Minggu, 15/09/2024 22:49 WIB

Iran dan Hizbullah Bersumpah akan Membalas, Warga Israel Diminta Berlindung

Iran dan Hizbullah Bersumpah akan Membalas, Warga Israel Diminta Berlindung

Orang-orang berjalan di alun-alun tempat bendera Israel dipajang, di Tel Aviv, Israel, 16 Juli 2024. REUTERS

RAMLA - Layanan ambulans Israel telah menyimpan persediaan darah di pusat bawah tanah yang dibentengi, pabrik-pabrik telah memindahkan bahan-bahan berbahaya. Otoritas kota sedang memeriksa tempat perlindungan bom dan persediaan air. Negara tersebut menunggu ancaman serangan dari Iran dan proksinya.

Israel telah memperkuat garis depan dalam negerinya selama berbulan-bulan dan banyak persiapan telah dilakukan sejak dimulainya perang di Gaza Oktober lalu, ketika ribuan orang bersenjata yang dipimpin Hamas melakukan serangan lintas batas yang menghancurkan terhadap masyarakat Israel.

Namun, urgensi telah meningkat tajam selama 10 hari terakhir karena konflik yang relatif terkendali dengan gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon selatan telah mengancam akan berubah menjadi perang regional habis-habisan.

"Saya tahu bahwa warga Israel waspada, dan saya meminta satu hal dari Anda - tetap sabar dan tenang," kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada hari Rabu saat bertemu dengan rekrutan tentara baru.

"Kami siap untuk bertahan dan menyerang, kami menyerang musuh kami dan juga bertekad untuk membela diri," katanya.

Israel sekarang menghadapi ancaman perang multifront, menghadapi sekelompok gerakan militan - Hamas, Hizbullah, Houthi di Yaman, semuanya didukung dan didanai oleh musuh lamanya Iran.

Serangan diperkirakan akan terjadi dalam beberapa hari mendatang menyusul janji Iran dan Hizbullah untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan komandan militer Hizbullah Fuad Shukr di Beirut minggu lalu.

Setelah berbulan-bulan waspada dan serangan oleh ratusan rudal Iran pada bulan April yang digagalkan oleh pertahanan udara Israel dan bantuan sekutu internasional, warga Israel telah terbiasa dengan krisis tersebut.

Puluhan ribu orang dievakuasi dari wilayah utara yang berada dalam jangkauan roket Hizbullah pada awal perang dan banyak wilayah perbatasan sekarang memiliki udara yang sunyi dan terbengkalai.

Namun, pemboman yang berkepanjangan dari persenjataan roket Hizbullah dapat mencapai lebih dalam ke negara tersebut hingga target-target sensitif seperti kota pelabuhan Haifa di Israel utara, yang berada dalam jangkauan yang baik.

Rumah Sakit Rambam di kota tersebut telah bersiaga sejak Oktober lalu dan telah menyiapkan fasilitas bawah tanah berbenteng tiga lantai untuk merawat pasien.

"Kami menunggu untuk melihat apa yang terjadi," kata David Ratner, juru bicara rumah sakit.

SISTEM PERINGATAN
Militer dalam keadaan siaga tinggi dan akhir pekan lalu mereka menambah sistem sirene serangan udara dan menyiarkan peringatan di seluruh negeri dengan menyertakan pesan teks waktu nyata yang akan dikirim ke penduduk di area yang menjadi sasaran.

Banyak dewan lokal telah menyarankan penduduk untuk mengurangi aktivitas yang tidak penting, tinggal di dekat area yang dilindungi, dan menghindari pertemuan besar.

Di Haifa, tempat perlindungan bom umum telah dilengkapi dengan sistem digital sehingga dapat dibuka dari jarak jauh selama serangan, kata Yair Zilberman, direktur departemen keamanan dan layanan darurat kota. Tempat perlindungan tersebut juga dilengkapi dengan generator.

Sejumlah tempat parkir bawah tanah telah disetujui sebagai tempat perlindungan sementara dengan ruang yang cukup untuk ribuan penduduk jika diperlukan, kata Zilberman.

Di kota Ramla di Israel bagian tengah, layanan ambulans nasional Magen David Adom (MDA) telah mengumpulkan sumbangan darah di pusat layanan bawah tanah, yang dilindungi dengan dinding beton ekstra tebal, pintu antiledakan, dan kunci udara.

"Kami mendapat ancaman dari Iran, kami mendapat ancaman dari Hizbullah," kata Aryeh Myers dari MDA. "Serangan roket besar-besaran, ancaman besar bagi negara Israel dan kami ingin memastikan bahwa kami siap menghadapi apa pun."

Kamis lalu, Kementerian Perlindungan Lingkungan mengadakan penilaian situasional untuk memutuskan cara terbaik melindungi pabrik dengan inventaris yang dapat berbahaya jika menjadi sasaran serangan rudal, atau cara menangani serangan terhadap gedung yang mengandung asbes.

Militer mengatakan Komando Front Dalam Negeri terus berhubungan dengan pabrik dan otoritas setempat untuk mempertahankan "gambaran lengkap tentang tingkat inventaris bahan berbahaya".

Bazan Group, yang beroperasi di Haifa, salah satu kilang minyak terbesar di Mediterania timur, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka "berusaha untuk menjaga keamanan energi dan keberlanjutan pasokan bahan bakar bagi perekonomian."

Penarikan tunai massal adalah skenario lain yang sedang dipersiapkan oleh otoritas. "Stok uang kertas dan koin di Bank Israel dan sistem perbankan akan, "menurut setiap ramalan yang terlihat, akan mencukupi," kata Bank Israel.

KEYWORD :

Israel Lebanon Rencana Konfrontasi Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :