Rabu, 18/09/2024 21:56 WIB

Seminggu Bentrok, Inggris Bebaskan Tahanan Lama untuk Menampung 400 Perusuh

Seminggu Bentrok, Inggris Bebaskan Tahanan Lama untuk Menampung 400 Perusuh

Seorang petugas polisi berjalan di luar hotel Holiday Inn Express setelah perusuh menyerang gedung di Rotherham, Inggris, 5 Agustus 2024. REUTERS

LIVERPOOL - Pemerintah Inggris telah meningkatkan kapasitas penjaranya untuk membantu mengatasi kerusuhan anti-imigran yang berlangsung selama seminggu. Hal itu mendorong semakin banyak negara untuk memperingatkan warga negara mereka tentang bahaya bepergian di Inggris.

Kerusuhan di sejumlah kota telah meletus menyusul pembunuhan tiga gadis di sebuah acara bertema Taylor Swift di Southport, sebuah kota tepi laut di Inggris utara. Pemicunya adalah pesan palsu di media sosial secara keliru mengidentifikasi tersangka pembunuh sebagai seorang migran Islamis.

Departemen Kehakiman, yang dipaksa untuk membebaskan beberapa tahanan lebih awal karena memerangi krisis kepadatan penghuni penjara, mengatakan hampir 600 tempat penjara telah diamankan untuk menampung mereka yang terlibat dalam kekerasan. Sekitar 400 orang telah ditangkap sejauh ini.

"Pesan saya kepada siapa pun yang memilih untuk mengambil bagian dalam kekerasan dan premanisme ini sederhana: polisi, pengadilan, dan penjara siap sedia dan Anda akan menghadapi konsekuensi dari tindakan Anda yang mengerikan," kata Menteri Kehakiman Shabana Mahmood.

Kerusuhan tersebut telah mendorong India, Australia, Nigeria, dan negara-negara lain untuk memperingatkan warga negara mereka agar tetap waspada.

Riva Peacock, seorang pekerja ritel berusia 22 tahun di Liverpool, tempat para perusuh bentrok dengan polisi selama akhir pekan, mengatakan kekerasan itu mengejutkan.

"Ada banyak orang yang menyalahkan imigran atas keadaan negara ini," katanya kepada Reuters. "Sungguh memalukan bahwa beberapa orang yang paling rentan di masyarakat kita telah digunakan sebagai kambing hitam untuk masalah ini."

Perdana Menteri Keir Starmer telah bersumpah untuk memberi hukuman kepada mereka yang telah menyerang Masjid dan hotel yang menampung para migran, melemparkan batu bata ke polisi dan pengunjuk rasa, serta menjarah toko-toko dan membakar mobil.

Polisi pada hari Selasa mendakwa seorang pria berusia 28 tahun dengan tuduhan menyebarkan kebencian rasial melalui unggahan Facebook yang terkait dengan kerusuhan tersebut. Seorang remaja berusia 14 tahun mengaku bersalah atas kerusuhan yang disertai kekerasan.

Pada hari Senin malam, kerusuhan terjadi di Plymouth, Inggris selatan, dan sekali lagi di Belfast, Irlandia Utara, di mana ratusan perusuh melemparkan bom bensin dan batu besar ke arah petugas, serta membakar mobil Land Rover milik polisi.

Sebuah pesan daring mengatakan bahwa pusat imigrasi dan firma hukum yang membantu para migran akan menjadi sasaran pada hari Rabu.

KEKERASAN MELUAS
Dalam wabah kekerasan pertama yang meluas di Inggris selama 13 tahun, ratusan pria, beberapa wanita, dan anak-anak telah menyerang hotel-hotel yang menampung para pencari suaka dari Afrika dan Timur Tengah, sambil meneriakkan "keluarkan mereka" dan "hentikan kapal-kapal itu," yang merujuk pada para pencari suaka yang tiba di Inggris selatan dengan perahu kecil.

Mereka juga melempari masjid dengan batu, video daring yang belum diverifikasi menunjukkan beberapa etnis minoritas dipukuli dan seorang pria yang difoto dalam sebuah protes di Sunderland pada hari Jumat memiliki tato swastika di punggungnya.

Di Birmingham, kota terbesar kedua di Inggris, video daring pada Senin malam menunjukkan sekelompok pria Asia berkumpul dengan bendera Palestina setelah laporan bahwa pengunjuk rasa anti-migran mungkin menargetkan daerah tersebut.

Reporter di tempat kejadian mengatakan mereka disambut dengan permusuhan dan video tampak menunjukkan seorang pria kulit putih diserang di sebuah pub.

Prospek bentrokan antara kelompok kulit putih dan etnis minoritas membangkitkan kembali kenangan kerusuhan rasial yang pecah di Oldham dan kota-kota Inggris utara lainnya pada tahun 2001 - yang kemudian dikaitkan oleh laporan resmi dengan kurangnya kohesi sosial, dengan dua komunitas menjalani kehidupan yang paralel.

Pemerintah mengatakan kerusuhan dalam beberapa hari terakhir bukanlah respons yang proporsional terhadap kekhawatiran tentang imigrasi, tetapi kekerasan yang dikobarkan oleh agitator sayap kanan dan didukung oleh hooligan sepak bola dan kaum muda.

KEYWORD :

Rusuh Inggris Isu SARA Muslim Migran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :