Rabu, 11/09/2024 00:20 WIB

Putranya Sebut Hasina Tidak Mundur sebagai PM Bangladesh sebelum Melarikan Diri

Putranya Sebut Hasina Tidak Mundur sebagai PM Bangladesh sebelum Melarikan Diri

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina meninjau barisan kehormatan di Gedung Pemerintah, di Bangkok, Thailand, 26 April 2024. REUTERS

NEW DELHI - Pemimpin lama Bangladesh Sheikh Hasina belum mengundurkan diri sebagai perdana menteri sebelum melarikan diri minggu ini ke India. Saat itu pengunjuk rasa antipemerintah berbaris di kediaman resminya, kata putra dan penasihatnya kepada Reuters pada Sabtu dini hari.

Hasina berlindung di New Delhi sejak Senin setelah pemberontakan yang menewaskan sekitar 300 orang, banyak di antaranya pelajar. Dia mengakhiri kekuasaannya yang tak terputus selama 15 tahun di negara berpenduduk 170 juta orang itu.

"Ibu saya tidak pernah mengundurkan diri secara resmi. Ia tidak punya waktu," kata putra Hasina, Sajeeb Wazed, kepada Reuters dari Washington.

"Ia telah berencana untuk membuat pernyataan dan mengajukan pengunduran dirinya. Namun, para pengunjuk rasa mulai berbaris menuju kediaman perdana menteri. Dan tidak ada waktu. Ibu saya bahkan tidak berkemas. Sejauh menyangkut konstitusi, ia masih perdana menteri Bangladesh."

Ia mengatakan meskipun presiden telah membubarkan parlemen setelah berkonsultasi dengan para panglima militer dan politisi oposisi, pembentukan pemerintahan sementara tanpa perdana menteri benar-benar mengundurkan diri secara resmi "dapat digugat di pengadilan".

Wazed juga mengatakan partai Liga Awami milik Hasina akan mengikuti pemilihan umum berikutnya, yang menurutnya harus diadakan dalam waktu tiga bulan.

"Saya yakin Liga Awami akan berkuasa. Jika tidak, kami akan menjadi oposisi. Apa pun pilihannya," katanya.

Dia mengatakan bahwa dia merasa terdorong oleh pernyataan terbaru dari Khaleda Zia, kepala oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) dan musuh Hasina, bahwa tidak boleh ada balas dendam setelah Hasina melarikan diri.

"Saya sangat senang mendengar pernyataan Ibu Khaleda Zia bahwa masa lalu biarlah berlalu," kata Wazed. "Mari kita lupakan masa lalu. Jangan kita mengejar politik balas dendam. Kita harus bekerja sama, baik itu pemerintahan persatuan atau tidak."

Dia mengatakan bahwa dia "bersedia bekerja sama dengan BNP ... untuk menyelenggarakan pemilihan umum yang demokratis di Bangladesh dan memulihkan demokrasi serta bekerja sama dengan mereka untuk memastikan bahwa ke depannya, kita memiliki demokrasi yang damai di mana akan ada pemilihan umum yang bebas dan adil".

"Saya percaya bahwa politik dan negosiasi sangat penting," katanya. "Kita bisa berdebat. Kita bisa sepakat untuk tidak setuju. Dan kita selalu dapat menemukan kompromi."

Ketika ditanya apakah ia akan menjadi kandidat perdana menteri Liga Awami, ia berkata: "Ibu saya memang akan pensiun setelah masa jabatan ini. Jika partai menginginkan saya, mungkin. Saya pasti akan mempertimbangkannya."

Ia mengatakan ibunya siap menghadapi persidangan di kampung halamannya, seperti yang dituntut oleh para mahasiswa yang memimpin pemberontakan. "Ancaman penangkapan tidak pernah membuat ibu saya takut sebelumnya," katanya.

"Ibu saya tidak melakukan kesalahan apa pun. Hanya karena orang-orang di pemerintahannya melakukan hal-hal ilegal, bukan berarti ibu saya memerintahkannya. Itu tidak berarti ibu saya bertanggung jawab atas hal itu."

Ia tidak mengatakan siapa di pemerintahan yang bertanggung jawab atas penembakan terhadap orang-orang selama protes. "Pemerintah adalah mesin yang sangat besar," kata Wazed.

"Mereka yang bertanggung jawab, mereka harus diadili. Ibu saya sama sekali tidak memerintahkan siapa pun untuk melakukan kekerasan terhadap para pengunjuk rasa. Polisi berusaha menghentikan kekerasan, tetapi beberapa petugas polisi menggunakan kekerasan yang berlebihan."

"Pemerintah kami segera, dan saya menjadi bagian dari percakapan itu, saya juga memberi tahu ibu saya, kami perlu segera memberi tahu (sayap mahasiswa kami) untuk tidak menyerang, menghentikan kekerasan," katanya.

"Kami menangguhkan petugas polisi yang menembaki mahasiswa. Kami melakukan semua yang kami bisa."
Dia mengatakan akan pulang kapan pun dia mau.

"Saya tidak pernah melakukan sesuatu yang ilegal. Jadi, bagaimana orang akan menghentikan saya?" katanya. "Partai-partai politik tidak akan ke mana-mana. Anda tidak dapat menyingkirkan kami. Tanpa bantuan kami, tanpa pendukung kami, Anda tidak akan dapat membawa stabilitas ke Bangladesh."

KEYWORD :

Bangladesh Pemerintahan Sementara Perdana Menteri Mundur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :