Selasa, 17/09/2024 02:12 WIB

AS akan Kirim Lebih Banyak Kapal Perang dan Jet Tempur ke Timur Tengah

AS akan Kirim Lebih Banyak Kapal Perang dan Jet Tempur ke Timur Tengah

Jet tempur Super Hornet terlempar dari dek penerbangan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower di Laut Merah Selatan, Timur Tengah, 13 Februari 2024. REUTERS

WASHINGTON - Militer AS akan mengerahkan jet tempur dan kapal perang Angkatan Laut tambahan ke Timur Tengah, kata Pentagon pada hari Jumat, karena Washington berupaya untuk memperkuat pertahanan menyusul ancaman dari Iran dan sekutunya Hamas dan Hizbullah.

AS bersiap menghadapi Iran yang akan menepati janjinya untuk menanggapi pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dua hari lalu di Teheran - satu dari serangkaian pembunuhan tokoh senior dalam kelompok militan Palestina saat perang antara Israel dan Hamas di Gaza berkecamuk.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah menyetujui pengiriman kapal penjelajah dan kapal perusak Angkatan Laut tambahan - yang dapat menembak jatuh rudal balistik - ke Timur Tengah dan Eropa.

AS juga mengirim satu skuadron jet tempur tambahan ke Timur Tengah. "Austin telah memerintahkan penyesuaian postur militer AS yang dirancang untuk meningkatkan perlindungan pasukan AS, untuk meningkatkan dukungan bagi pertahanan Israel, dan untuk memastikan Amerika Serikat siap menanggapi berbagai kemungkinan," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Ada spekulasi bahwa Pentagon mungkin tidak akan mengganti kelompok penyerang kapal induk USS Theodore Roosevelt di Timur Tengah setelah menyelesaikan penempatannya yang sedang berlangsung. Namun Austin memutuskan untuk merotasi kelompok penyerang kapal induk USS Abraham Lincoln untuk menggantikannya.

Pernyataan Pentagon menambahkan bahwa mereka akan meningkatkan kesiapan untuk menyebarkan lebih banyak pertahanan rudal balistik berbasis darat.

Militer AS juga mengintensifkan penempatan sebelum 13 April, ketika Iran melancarkan serangan ke wilayah Israel dengan pesawat nirawak dan rudal. Namun, ancaman dari Hizbullah di Lebanon dapat menghadirkan tantangan unik bagi segala upaya Amerika Serikat untuk mencegat pesawat nirawak dan rudal mengingat persenjataan kelompok tersebut yang luas dan kedekatannya dengan Israel.

Pada saat itu, Israel berhasil menjatuhkan hampir semua dari sekitar 300 pesawat nirawak dan rudal dengan bantuan Amerika Serikat dan sekutu lainnya.

Biden, dalam panggilan telepon pada hari Kamis dengan Netanyahu, membahas pengerahan militer defensif AS yang baru untuk mendukung Israel terhadap ancaman seperti rudal dan pesawat nirawak, kata Gedung Putih.

Iran dan Hamas sama-sama menuduh Israel melakukan pembunuhan tersebut dan telah berjanji untuk membalas dendam terhadap musuh mereka. Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas kematian tersebut atau membantahnya.

Kematian Haniyeh adalah salah satu dari serangkaian pembunuhan tokoh senior Hamas saat perang di Gaza antara Hamas dan Israel mendekati bulan ke-11 dan kekhawatiran tumbuh bahwa konflik tersebut menyebar ke seluruh Timur Tengah.

Sebelumnya, juru bicara Pentagon Sabrina Singh mengatakan AS tidak percaya eskalasi tidak dapat dihindari.

"Saya pikir kami bersikap sangat langsung dalam pesan kami bahwa tentu saja kami tidak ingin melihat ketegangan yang meningkat dan kami percaya ada jalan keluar di sini dan itu adalah kesepakatan gencatan senjata," kata Singh.

Delegasi Israel akan melakukan perjalanan ke Kairo dalam beberapa hari mendatang untuk negosiasi guna mencapai gencatan senjata Gaza dan kesepakatan pembebasan sandera, kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Jumat.

KEYWORD :

Ancaman Iran Timur Tengah AS Kirim Jet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :