Selasa, 17/09/2024 02:06 WIB

Terbang Berputar sebelum Jatuh di Permukiman, Seisi Pesawat Tewas di Brasil

Terbang Berputar sebelum Jatuh di Permukiman, Seisi Pesawat Tewas di Brasil

Pihak berwenang tiba di lokasi jatuhnya pesawat turboprop di Vinhedo, Brasil, 9 Agustus 2024. REUTERS

SAO PAULO - Sebuah pesawat turboprop regional jatuh dan mengalami apa yang disebut para ahli penerbangan sebagai putaran datar sebelum jatuh di lingkungan permukiman dekat Sao Paulo di Brasil pada hari Jumat. Kecelakaan itu menewaskan 61 orang di dalamnya.

Maskapai penerbangan regional Voepass mengatakan pesawat itu, yang menuju bandara internasional Sao Paulo, lepas landas dari Cascavel, di negara bagian Parana, dan jatuh sekitar pukul 1:30 siang (1630 GMT) di kota Vinhedo, sekitar 80 km (50 mil) barat laut Sao Paulo.

Video yang dibagikan di media sosial menunjukkan pesawat ATR-72 berputar di luar kendali saat jatuh di balik sekelompok pohon di dekat rumah-rumah, diikuti oleh gumpalan asap hitam yang besar.

Warga sekitar Daniel de Lima mengatakan ia mendengar suara keras sebelum melihat ke luar kondominiumnya di Vinhedo dan melihat pesawat itu berputar secara horizontal.

"Pesawat itu berputar, tetapi tidak bergerak maju," katanya kepada Reuters. "Tak lama kemudian, pesawat itu jatuh dari langit dan meledak."

Pejabat kota di Valinhos, dekat Vinhedo, mengatakan sebuah rumah di kompleks kondominium setempat telah rusak setelah pesawat itu jatuh ke halaman belakangnya. Tak seorang pun warga yang terluka.

"Saya hampir yakin pilot itu mencoba menghindari lingkungan sekitar, yang padat penduduk," kata de Lima.

Gerakan berputar terakhir pesawat yang tidak biasa sebelum menyentuh tanah memicu rasa ingin tahu yang luas di antara para ahli penerbangan. Hal itu menyebabkan beberapa orang berspekulasi bahwa es telah terbentuk di pesawat atau pesawat itu mengalami kerusakan mesin. Tetapi para penyelidik mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

"Hari ini diperkirakan ada es (di ketinggian tempat pesawat itu terbang), tetapi dalam kisaran yang dapat diterima," kata Kepala Operasional Voepass Marcel Moura dalam konferensi pers.

"Namun pesawat itu sensitif terhadap es, itu bisa menjadi titik awal," kata Moura, seraya menambahkan sistem antibeku pesawat, bersama dengan semua sistem lainnya, telah dianggap beroperasi sebelum lepas landas.

Insinyur penerbangan Brasil dan penyelidik kecelakaan Celso Faria de Souza mengatakan kepada Reuters bahwa penumpukan es dapat menyebabkan pesawat mogok dan berputar seperti itu.

Sebuah ATR-72 jatuh pada tahun 1994 di Indiana, menewaskan 68 orang, setelah pesawat tidak dapat miring karena penumpukan es. ATR-72 lainnya mogok pada tahun 2016 di Norwegia setelah es menumpuk di pesawat, tetapi pilot berhasil mendapatkan kembali kendali atas pesawat.

Sebuah ATR-27 juga jatuh di Nepal pada tahun 2023, dengan laporan akhir yang mengaitkan kesalahan pilot.

Kepala pusat investigasi kecelakaan penerbangan Brasil Cenipa mengatakan apa yang disebut "kotak hitam" pesawat yang berisi rekaman suara dan data penerbangan telah ditemukan dari lokasi tersebut.

Pakar keselamatan penerbangan AS Anthony Brickhouse mengatakan para penyelidik akan melihat hal-hal seperti cuaca dan apakah mesin dan kontrol berfungsi dengan baik sebelum kecelakaan.

"Dari apa yang saya lihat, itu jelas apa yang kami sebut kehilangan kendali," katanya.

Konsultan keselamatan penerbangan AS dan mantan pilot komersial John Cox mengatakan data Flightradar menunjukkan perubahan kecepatan yang signifikan sebelum kecelakaan, memperingatkan bahwa ia ingin memverifikasi data tersebut tetapi ada sesuatu yang "sangat signifikan" terjadi yang menyebabkan pesawat berputar saat jatuh.

"Tampaknya ada beberapa peristiwa bencana sebelum kehilangan kendali itu," katanya.

Pimpinan Cenipa Marcelo Moreno mengatakan dalam konferensi pers bahwa laporan awal menunjukkan pesawat tidak menghubungi kontrol lalu lintas untuk melaporkan keadaan darurat.

Voepass, maskapai penerbangan terbesar keempat di Brasil berdasarkan pangsa pasar, awalnya melaporkan 62 orang di dalam pesawat tersebut. Media lokal Globo News mewawancarai dua orang yang mengatakan mereka ketinggalan pesawat.

Secara total, pesawat itu membawa 57 penumpang dan empat awak, kata Voepass. Semuanya membawa dokumen yang dikeluarkan Brasil, maskapai itu melaporkan.

Beberapa penumpang adalah dokter dari Parana yang akan menghadiri seminar, Gubernur Ratinho Junior mengatakan kepada wartawan.

"Mereka adalah orang-orang yang terbiasa menyelamatkan nyawa, dan sekarang mereka kehilangan nyawa mereka dalam keadaan yang tragis seperti itu," katanya.

ATR Prancis-Italia, yang dimiliki bersama oleh Airbus (AIR.PA), dan Leonardo (LDOF.MI), adalah produsen utama pesawat turboprop regional dengan tempat duduk 40 hingga 70 orang.

ATR mengatakan kepada Reuters bahwa spesialisnya "terlibat penuh" dalam penyelidikan kecelakaan dan pelanggannya. Motor pada pesawat itu adalah PW 127 yang diproduksi oleh Pratt & Whitney Canada, perusahaan induknya RTX Corp (RTX.N), sebagaimana dikonfirmasi Reuters. RTX mengatakan bahwa mereka telah menawarkan bantuan dalam penyelidikan tersebut.

Penyidik Prancis dan Kanada akan berpartisipasi dalam penyelidikan tersebut, kata Moreno. Regulator keselamatan Eropa juga mengatakan akan menawarkan bantuan teknis Bantuan teknis.

Kecelakaan ini merupakan kecelakaan paling mematikan di Brasil sejak 199 orang tewas pada tahun 2007 dalam penerbangan yang dioperasikan oleh TAM, yang kemudian bergabung dengan LAN dan menjadi maskapai yang sekarang bernama LATAM Airlines.

KEYWORD :

Kecelakaan Pesawat Sao Paulo Brasil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :