Selasa, 10/09/2024 23:04 WIB

House of the Dragon Musim 2 Episode Final: White Walkers Muncul di Penglihatan Daemon

House of the Dragon Musim 2 Episode Final: White Walkers Muncul di Penglihatan Daemon

House of the Dragon Musim 2 Episode Final: White Walkers Muncul di Penglihatan Daemon. (FOTO: HBO)

JAKARTA - Akhir Musim 2 House of the Dragon menyuguhkan beberapa reuni yang telah lama ditunggu, momen penuh siklus Game of Thrones dan menyiapkan Musim 3 yang lebih berdarah yang akan datang.

Episode terakhir dimulai dengan Jason Lannister (Jefferson Hall) di Essos yang berupaya mendapatkan armada kapal mereka untuk berlayar atas nama Raja Aegon.

Sementara itu, Aemond (Ewan Mitchell) dan Vhagar sibuk membakar seluruh kota – yang kemudian terungkap sebagai Sharp Point – menjadi abu karena marah setelah mengetahui bahwa Rhaenyra (Emma D`Arcy) telah berhasil menemukan tiga penunggang naga baru untuk naga yang tersisa di Dragonstone.

Di King`s Landing, Larys (Matthew Needham) memberitahu Aegon (Tom Glynn-Carney) yang masih terbaring di tempat tidur bahwa saudaranya "kecewa dan marah" atas keberhasilan Rhaenyra dan akan datang menjemputnya.

Larys berkata bahwa mereka harus meninggalkan Red Keep dan seluruh kota, saat Aegon bertanya, "Apa gunanya semua ini?"

Logika Larys adalah agar Aegon melarikan diri bersamanya ke Braavos, dan kembali setelah Rhaenyra dan Aemond saling menghancurkan.

"Aegon Sang Penghibur Alam," sang Raja memutuskan untuk memanggilnya.

Di Dragonstone, ketegangan meningkat. Jacaerys (Harry Collett) merasa frustrasi karena tiga rakyat jelata telah menjadi penunggang naga, terutama ketika Ulf the White (Tom Bennett) berulang kali bersikap tidak sopan dan kasar meskipun Hugh (Keiran Bew) mencoba memperingatkannya sebaliknya.

Sementara Jace menempatkan para penunggang naga baru di tempat mereka, Rhaenyra bersama Snake Sea (Steve Toussaint), yang menyarankannya untuk menggunakan keuntungannya selagi ia memilikinya dan terbang untuk bertempur.

Kemudian, di saat yang manis, ia memberitahu Rhaenyra bahwa ia telah mengganti nama armadanya untuk menghormati mendiang istrinya, dari "Snake Sea" menjadi "The Queen Never Was".

"Apa yang saya lakukan sekarang, saya lakukan untuknya," kata Lord Corlys dalam pujiannya kepada Putri Rhaenys (Eve Best).

Setelah berminggu-minggu di Harrenhal, merasa sedikit gila dan penggemar mempertanyakan kesetiaannya, momen cemerlang Daemon akhirnya tiba.

Ketika Ser Alfred Broome (Jamie Kenna) menyarankan agar Daemon (Matt Smith) mengubah pasukan yang telah ia kumpulkan untuk berperang atas namanya sendiri — dan bukan atas nama Ratu — Daemon menolaknya, meskipun sebenarnya ia akan langsung menyetujuinya.

Sementara The Blacks terus mengumpulkan pasukan yang mengesankan, Aemond menjadi gugup di King`s Landing – sedemikian gugupnya sehingga ia meminta bantuan saudarinya Helaena (Phia Saban) dan mencoba memaksanya untuk menunggangi naganya Dreamfyre ke medan perang, tetapi Alicent (Olivia Cooke) turun tangan.

Ia menepis putranya, menuduhnya mencoba "merusak" Helaena, yang ia sebut "yang paling lembut dan paling pantas mendapatkan perlindungan (nya)."

Alicent kemudian mencari bantuan Grand Maester, sementara Ser Criston Cole (Fabien Frankel) mengaku kepada Gwayne Hightower (Freddie Fox) bahwa dia siap mati di pedangnya dalam pertempuran yang menghalangi.

Kesabaran Rhaenyra diuji saat Ulf the White sekali lagi berperilaku tanpa mempedulikan beratnya peran barunya sebagai penunggang naga selama makan malam menegangkan di Dragonstone, di mana dia kemudian menerima kabar dari Ser Simon Strong (Simon Russell Beale) yang memperingatkannya tentang potensi pengkhianatan Daemon.

Dia, bersama Addam (Clinton Liberty), terbang ke Harrenhal untuk melihat sendiri perkembangan Daemon. Ketika dia tiba, dia berlutut di hadapan ratusan tentara yang berkumpul dan menyatakan dia sebagai satu-satunya ratu sejati yang dapat didengar semua orang.

Momen itu terjadi hanya setelah Alys Rivers (Gayle Rankin) menunjukkan kepadanya sebuah penglihatan yang luar biasa – penglihatan yang menceritakan bukan hanya kisah House of the Dragon, tetapi juga Game of Thrones itu sendiri.

Dalam penglihatan tersebut – yang juga melibatkan Helaena – Daemon mengetahui takdirnya dan akhirnya memahami apa tujuan utamanya: untuk membawa Rhaenyra ke Tahta Besi, tetapi juga untuk memahami semua "kegelapan dan malapetaka" yang masih akan datang.

Adegan itu sendiri sudah cukup untuk membuat bulu kuduk penggemar Game of Thrones merinding, karena Daemon berguling-guling melewati waktu — dipandu oleh burung gagak bermata tiga — dan melihat White Walkers, akhir dari naga, dan kebangkitan Daenerys Targaryen (Emilia Clarke) lebih dari 200 tahun di masa depan.

Namun, penglihatan itu berakhir dengan Rhaenyra duduk di Iron Throne, sehingga Daemon tahu apa yang belum dilakukannya.

"Semua ini adalah cerita dan kamu hanyalah satu bagian di dalamnya. Kamu tahu peranmu. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan," kata Helaena kepadanya saat penglihatan itu berakhir.

Ketika Rheanyra tiba di Harrenhal, dia menceritakan apa yang telah dia lihat, berbicara dalam bahasa High Valyrian sambil menyampaikan dialog yang tidak pernah terpikirkan oleh para penggemar akan mereka dengar dalam House of the Dragon: "Musim dingin akan tiba."

Meskipun muncul dalam penglihatan Daemon, Helaena masih berada di King`s Landing, dan kemudian memberikan peringatan kedua di malam hari, kali ini kepada saudaranya Aemond.

Saat Aemond memintanya sekali lagi untuk pergi berperang bersamanya di atas naganya, Helaena mengatakan bahwa dia tahu bahwa Aemond membakar Aegon dan membiarkannya jatuh di Rook`s Rest.

Namun, itu belum semuanya, dia juga memberi tahu Aemond bagaimana dia akan mati ("ditelan oleh Mata Dewa dan tidak pernah terlihat lagi"), dan bahwa Aegon akan sekali lagi menduduki Tahta Besi sebagai Raja.

Episode terakhir berakhir dengan reuni yang mengejutkan, saat Alicent mendatangi Rhaenyra di Dragonstone, menawarkannya cara untuk memenangkan perang karena dia berkata dia akan membiarkan pintu-pintu ke Red Keep terbuka agar Rheanyra bisa masuk dan mengambilnya.

Sambil menangis, dia juga menyetujui syarat yang dia tahu harus diminta Rhaenyra: kepala Aegon.

Meskipun mantan sahabat itu punya rencana besar, saat episode berakhir, terungkap bahwa Aegon memang mengindahkan peringatan Larys.

Keduanya meninggalkan Red Keep dan menuju Braavos, jadi apa pun kesepakatan yang dibuat Alicent dan Rhaenyra, semua taruhan dibatalkan.

House of the Dragon musim 1 dan 2 kini dapat ditonton di Max/HBO. (*)

 

 

KEYWORD :

Seputar Film House of the Dragon Game of Thrones




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :