Kamis, 19/09/2024 07:56 WIB

DPR Soroti Persoalan Komitmen Pertamina dan PLN Tingkatkan Ketahanan Energi Nasional

Ini sesuatu yang sangat krusial, karena pertumbuhan ekonomi di Bali sangat tinggi usai Covid-19, terutama pertumbuhan pariwisata.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Sarmuji. (Foto: Dok. Ist)

 

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, M. Sarmuji, menyoroti persoalan ketahanan energi PT Pertamina dan komitmen PT PLN dalam meningkatkan elektrifikasi.

Menurut dia, ketahanan energi nasional penting untuk meng-capture tiga komponen penting tentang ketersediaan, yaitu kontribusi migas dan produksi BBM.

Ia juga menekankan pula komitmen PLN dalam meningkatkan eletrifikasi di seluruh pelosok desa tanah air melalui program listrik desa. Mengingat hingga saat ini masih banyak desa yang belum mendapatkan akses listrik. Khususnya desa di Bali yang menjadi favorit wisatawan.

“Ini sesuatu yang sangat krusial, karena pertumbuhan ekonomi di Bali sangat tinggi usai Covid-19, terutama pertumbuhan pariwisata,” kata Sarmuji dalam keterangan persnya, Senin (5/8).

“Kalau tidak diimbangi dengan ketersediaan energi yang baik, listrik yang baik, itu akan menjadi kontraproduktif, beberapa keluhan sempat ada terutama tentang turun daya listrik yang sangat mengganggu sektor parisiwata,” imbuhnya.

Terakhir, Sarmuji berharap agar permasalahan yang terjadi di Bali pada bulan Juni lalu akibat praktik pengoplosan LPG dan insiden kebakaran hebat di gudang LPG tidak terulang kembali, agar persoalan ke depan tidak terjadi, misalkan kecelakaan atau keterlambatan distribusi BBM yang diakibatkan banyak masalah.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VI Sarmuji Pertamina PLN listrik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :