Selasa, 10/09/2024 08:23 WIB

Saat Demonstrasi Memuncak, Tentara Bangladesh Tolak Redam Protes dan Patuhi Hasina

Saat Demonstrasi Memuncak, Tentara Bangladesh Tolak Redam Protes dan Patuhi Hasina

Orang-orang berjabat tangan dengan personel tentara saat merayakan pengunduran diri Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina di Dhaka, Bangladesh, 5 Agustus 2024. REUTERS

DHAKA - Malam sebelum pemimpin lama Sheikh Hasina tiba-tiba meninggalkan Bangladesh di tengah protes yang mematikan, kepala militernya mengadakan pertemuan dengan para jenderalnya.

Mereka memutuskan bahwa pasukan tidak akan menembaki warga sipil untuk memberlakukan jam malam, dua perwira militer yang bertugas dan mengetahui diskusi tersebut mengatakan kepada Reuters.

Jenderal Waker-Uz-Zaman kemudian menghubungi kantor Hasina, menyampaikan kepada perdana menteri bahwa tentaranya tidak akan dapat menerapkan karantina wilayah yang telah dimintanya, menurut seorang pejabat India yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut.

Pesan itu jelas, kata pejabat itu: Hasina tidak lagi mendapat dukungan dari militer.

Rincian pertemuan daring antara petinggi militer dan pesan kepada Hasina bahwa ia telah kehilangan dukungan mereka belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Mereka membantu menjelaskan bagaimana pemerintahan Hasina selama 15 tahun, di mana ia hanya menoleransi sedikit perbedaan pendapat, berakhir dengan kekacauan dan tiba-tiba pada hari Senin, ketika ia melarikan diri dari Bangladesh ke India.

Jam malam nasional telah diberlakukan setelah sedikitnya 91 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam bentrokan nasional pada hari Minggu, hari paling mematikan sejak protes yang dipimpin mahasiswa terhadap Hasina dimulai pada bulan Juli.

Juru bicara Angkatan Darat Letnan Kolonel Sami Ud Dowla Chowdhury membenarkan diskusi Minggu malam itu, yang ia gambarkan sebagai pertemuan rutin untuk mendapatkan informasi terbaru setelah terjadi gangguan. Ia tidak memberikan perincian saat ditanya pertanyaan tambahan tentang pengambilan keputusan pada pertemuan itu.

Hasina tidak dapat dihubungi dan putra sekaligus penasihatnya, Sajeeb Wazed, tidak menanggapi permintaan komentar berulang kali.

Reuters berbicara kepada sepuluh orang yang mengetahui kejadian minggu lalu, termasuk empat perwira Angkatan Darat yang masih bertugas dan dua sumber informasi lainnya di Bangladesh, untuk menyusun 48 jam terakhir masa jabatan Hasina.

Banyak dari mereka berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas masalah tersebut. Hasina, yang telah memerintah Bangladesh selama 20 dari 30 tahun terakhir, terpilih untuk masa jabatan keempat memimpin negara berpenduduk 170 juta jiwa itu pada bulan Januari, setelah menangkap ribuan pemimpin oposisi dan pekerja. Pemilihan itu diboikot oleh para pesaing utamanya.

Cengkeramannya yang kuat terhadap kekuasaan telah ditentang sejak musim panas oleh protes yang dipicu oleh putusan pengadilan untuk menyediakan pekerjaan pemerintah - yang sangat didambakan di tengah tingginya pengangguran kaum muda - untuk segmen populasi tertentu.

Keputusan itu dibatalkan tetapi demonstrasi dengan cepat berubah menjadi gerakan untuk menggulingkan Hasina. Zaman belum menjelaskan secara terbuka keputusannya untuk menarik dukungan dari Hasina.

Namun skala protes dan jumlah korban tewas sedikitnya 241 membuat dukungan terhadap Hasina dengan segala cara tidak dapat dipertahankan, tiga mantan perwira senior militer Bangladesh mengatakan kepada Reuters.

"Ada banyak kegelisahan di dalam pasukan," kata Brigjen pensiunan M. Sakhawat Hossain. "Itulah yang mungkin (memberikan) tekanan pada kepala staf militer, karena pasukan berada di luar dan mereka melihat apa yang terjadi."

Zaman, yang memiliki hubungan darah dengan Hasina, telah menunjukkan tanda-tanda goyah dalam dukungannya terhadap perdana menteri pada hari Sabtu, ketika ia duduk di kursi kayu berhias dan berbicara kepada ratusan perwira berseragam dalam sebuah pertemuan balai kota.

Militer kemudian mengumumkan beberapa rincian diskusi itu ke publik. Jenderal tersebut menyatakan bahwa nyawa harus dilindungi dan meminta para perwiranya untuk bersabar, kata juru bicara militer Chowdhury.

Itu adalah indikasi pertama bahwa militer Bangladesh tidak akan dengan paksa menekan demonstrasi yang penuh kekerasan, yang membuat Hasina rentan.

Prajurit senior yang sudah pensiun seperti Brigadir Jenderal Mohammad Shahedul Anam Khan termasuk di antara mereka yang menentang jam malam pada hari Senin dan turun ke jalan.

"Kami tidak dihentikan oleh militer," kata Khan, seorang mantan prajurit infanteri. "Tentara telah melakukan apa yang telah dijanjikannya kepada militer."

`PEMBERITAHUAN SINGKAT`
Pada hari Senin, hari pertama penuh jam malam nasional yang tidak terbatas, Hasina bersembunyi di dalam Ganabhaban, atau "Istana Rakyat", sebuah kompleks yang dijaga ketat di ibu kota Dhaka yang berfungsi sebagai kediaman resminya.

Di luar, di jalan-jalan kota yang luas itu, kerumunan orang berkumpul. Puluhan ribu orang telah menanggapi seruan para pemimpin protes untuk berbaris guna menggulingkan pemimpin tersebut, yang mengalir ke jantung kota.

Ketika situasi semakin tidak terkendali, pemimpin berusia 76 tahun itu memutuskan untuk meninggalkan negaranya pada Senin pagi, menurut kepada pejabat India dan dua warga negara Bangladesh yang mengetahui masalah tersebut.

Hasina dan saudara perempuannya, yang tinggal di London tetapi berada di Dhaka pada saat itu, membahas masalah tersebut dan terbang bersama, menurut sumber Bangladesh. Mereka berangkat ke India sekitar jam makan siang, waktu setempat.

Menteri luar negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan kepada parlemen pada hari Selasa bahwa New Delhi telah mendesak "berbagai kekuatan politik yang berhubungan dengan kami" untuk menyelesaikan situasi melalui dialog sepanjang bulan Juli.

Namun ketika massa berkumpul di Dhaka pada hari Senin mengabaikan jam malam, Hasina memutuskan untuk mengundurkan diri "setelah pertemuan dengan para pemimpin lembaga keamanan", tambahnya. "Dalam waktu yang sangat singkat, dia meminta izin untuk datang ke India untuk sementara waktu."

Pejabat India kedua mengatakan bahwa "secara diplomatis" disampaikan kepada Hasina bahwa kunjungannya harus sementara karena takut berdampak negatif pada hubungan Delhi dengan pemerintahan berikutnya di Dhaka. Kementerian Luar Negeri India tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Peraih Nobel Muhammad Yunus, yang ingin dipimpin oleh para mahasiswa yang berunjuk rasa untuk memimpin pemerintahan sementara setelah Hasina digulingkan, mengatakan kepada surat kabar The New Indian Express bahwa India memiliki "hubungan baik dengan orang yang salah... Harap tinjau kembali kebijakan luar negeri Anda."

Yunus tidak segera bersedia untuk diwawancarai. Menjelang sore hari pada hari Senin, sebuah pesawat angkut Angkatan Udara Bangladesh C130 mendarat di pangkalan udara Hindon di luar Delhi, dengan Hasina di dalamnya.

Di sana, ia bertemu dengan Ajit Doval, penasihat keamanan nasional India yang berpengaruh, menurut pejabat keamanan India. Delhi telah berjuang untuk memisahkan Bangladesh dari Pakistan Timur pada tahun 1971. Setelah ayah Hasina dibunuh pada tahun 1975, Hasina berlindung di India selama bertahun-tahun dan membangun hubungan yang erat dengan elit politik tetangganya.

Kembali ke Bangladesh, ia memperoleh kekuasaan pada tahun 1996, dan dianggap lebih peka terhadap masalah keamanan India daripada para pesaing politiknya.

Negara yang mayoritas beragama Hindu itu juga menganggap sikap sekulernya menguntungkan bagi 13 juta umat Hindu di Bangladesh.

Namun di Bangladesh, rasa kesal masih terasa bahkan di antara para pensiunan tentara karena Hasina diizinkan pergi.
"Secara pribadi, saya merasa bahwa dia seharusnya tidak diberi jalan yang aman," kata Khan, sang veteran. "Itu adalah kebodohan."

KEYWORD :

Bangladesh Bentrok Demonstran Perdana Menteri Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :