Kamis, 19/09/2024 07:19 WIB

Korea Utara Sebut Putin Tawarkan Bantuan Kemanusiaan Atasi Kerusakan Akibat Banjir

Korea Utara Sebut Putin Tawarkan Bantuan Kemanusiaan Atasi Kerusakan Akibat Banjir

Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri resepsi kenegaraan di Pyongyang, Korea Utara, 19 Juni 2024. Sputnik via REUTERS

SEOUL - Presiden Rusia Vladimir Putin telah menawarkan bantuan kemanusiaan kepada Korea Utara, yang dilanda hujan lebat dan banjir, kata media pemerintah Pyongyang KCNA pada hari Minggu.

Hubungan antara kedua negara semakin dekat, dan Putin menyampaikan tawaran tersebut dalam sebuah pesan kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang disampaikan pada hari Sabtu melalui kedutaan Rusia di Pyongyang. Pesan pemimpin Rusia tersebut menyatakan simpati dan dukungan.

Putin menunjukkan "kesediaannya untuk memberikan dukungan kemanusiaan segera untuk pemulihan dari kerusakan akibat banjir," kata KCNA.

Kim berterima kasih atas tawaran tersebut tetapi mengatakan karena pemerintahnya telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan pekerjaan pemulihan, ia akan meminta bantuan "jika bantuan diperlukan," tambahnya.

Hujan deras telah mengguyur wilayah barat laut Korea Utara dalam beberapa hari terakhir, membanjiri lebih dari 4.000 rumah dan mengisolasi sekitar 5.000 penduduk, KCNA telah melaporkan. Kim secara pribadi memeriksa daerah yang terkena dampak dan mengawasi upaya penyelamatan.

KCNA tidak menyebutkan usulan terpisah minggu lalu oleh Korea Selatan untuk menyediakan pasokan bantuan bagi kerusakan akibat banjir, tetapi merilis pernyataan oleh kementerian luar negeri Korea Utara yang mengkritik latihan militer gabungan baru-baru ini antara Korea Selatan dan AS.

Pada hari Kamis, kementerian unifikasi Korea Selatan yang menangani urusan antar-Korea mengatakan siap untuk membahas bantuan banjir dengan Palang Merah Korea Utara, sebuah upaya yang jarang dilakukan di bawah Presiden Yoon Suk Yeol.

Pyongyang dan Moskow telah meningkatkan hubungan diplomatik dan keamanan dalam beberapa bulan terakhir, dengan Kim dan Putin saling bertukar kunjungan dan telah menandatangani pakta "kemitraan strategis komprehensif" pada bulan Juni.

KEYWORD :

Korea Utara Kerjasama Rusia Kim Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :