Selasa, 17/09/2024 01:51 WIB

Didesak Perbaharui Persenjataan untuk Hadapi Korut, Aliansi AS-Korsel Terancam

Didesak Perbaharui Persenjataan untuk Hadapi Korut, Aliansi AS-Korsel Terancam

Menteri Pertahanan Nasional Korea Selatan Shin Won-sik berbicara selama wawancara dengan Reuters di Seoul, Korea Selatan, 7 Agustus 2024. REUTERS

SEOUL - Korea Selatan dapat memutuskan aliansinya dengan AS dan mengejutkan pasar keuangan jika mulai membangun senjata nuklir, kata Menteri Pertahanan Shin Won-sik kepada Reuters. Dia menepis seruan domestik yang diperbarui agar negara itu memiliki persenjataan sendiri untuk menghalangi Korea Utara.

Negara tetangga Korea Utara dengan cepat memperluas kemampuan nuklir dan rudalnya. Oleh karennya, lebih banyak pejabat Korea Selatan dan anggota partai penguasa konservatif Presiden Yoon Suk Yeol menyerukan dalam beberapa bulan terakhir untuk mengembangkan senjata nuklir.

Prospek masa jabatan kedua bagi mantan Presiden AS Donald Trump, yang mengeluhkan biaya kehadiran militer AS di Korea Selatan dan meluncurkan pembicaraan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Korea Utara, telah semakin memicu perdebatan.

Namun Shin, mantan jenderal bintang tiga yang juga menjabat sebagai anggota parlemen di partai Yoon, mengatakan memiliki persenjataan nuklir dalam negeri berisiko menimbulkan dampak buruk pada posisi diplomatik dan ekonomi Korea Selatan. Pendapat itu, mirip dengan apa yang disebut analis sebagai Black Monday minggu ini untuk kerugian terburuk pasar saham sejak 2008.

"Anda akan menghadapi keretakan besar dalam aliansi AS, dan jika kita menarik diri dari perjanjian nonproliferasi nuklir, itu akan membawa berbagai hukuman, dimulai dengan guncangan langsung di pasar keuangan kita," katanya dalam sebuah wawancara.

Shin mengakui bahwa perdebatan di antara politisi dan pakar kebijakan luar negeri merupakan tanda bahwa banyak warga Korea Selatan masih merasa cemas tentang pencegahan yang diperluas oleh Amerika - kemampuan militer AS, khususnya kekuatan nuklirnya.

Namun, dorongan sekutu untuk memperkuat pencegahan tersebut merupakan cara "termudah, paling efektif, dan paling damai" untuk melawan ancaman Korea Utara, katanya.

PERGESERAN PARADIGMA
Persaingan strategis yang semakin intensif antara Amerika Serikat dan Tiongkok serta perang Ukraina telah memicu pergeseran besar dalam paradigma pasca-Perang Dingin, yang menempatkan Korea Selatan di dekat pusat kekacauan dan mempersulit perhitungannya, kata Shin.

"Bahkan di Asia Timur Laut, ada kekuatan yang secara terbuka berusaha mengubah status quo dengan kekerasan, dan kami berada di garis depan, yang terkena dampak langsung," kata Shin, saat berbicara di kantornya di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

Dengan meraih perjanjian kemitraan strategis dengan Rusia tahun ini, Korea Utara telah berubah dari "pengganggu di Asia menjadi penjahat global," sementara Moskow menodai prestise nasionalnya sendiri dengan "memohon bantuan" dari Pyongyang dan mengkhianati masyarakat internasional dengan perangnya melawan Ukraina, katanya.

Korea Selatan menanggapi dengan memperingatkan bahwa mereka dapat mempertimbangkan untuk mempersenjatai Ukraina dengan senjata mematikan, sebuah perubahan potensial dari kebijakannya yang berpegang pada bantuan kemanusiaan dan ekonomi, jika Rusia menyediakan teknologi senjata canggih bagi Korea Utara.

Shin mengatakan Korea Utara menerima bantuan Rusia dengan mesin roket yang digunakan dalam upaya yang gagal pada bulan Mei untuk meluncurkan satelit mata-mata.

Namun, ia tidak menganggap hal itu sebagai "garis merah," dan mengatakan bahwa ia lebih fokus pada transfer teknologi apa pun yang terkait dengan rudal balistik antarbenua dan senjata nuklir, serta senjata anti-udara, radar, tank, dan jet tempur.

Dari tahun lalu hingga 4 Agustus, Korea Utara telah mengirimkan lebih dari 12.000 kontainer ke Rusia, cukup untuk membawa sekitar 5,6 juta peluru artileri 152 mm, kata Shin. Jumlah sebenarnya akan bervariasi karena Korea Utara telah mengirim tiga atau empat jenis peluru dengan ukuran berbeda, termasuk roket, dan secara terpisah juga memasok lusinan rudal jarak pendek, katanya.

Sementara pemerintahan Yoon lebih terbuka dalam menggemakan seruan Washington bagi "negara-negara yang berpikiran sama" untuk bersatu dalam menghadapi ketegangan dengan Tiongkok dan Rusia, Shin mengatakan Korea Selatan belum membahas untuk bergabung dengan sekutu dan mitra AS lainnya dalam latihan angkatan laut di Laut Cina Selatan, tempat Beijing telah bentrok dengan negara-negara tetangga atas klaim maritim.

KETEGANGAN DI PERBATASAN KOREA
Ketegangan antara kedua negara tetangga telah berkobar dalam beberapa minggu terakhir, setelah Korea Utara menerbangkan ribuan balon berisi sampah sebagai protes terhadap aktivis Korea Selatan yang mengirim selebaran anti-Pyongyang.

Seoul melanjutkan siaran pengeras suaranya di dekat perbatasan untuk pertama kalinya pada tahun 2018, menyiarkan berita dan musik K-pop, yang disebut Shin sebagai bentuk perang psikologis yang "efektif dan menyengat".

Di antara berita baru yang ditambahkan adalah pembelotan mengejutkan Ri Il Gyu, yang bekerja sebagai diplomat senior Korea Utara yang berbasis di Kuba, dan partisipasi Jin, anggota supergrup K-pop BTS, dalam obor Olimpiade Paris.

"Saya memahami bahwa Korea Utara telah berjuang untuk memblokir popularitas BTS karena ada kegilaan di kalangan anak muda yang meniru tarian mereka," kata Shin, menolak untuk mengidentifikasi sumber informasi tersebut.

"Kampanye pengeras suara akan berdampak jangka panjang sebagai katalis utama dalam mendorong perubahan dalam masyarakat, dan berpotensi memberikan momentum bagi denuklirisasi Korea Utara jika kita bekerja lebih banyak dengan komunitas internasional."

KEYWORD :

Korea Utara Senjata Nuklir Amerika Korsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :