Selasa, 17/09/2024 00:34 WIB

Sungai Seine Tercemar, Panitia Olimpiade Paris 2024 Batalkan Latihan Renang

Sungai Seine Tercemar, Panitia Olimpiade Paris 2024 Batalkan Latihan Renang

Para atlet bersiap untuk berkompetisi dalam lomba renang di Sungai Seine selama triatlon individu putri di Olimpiade Paris 2024. (FOTO: GETTY IMAGE)

JAKARTA - Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 mengatakan bahwa pelatihan renang di perairan terbuka di Sungai Seine telah dibatalkan karena polusi, menimbulkan pertanyaan mengapa para atlet triatlon diizinkan menggunakan jalur air tersebut sehari sebelumnya.

Keputusan ini merupakan yang kelima kalinya penyelenggara membatalkan latihan di sungai sejak dimulainya Olimpiade Paris 2024 pada tanggal 28 Juli dan kemungkinan akan membuat frustrasi para peserta renang maraton yang harus terbiasa dengan arus Sungai Seine yang kuat.

Pernyataan dari World Aquatics dan panitia penyelenggara pada Selasa pagi (6/8/2024) mengatakan bahwa satu dari empat hasil pembacaan bakteri enterococci di sungai – indikator keberadaan feses – berada di atas batas atas yang diizinkan.

“Keputusan (untuk membatalkan pelatihan) ini diambil sebagai bentuk kehati-hatian, terutama mengingat bahwa renang pengenalan lainnya dijadwalkan pada hari berikutnya, 7 Agustus,” katanya.

Sejak Sungai Seine dipilih sebagai lokasi renang triatlon dan maraton, otoritas Prancis telah berpacu dengan waktu untuk membersihkan jalur air tersebut.

Minggu lalu, lomba triatlon terganggu parah akibat buruknya hasil tes bakteri, yang menyebabkan semua sesi latihan renang dibatalkan dan lomba individu putra ditunda selama 24 jam hingga hari Rabu.

Perlombaan estafet campuran juga tampak diragukan pada hari Senin (5/8/2024), tetapi akhirnya berlangsung sesuai jadwal, dengan Jerman meraih emas dalam perlombaan yang sangat ketat yang menyaksikan Amerika Serikat dan Inggris memenangkan medali perak dan perunggu.

Renang maraton – perlombaan sejauh 10 km (6,2 mil) di perairan terbuka – akan diadakan pada hari Kamis untuk wanita dan hari Jumat untuk pria.

Penyelenggara mengatakan bahwa renang maraton dapat dipindahkan ke lokasi lain di Vaires-sur-Marne di Sungai Marne di sebelah timur Paris jika Sungai Seine terlalu tercemar untuk digunakan.

Mereka mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka “sangat yakin” bahwa acara pria dan wanita akan berlangsung di Sungai Seine(*)

 

KEYWORD :

Olimpiade Paris 2024 renang Sungai Seine tercemar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :