Selasa, 17/09/2024 02:13 WIB

Kemdikbudristek Dorong Satuan Pendidikan Terapkan Lima Sehat

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mendorong satuan pendidikan untuk menerapkan lima sehat secara masif dan berkelanjutan.

Plt Direktur SMP Kemdikbudristek, I Nyoman Rudi Kurniawan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mendorong satuan pendidikan untuk menerapkan lima sehat secara masif dan berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Plt Direktur Sekolah Menengah Pertama Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen), I Nyiman Rudi Kurniawan dalam kegiatan Festival Jalan Sehat dan Sarapan Bergizi di Jakarta pada Minggu (11/8).

Acara ini diikuti ratusan peserta didik dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan SKB/PKBM, orang tua peserta didik, serta para guru di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

"Harapan kami, satuan pendidikan dapat mengimplementasikan 5 Sehat secara masif dan berkelanjutan. Untuk itu, perlu adanya upaya yang dilakukan secara terus menerus untuk mengkampanyekan Gerakan Sekolah Sehat kepada seluruh pemangku kepentingan, seperti melalui kegiatan ini," kata Nyoman.

Konsep lima sehat di satuan pendidikan yakni sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa dan sehat lingkungan..

Sebelum melaksanakan kegiatan jalan sehat, peserta bersama-sama melakukan Senam Sekolah Sehat dan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Kegiatan jalan sehat dilaksanakan dengan rute mulai dari Gedung A Kemdikbudristek, Jalan Jenderal Sudirman, Bendungan Hilir, Patung Pemuda Membangun, lalu kembali ke Gedung A. Setelah itu, peserta diajak sarapan bersama.

Dalam kesempatan yang sama, peserta juga merasakan kemeriahan lomba permainan tradisional, seperti ular naga panjang, engklek, patheng dudu, babalonan sarung, gelindingan, egrang batok, lari balok, bakiak, balap karung, dan kukgeru.

Melalui nilai-nilai permainan ini, peserta didik diharapkan dapat membiasakan diri dengan permainan yang melibatkan aktivitas fisik, sembari melestarikan budaya tradisional yang kaya akan nilai sejarah dan kebersamaan.

"Alhamdulillah, karena selain mengenalkan sekolah sehat, jiwa dan fisik kita juga harus kuat. Kegiatan hari ini sangat bagus sekali," ujar Ulfa, salah satu peserta, menanggapi kegiatan hari ini.

Untuk menerapkan Sehat Bergizi, juga diselenggarakan Lomba Masak Bekal Makanan Sehat dan Menu Kantin Sehat yang diikuti oleh perwakilan orang tua peserta didik. Lomba ini bertujuan untuk mendorong para orang tua dan warga sekolah agar lebih kreatif dalam menyiapkan bekal dan menyediakan menu makanan kantin yang sehat, bergizi, dan menarik bagi anak-anak. Hasilnya diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan warga sekolah lainnya dalam menyusun menu sehat sehari-hari.

KEYWORD :

Lima Sehat Kemdikbudristek I Nyoman Rudi Kurniawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :