Senin, 09/09/2024 21:18 WIB

Anak-anak Agen Mata-mata Rusia Baru Tahu bahwa Mereka adalah Warga Rusia

Anak-anak Agen Mata-mata Rusia Baru Tahu bahwa Mereka adalah Warga Rusia

Presiden Putin menyapa warga Rusia yang kembali ke Moskow setelah pertukaran tahanan. Pool via REUTERS

MOSKOW - Satu keluarga agen mata-mata Rusia yang diterbangkan ke Moskow dalam pertukaran tahanan Timur-Barat terbesar sejak Perang Dingin. Mereka sukses menyamar sehingga anak-anak baru mengetahui bahwa mereka adalah warga Rusia setelah penerbangan lepas landas, kata Kremlin pada hari Jumat.

"Sebelumnya, mereka tidak tahu bahwa mereka adalah warga Rusia dan bahwa mereka ada hubungannya dengan negara kita," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Dan Anda mungkin melihat bahwa ketika anak-anak itu turun dari tangga pesawat, mereka tidak berbicara bahasa Rusia dan Putin menyapa mereka dalam bahasa Spanyol. Dia berkata `buenas noches`."

Memberikan detail baru tentang pertukaran dan mereka yang dibebaskan, Peskov mengonfirmasi bahwa Vadim Krasikov, pembunuh bayaran yang dibebaskan oleh Jerman, adalah seorang karyawan dinas keamanan FSB Rusia dan pernah bertugas di Alpha Group, unit pasukan khusus FSB.

Krasikov dihukum oleh pengadilan Jerman karena membunuh seorang mantan militan Chechnya di sebuah taman Berlin pada tahun 2019. Presiden Vladimir Putin memeluknya setelah ia turun dari pesawat di Moskow pada Kamis malam.

Krasikov, mengenakan topi bisbol dan atasan baju olahraga, adalah orang pertama yang kembali yang turun dari pesawat dan bertemu Putin, menandakan pentingnya dirinya bagi Moskow, yang bangga membawa pulang agen intelijen yang ditangkap di luar negeri.

Di antara mereka yang dibebaskan adalah apa yang disebut agen mata-mata "ilegal" - Dultsevs, sepasang suami istri yang dihukum oleh pengadilan di Slovenia karena berpura-pura menjadi orang Argentina untuk memata-matai, yang diterbangkan kembali ke Rusia bersama kedua anak mereka.

Peskov mengatakan bahwa saat pasangan itu ditahan di penjara, mereka hanya diberi akses terbatas kepada anak-anak mereka, dan khawatir mereka akan kehilangan hak sebagai orang tua.

"Kemarin, anak-anak itu bertanya kepada orang tua mereka siapa yang menemui mereka (di Moskow). Mereka bahkan tidak tahu siapa Putin. Begitulah cara `para imigran gelap` bekerja. Mereka melakukan pengorbanan seperti itu sebagai bentuk dedikasi terhadap pekerjaan mereka," kata Peskov.

Peskov mengatakan bahwa badan-badan pemerintah Rusia tengah berupaya membebaskan warga Rusia lainnya di luar negeri. Pertukaran itu telah dinegosiasikan oleh FSB dan Badan Intelijen Pusat AS, katanya.

Keputusan Putin untuk menemui mereka di landasan pacu adalah "penghormatan bagi orang-orang yang mengabdi kepada negara mereka dan yang setelah melalui cobaan yang sangat sulit, dan berkat kerja keras banyak orang, telah dapat kembali ke Tanah Air," katanya.

Perdagangan itu melibatkan 24 tahanan, termasuk 16 orang yang pindah dari Rusia ke Barat dan delapan tahanan yang ditahan di Barat yang dikirim kembali ke Rusia. Mereka yang dibebaskan oleh Moskow termasuk jurnalis AS Evan Gershkovich dan pembangkang Rusia Vladimir Kara-Murza, yang juga memegang kewarganegaraan Inggris.

Meskipun Moskow membebaskan lebih banyak tahanan daripada yang diterimanya, hal itu digambarkan oleh otoritas Rusia sebagai sebuah kemenangan, dan tampaknya berjalan baik di jalan-jalan Moskow.

"Saya sama sekali tidak berpolitik, tetapi dari sudut pandang mana pun: setiap pertukaran adalah hal yang luar biasa, bahwa kawan-kawan Rusia kita kembali ke tanah air," kata Zulfia, yang diwawancarai di pusat kota.

Andrei Lugovoi, mantan mata-mata yang dicari oleh Inggris karena membunuh pembangkang Alexander Litvinenko dengan racun atom dan sekarang menjabat sebagai kepala faksi partai ultranasionalis di Duma Rusia.

Dia mengatakan di Telegram: "Orang-orang kita berada di rumah bersama keluarga mereka. Dan bagi masing-masing dari mereka, tidak ada rasa kasihan untuk menyerahkan sekelompok sampah agen asing."

Ketika ditanya apakah pertukaran tahanan tersebut merupakan tanda bahwa Rusia mungkin siap untuk mencapai kesepakatan kompromi mengenai Ukraina, Peskov mengatakan bahwa situasinya berbeda. Upaya untuk mencapai solusi diplomatik yang memungkinkan bagi apa yang Rusia sebut sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina dilakukan berdasarkan "prinsip yang berbeda".

KEYWORD :

Rusia Amerika Pertukaran Tahanan Bebas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :