Jum'at, 18/10/2024 15:29 WIB

Berdalih Targetkan Militan Hamas, Israel Serang Sekolah di Gaza 100 Orang Tewas

Berdalih Targetkan Militan Hamas, Israel Serang Sekolah di Gaza 100 Orang Tewas

Warga Palestina memeriksa lokasi serangan Israel terhadap sekolah yang menampung orang-orang terlantar, di Kota Gaza, 10 Agustus 2024. REUTERS

KAIRO - Serangan udara Israel terhadap kompleks sekolah Gaza yang menampung keluarga-keluarga terlantar menewaskan sekitar 100 orang, kata pemerintah Gaza yang dipimpin Hamas pada hari Sabtu. Serangan ini menurut militer Israel menargetkan militan Hamas dan Jihad Islam yang beroperasi di sana.

Video dari lokasi tersebut memperlihatkan potongan-potongan tubuh berserakan di tanah dan lebih banyak lagi tubuh yang dibawa pergi dan ditutupi selimut di lantai. Kaleng-kaleng makanan kosong tergeletak di genangan darah dan kasur yang terbakar serta boneka anak-anak di antara puing-puing.

Kantor media yang dikelola Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu terjadi ketika orang-orang yang berlindung di sekolah tersebut sedang melaksanakan salat subuh, yang mengakibatkan banyak korban.

"Sejauh ini, ada lebih dari 93 martir, termasuk 11 anak-anak dan enam wanita. Ada jenazah yang tidak teridentifikasi," kata juru bicara Pertahanan Sipil Palestina, Mahmoud Bassal, dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan televisi.

Sekitar 6.000 orang telah berlindung di kompleks itu, katanya. Kementerian kesehatan Gaza sejauh ini belum memberikan rincian korban.

Dalam sebuah pernyataan dalam bahasa Ibrani, militer Israel mengatakan jumlah korban tewas dilebih-lebihkan. Dikatakan sekitar 20 militan Hamas dan Jihad Islam beroperasi di lokasi tersebut.

"Kompleks tersebut, dan masjid yang diserang di dalamnya, berfungsi sebagai fasilitas militer Hamas dan Jihad Islam yang aktif," kata Letnan Kolonel Nadav Shoshani di X.

"Menurut tinjauan awal, angka-angka yang dipublikasikan oleh Kantor Informasi Pemerintah yang dikelola Hamas di Gaza, tidak sesuai dengan informasi yang dimiliki oleh IDF (Pasukan Pertahanan Israel), amunisi yang digunakan, dan keakuratan serangan," kata Shoshani.

Israel mengatakan kelompok militan Palestina menyusup di antara warga sipil Gaza, beroperasi dari dalam sekolah, rumah sakit, dan zona kemanusiaan yang ditunjuk - yang dibantah Hamas dan sekutunya.

Hamas mengatakan serangan itu adalah kejahatan yang mengerikan dan eskalasi yang serius. Izzat El-Reshiq, anggota kantor politik Hamas, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa yang tewas tidak termasuk "satu pun pejuang."

Puluhan ribu warga Palestina yang mengungsi telah mencari perlindungan di sekolah-sekolah Gaza, yang sebagian besar telah berhenti beroperasi sejak dimulainya perang 10 bulan lalu.

Juru bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Nabil Abu Rudeineh, mendesak sekutu Israel, Washington, untuk mengakhiri "dukungan membabi buta yang menyebabkan terbunuhnya ribuan warga sipil tak berdosa, termasuk anak-anak, wanita, dan orang tua."

Kementerian luar negeri Mesir juga mengutuk serangan itu, yang terjadi saat para mediator berusaha melanjutkan perundingan gencatan senjata, dan mengatakan bahwa tewasnya warga sipil Gaza menunjukkan Israel tidak berniat mengakhiri perang.

Mesir, Amerika Serikat, dan Qatar telah menjadwalkan putaran baru perundingan gencatan senjata pada hari Kamis, karena kekhawatiran akan konflik yang lebih luas, yang melibatkan Iran dan sekutunya di Lebanon, Hizbullah, semakin meningkat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang mengatakan bahwa ia tidak akan mengakhiri perang sampai Hamas tidak lagi menjadi ancaman bagi Israel, mengatakan bahwa sebuah delegasi akan dikirim ke perundingan pada tanggal 15 Agustus.

Seorang pejabat Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok itu sedang mempelajari tawaran baru untuk perundingan tersebut tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :