Rabu, 18/09/2024 08:29 WIB

Dituduh Lakukan Percobaan Kudeta, Kantor Oposisi Venezuela Diserbu

Dituduh Lakukan Percobaan Kudeta, Kantor Oposisi Venezuela Diserbu

Warga Venezuela ikut serta dalam protes terhadap hasil pemilu di depan Istana Itamaraty di Brasilia, Brasil, 1 Agustus 2024. REUTERS

CARACAS - Sebuah gerakan oposisi besar Venezuela pada hari Jumat mengatakan kantor pusatnya telah dirusak di tengah ketegangan yang sedang berlangsung atas pemilihan presiden yang disengketakan. Alasannya, menteri luar negeri negara itu mengatakan AS berada di garis depan dari apa yang disebut pemerintah sebagai percobaan kudeta.

Vente Venezuela, gerakan yang dipimpin oleh pemimpin oposisi Maria Corina Machado, mengatakan enam pria tak dikenal yang mengenakan tudung kepala dan membawa senjata api mengalahkan para penjaga keamanannya semalam, memasuki kantor pusatnya di Caracas, mengambil peralatan, dan merusak kantor tersebut.

"Kami mengecam serangan dan ketidakamanan yang kami alami karena alasan politik," kata gerakan tersebut di media sosial.

Negara-negara di sekitar kawasan tersebut termasuk Brasil, Meksiko, dan Kolombia telah meminta pemerintah Venezuela untuk merilis penghitungan suara terperinci setelah dewan pemilihan menyatakan Presiden Nicolas Maduro, yang berkuasa sejak 2013, sebagai pemenang masa jabatan ketiga.

Oposisi mengatakan penghitungannya sekitar 90% suara menunjukkan lawan Maduro dan kandidat oposisi Edmundo Gonzalez menerima lebih dari dua kali lipat dukungan dari presiden petahana, sejalan dengan jajak pendapat independen yang dilakukan sebelum kontes.

Vente Venezuela pada hari Jumat merilis dua video yang memperlihatkan dinding-dinding yang dicoret-coret dengan grafiti hitam di kantor pusatnya, sebuah rumah dua lantai di sebelah timur kota.

Machado, yang dilarang menantang Maduro sendiri, saat ini bersembunyi, katanya dalam sebuah opini yang diterbitkan pada hari Kamis oleh Wall Street Journal, tetapi dia diperkirakan akan muncul di pawai oposisi yang diadakan pada hari Sabtu.

Setidaknya 20 orang telah tewas dalam protes pasca-pemilu yang mencengkeram Venezuela sejak pemilihan, menurut LSM Human Rights Watch yang berbasis di AS.

Menteri Luar Negeri Venezuela Yvan Gil mengatakan pada hari Jumat bahwa Washington berada "di garis depan upaya kudeta" setelah Departemen Luar Negeri AS sehari sebelumnya mengakui Gonzalez sebagai pemenang pemilihan.

Gonzalez pada hari Jumat mengucapkan terima kasih kepada AS dalam sebuah posting di media sosial "karena mengakui keinginan rakyat Venezuela yang tercermin dalam kemenangan pemilihan kami."

Pada hari Kamis, Brasil, Kolombia, dan Meksiko, yang para pemimpinnya secara tradisional lebih bersahabat dengan Maduro, meminta pemerintah Maduro untuk "bergerak maju dengan cepat" dan menerbitkan penghitungan suara terperinci.

"Kami kecewa dengan keterlambatan CNE dalam menerbitkan data," kata penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, Celso Amorim, kepada RedeTV! Brasil dalam sebuah wawancara yang ditayangkan pada Kamis malam.

Amorim, yang bertemu dengan Maduro pada Senin setelah diutus oleh Lula untuk mengamati pemilu, mengatakan bahwa pemerintah harus membuktikan bahwa angka-angka yang dirilis oleh CNE itu nyata.

"Pertanyaannya adalah apakah penghitungan suara benar-benar sesuai dengan kotak suara, jadi mereka harus menunjukkan hasil penghitungannya," kata Amorim. "Saya meminta Presiden Maduro untuk itu di hadapan presiden Majelis Nasional, dan dia mengatakan itu masalah dua atau tiga hari."

KEYWORD :

Pemilu Venezuela Oposisi Maduro Klaim Menang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :