kota telah melihat bentrokan antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa oposisi, serta serangan terhadap pengunjuk rasa oleh pengendara sepeda motor yang bersekutu dengan partai yang berkuasa. "Saya memperingatkan dunia tentang eskalasi yang kejam dan represif oleh rezim tersebut," tulis Machado di X pada hari Rabu.

Mantan anggota parlemen yang populer itu dilarang oleh pengadilan yang bersekutu dengan pemerintah untuk mencalonkan diri sebagai presiden, tetapi masih berhasil menggalang dukungan di belakang Gonzalez, seorang diplomat pensiunan, pada rapat umum massa menjelang pemungutan suara.

Dua sumber oposisi, yang meminta untuk tetap anonim, mengatakan kepada Reuters bahwa oposisi berfokus untuk menekan pemerintah agar merilis semua penghitungan suara.

Meskipun gelombang protes antipemerintah sebelumnya selama dekade terakhir menyebabkan kecaman internasional dan ratusan kematian, semuanya gagal menggulingkan Maduro.

Banyak penduduk yang cemas kembali ke rumah mereka karena banyak toko di jalan-jalan yang sepi ditutup. Namun, titik-titik kekerasan baru muncul.

Pada Selasa malam, Luis Eduardo Roberto, 19 tahun, meninggal di kota Upata, ibu kota negara bagian Bolivar, setelah protes oposisi.

Penyebab kematiannya adalah peluru di kepala, menurut surat keterangan kematian. Para saksi termasuk ayah remaja itu, Ricardo Roberto, mengatakan bahwa warga yang main hakim sendiri dengan sepeda motor menembaki dia.

"Saya marah," katanya. "Mereka membunuh anak saya."

Gubernur Bolívar Angel Marcano, sekutu Maduro, mengonfirmasi kematian tersebut, tetapi menyalahkan para pengunjuk rasa yang melempar batu atas kematian tersebut.

Di ibu kota Caracas, beberapa toko tetap buka, meskipun antreannya panjang, dan ada peningkatan kehadiran militer di sekitar istana presiden.

Sopir bus di Maracay, sekitar 75 mil (120 km) di sebelah barat Caracas, tidak bekerja karena takut akan kekerasan lebih lanjut.

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Oposisi Maduro Klaim Menang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :