Selasa, 10/09/2024 08:21 WIB

Mahasiswa Ancam Demonstrasi Lanjutan, Presiden Akhirnya Bubarkan Parlemen Bangladesh

Mahasiswa Ancam Demonstrasi Lanjutan, Presiden Akhirnya Bubarkan Parlemen Bangladesh

Orang-orang berkumpul di pintu masuk Gedung Parlemen sehari setelah pengunduran diri PM Bangladesh Sheikh Hasina, di Dhaka, Bangladesh, 6 Agustus 2024. REUTERS

DHAKA - Presiden Bangladesh membubarkan parlemen pada hari Selasa. Hal itu membuka jalan bagi pemerintahan sementara dan pemilihan umum baru, setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri. Hasina melarikan diri menyusul tindakan keras terhadap pemberontakan yang dipimpin mahasiswa.

Kantor Presiden Mohammed Shahabuddin juga mengumumkan bahwa pemimpin oposisi Partai Nasionalis Bangladesh, Begum Khaleda Zia, mantan perdana menteri yang telah berselisih dengan Hasina selama beberapa dekade, telah dibebaskan dari tahanan rumah.

Para mahasiswa pengunjuk rasa mengancam akan melakukan lebih banyak demonstrasi jika parlemen tidak dibubarkan.

Gerakan yang menggulingkan Hasina muncul dari demonstrasi terhadap kuota pekerjaan sektor publik untuk keluarga veteran perang kemerdekaan Bangladesh tahun 1971, yang dipandang oleh para kritikus sebagai cara untuk menyediakan pekerjaan bagi sekutu partai yang berkuasa.

Sekitar 300 orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam kekerasan yang melanda negara itu sejak Juli.

Setelah para demonstran menyerbu dan menjarah kediaman mewah perdana menteri pada hari Senin, jalan-jalan di ibu kota Dhaka kembali damai pada hari Selasa, dengan lalu lintas lebih lengang dari biasanya dan banyak sekolah serta bisnis yang tutup selama kerusuhan masih tutup.

Para mahasiswa yang memimpin protes terlihat mengatur lalu lintas di persimpangan utama di Dhaka saat polisi tidak ada.

"Kami belum melihat polisi lalu lintas sejak kemarin malam. Itulah sebabnya kami bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas sehingga semua orang dapat bepergian dengan lancar," kata Mohammad Nur, seorang mahasiswa berusia 20 tahun, kepada Reuters TV.

Pabrik garmen, yang memasok pakaian ke beberapa merek papan atas dunia dan menjadi andalan ekonomi, tetap tutup dan rencana untuk dibuka kembali akan diumumkan kemudian, kata asosiasi produsen garmen utama.

Keputusan untuk membubarkan parlemen diambil setelah pertemuan dengan para kepala angkatan bersenjata, pemimpin partai politik, pemimpin mahasiswa, dan beberapa perwakilan masyarakat sipil, kata pernyataan presiden.

Pelarian Hasina mengakhiri masa jabatan keduanya selama 15 tahun di negara berpenduduk 170 juta orang itu, yang telah diperintahnya selama 20 dari 30 tahun terakhir di pucuk pimpinan gerakan politik yang diwarisi dari ayahnya, pendiri negara Mujibur Rahman, setelah ia dibunuh pada tahun 1975.

Sejak awal tahun 1990-an, Hasina telah berseteru dan berganti-ganti kekuasaan dengan saingannya Zia, yang mewarisi gerakan politiknya sendiri dari suaminya Ziaur Rahman, seorang penguasa yang dibunuh pada tahun 1981.

`HARI PEMBEBASAN KEDUA`
Protes terhadap Hasina sebagian dipicu oleh kemiskinan. Setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat seiring dengan berkembangnya industri garmen, ekonomi senilai $450 miliar itu berjuang dengan impor yang mahal dan inflasi, dan pemerintah telah meminta dana talangan dari Dana Moneter Internasional.

Hasina dituduh menjadi semakin otoriter, dengan banyak musuh politiknya dipenjara. Pengunduran dirinya disambut oleh massa yang gembira, yang menyerbu tanpa perlawanan ke halaman kediamannya yang mewah setelah ia melarikan diri pada hari Senin, sambil membawa serta perabotan dan TV yang dijarah.

Presiden Shahabuddin sebelumnya mengatakan bahwa pemerintah sementara akan mengadakan pemilihan umum segera setelah mengambil alih. Kepala Angkatan Darat Jenderal Waker-Uz-Zaman dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin mahasiswa untuk membahas pembentukan pemerintah.

Hasina terbang ke India dan tinggal di rumah persembunyian di luar Delhi.

Media India melaporkan bahwa Hasina mungkin akan pergi ke Inggris, di mana ia memiliki keluarga termasuk seorang keponakan yang merupakan menteri pemerintah. Reuters tidak dapat mengonfirmasi rencananya.

Kementerian Dalam Negeri Inggris menolak berkomentar mengenai kasus Hasina secara spesifik tetapi mengatakan tidak ada ketentuan dalam hukum imigrasi Inggris yang mengizinkan seseorang untuk pergi ke Inggris untuk mencari suaka.

Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan kepada parlemen bahwa New Delhi telah berulang kali "menyarankan untuk menahan diri dan mendesak situasi untuk diredakan melalui dialog".

Para pemimpin mahasiswa mengatakan mereka menginginkan peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus sebagai penasihat utama pemerintah sementara dan juru bicara Yunus mengatakan dia setuju.

Yunus, 84, dan Grameen Bank miliknya memenangkan Penghargaan Nobel Perdamaian 2006 atas upayanya mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan dengan memberikan pinjaman kecil di bawah $100 kepada masyarakat miskin pedesaan di Bangladesh. Dia didakwa oleh pengadilan pada bulan Juni atas tuduhan penggelapan yang dibantahnya.

Dia mengatakan kepada penyiar India Times Now dalam sebuah wawancara yang direkam bahwa hari Senin menandai "hari pembebasan kedua" bagi Bangladesh setelah perang kemerdekaannya dari Pakistan tahun 1971.

Namun dia mengatakan warga Bangladesh marah dengan negara tetangga India karena mengizinkan Hasina mendarat di sana setelah melarikan diri dari Dhaka.

"India adalah sahabat terbaik kami... orang-orang marah pada India karena Anda mendukung orang yang menghancurkan hidup kami," kata Yunus.

Nahid Islam, seorang organisator utama kampanye melawan Hasina, mengatakan dalam sebuah pesan video: "Pemerintah mana pun selain yang kami rekomendasikan tidak akan diterima."

Para pemimpin mahasiswa juga mengatakan mereka telah menerima laporan mengenai serangan terhadap kelompok minoritas termasuk kuil Hindu di negara mayoritas Muslim tersebut, dan mendesak agar menahan diri karena hal ini dapat merusak gerakan mereka.

KEYWORD :

Bangladesh Bubarkan Parlemen Perdana Menteri Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :