Selasa, 17/09/2024 02:53 WIB

Minggu Depan, Air di IKN Bisa di Minum Langsung

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono pastikan infrastruktur air di IKN Nusantara sudah tersedia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara Peluncuran Pamsimas 2023. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono pastikan infrastruktur air di IKN Nusantara sudah tersedia, dimana fasilitas air bakal ditopang oleh 15 embung.

Sedangkan untuk fasilitas air minum mulai dari Instalasi Pengolahan Air (IPA), pipa transmisi, reservoir, pipa distribusi hingga pipa persil/gedung/kantor pemerintahan akan secara bertahap beroperasi pada 10 Agustus 2024.

Debit pengaliran tahap awal 150 liter/detik dengan kualitas air minum sesuai dengan standar Internasional.

Basuki memastikan kualitas air minum di IKN seperti air minum dalam kemasan. Dengan begitu, masyarakat bisa minum langsung dari keran.

"Sejak 20 Juli kemarin kita sudah running test untuk air minum dan saat ini sudah sampai ke lingkungan Istana Negara dan Istana Garuda. Kualitas airnya sudah sesuai standar, bahkan insya Allah lebih baik dari air minum kemasan. Nanti saya akan minta Sucofindo untuk uji kualitas juga," kata Basuki, Sabtu (3/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pak Bas juga memastikan kesiapan infrastruktur IKN menjelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI. P

Untuk konektivitas, Menteri Basuki mengatakan akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari Balikpapan dapat melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 11 exit gate Karangjoang, kemudian melewati Jalan Nasional Akses TPK Kariangau dan Tol IKN fungsional (Seksi 3A-3B – 5A-Jembatan Pulau Balang Panjang).

"Total jarak rute tersebut sepanjang 88 km dengan waktu tempuh sekitar 90 menit. Ada juga alternatif lainnya melalui Tol Balikpapan-Samarinda exit gate Samboja KM 38 –Jalan Nasional Samboja Sepaku dengan waktu tempuh 150 menit," kata dia.

KEYWORD :

IKN Fasilitas Air Basuki Hadimuljono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :