Kamis, 19/09/2024 07:18 WIB

Hubungan Memburuk, Brasil dan Nikaragua Saling Usir Duta Besar

Hubungan Memburuk, Brasil dan Nikaragua Saling Usir Duta Besar

Presiden Nikaragua Daniel Ortega menghadiri KTT Alba, di Caracas, Venezuela, 24 April 2024. REUTERS

BRASILIA - Brasil dan Nikaragua saling mengusir duta besar pada hari Kamis sebagai balasan karena hubungan antara dua pemerintahan kiri yang sebelumnya bersekutu itu memburuk.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva memutuskan untuk mengusir duta besar Nikaragua di Brasilia setelah pemerintah Daniel Ortega memerintahkan utusan Brasil di Managua untuk meninggalkan negara itu, kata kepala staf Lula.

Pertengkaran itu mengonfirmasi hubungan yang memburuk antara Lula dari Brasil dan beberapa pemerintahan sayap kiri Amerika Latin lainnya yang meningkat dengan perpecahan atas pemilihan presiden Venezuela yang disengketakan. Lula mengkritik pemerintah Venezuela karena tidak merilis penghitungan suara.

"Dalam diplomasi ada timbal balik," kata Kepala Staf Rui Costa kepada wartawan. "Karena duta besar Brasil di sana diminta meninggalkan negara itu, timbal balik dalam kasus ini berarti duta besar di sini juga pergi."

Dia mengatakan Brasil menginginkan perdamaian dan hubungan baik dengan semua orang, tetapi tidak dapat menerima duta besarnya dilecehkan.

Diplomat Nikaragua Patricia Castro Matus diperintahkan meninggalkan Brasil karena pemerintahnya mengusir Duta Besar Brasil Breno de Souza da Costa setelah ancaman untuk melakukannya tiga minggu lalu, menurut seorang pejabat Brasil.

Wakil Presiden Nikaragua Rosario Murillo kemudian mengonfirmasi bahwa duta besar Brasil telah meninggalkan ibu kota Managua pada hari itu dan diplomat Nikaragua di Brasil akan kembali untuk menduduki jabatan di kementerian ekonomi negara Amerika Tengah itu.

Bulan lalu, duta besar Brasil membuat marah pemerintah Nikaragua karena tidak menghadiri perayaan ulang tahun ke-45 revolusi Sandinista, yang menyebabkan ancaman pengusiran dan pemutusan hubungan diplomatik, yang kini diperkirakan akan terjadi.

Hubungan antara Brasil dan Nikaragua telah memburuk sejak Lula mencoba menjadi perantara pembebasan uskup Katolik sekaligus kritikus vokal Ortega, Rolando Jose Alvarez, dari penjara tahun lalu atas permintaan Paus Fransiskus.

Lula baru-baru ini mengatakan kepada wartawan asing bahwa ia telah mencoba menelepon Ortega tahun lalu, setelah Paus memintanya untuk campur tangan, tetapi presiden Nikaragua tidak menerima panggilan tersebut.

Sejak itu, Kementerian Luar Negeri Brasil menjaga hubungan dengan Nikaragua seminimal mungkin, hanya untuk memenuhi kebutuhan warga Brasil di Managua.

KEYWORD :

Brasil Nikaragua Saling Usir Duta Besar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :