Rabu, 18/09/2024 14:55 WIB

Melanggar HAM Warga Palestina di Tepi Barat, Unit Militer Israel Tetap Dapat Bantuan AS

Melanggar HAM Warga Palestina di Tepi Barat, Unit Militer Israel Tetap Dapat Bantuan AS

Mobil jip militer Israel melaju di jalan di Tepi Barat yang diduduki Israel 3 Juli 2023 REUTERS

WASHINGTON - Sebuah unit militer Israel yang dituduh menganiaya warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki telah menangani pelanggaran hak asasi dalam jajarannya. Mereka pun diizinkan untuk terus menerima bantuan militer AS, kata Departemen Luar Negeri pada hari Jumat setelah penyelidikan.

Washington menyerukan penyelidikan setelah tentara Israel dari unit Netzah Yehuda dituduh terlibat dalam kematian warga Amerika-Palestina berusia 78 tahun, Omar Assad, pada tahun 2022, yang meninggal karena serangan jantung setelah ditahan di Tepi Barat.

Jasad Assad ditemukan terlantar di sebuah lokasi pembangunan, dengan tali pengikat plastik di salah satu pergelangan tangannya.

Militer Israel mengatakan tentara menyumpal Assad untuk sementara waktu - yang memiliki riwayat masalah jantung - dengan kain kasa dan memborgol tangannya dengan tali pengikat karena ia menolak bekerja sama.

Komandan batalion Netzah Yehuda ditegur dan dua perwira dipecat, tetapi jaksa militer Israel memutuskan untuk tidak mengajukan tuntutan pidana karena mereka mengatakan tidak ada hubungan antara kesalahan yang dilakukan tentara dan kematian Assad.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan departemen tersebut pada bulan April menyimpulkan bahwa empat unit Israel selain Netzah Yehuda telah memperbaiki pelanggaran dalam jajaran mereka.

Departemen tersebut telah melanjutkan peninjauannya terhadap Netzah Yehuda untuk mengevaluasi informasi baru yang diberikan oleh pemerintah Israel, kata Miller.

"Setelah meninjau informasi tersebut secara menyeluruh, kami telah menetapkan bahwa pelanggaran oleh unit ini juga telah diperbaiki secara efektif," kata Miller.

"Sesuai dengan proses Leahy, unit ini dapat terus menerima bantuan keamanan dari Amerika Serikat."

Undang-Undang Leahy, yang disusun oleh Senator AS Patrick Leahy pada akhir tahun 1990-an, melarang pemberian bantuan militer kepada individu atau unit pasukan keamanan yang melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia dan belum diadili.

Media Israel sebelumnya telah melaporkan bahwa Washington akan menjatuhkan sanksi kepada Netzah Yehuda atas perlakuannya terhadap warga Palestina. Miller tidak menyebutkan adanya pertimbangan sanksi.

Laporan tentang potensi sanksi memicu kemarahan dari para pemimpin Israel termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang mengatakan bahwa ia akan melawannya "dengan sekuat tenaga."

Batalyon Netzah Yehuda dibentuk pada tahun 1999 untuk mengakomodasi kepercayaan agama kaum Yahudi ultra-Ortodoks dan rekrutan nasionalis religius lainnya di ketentaraan.

Palestina telah menyatakan skeptisisme bahwa AS akan mengambil tindakan apa pun terhadap batalion tersebut, dan apakah sanksi potensial akan berdampak pada perilaku militer.

KEYWORD :

Amerika Israel Bantuan Dana Belanja Senjata Militer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :