Kamis, 03/10/2024 18:18 WIB

Celine Dion tak Izinkan Lagu `My Heart Will Go On` Dipakai untuk Kampanye Donald Trump

Celine Dion tak Izinkan Lagu `My Heart Will Go On` Dipakai untuk Kampanye Donald Trump

Celine Dion tak Izinkan Lagu `My Heart Will Go On` Dipakai untuk Kampanye Donald Trump. (FOTO: IOC VIA GETTY IMAGE)

JAKARTA - Tim Celine Dion mengemukakan pendapatnya yang menentang Donald Trump dengan menggunakan salah satu lagunya yang paling terkenal pada rapat umum kampanye di Montana.

Selama rapat umum Donald Trump dan pasangan calon wakil presidennya JD Vance di Bozeman pada hari Jumat (9/8/2024), penyelenggara acara memutar video Celine Dion membawakan "My Heart Will Go On," lagu hitnya tahun 1997 dari soundtrack Titanic, menurut NBC News.

Dalam pesan yang dibagikan ke akun Celine Dion X (sebelumnya Twitter) pada Sabtu (10/8/2024), tim penyanyi tersebut menanggapi penggunaan lagu tersebut oleh kampanye tersebut.

"Hari ini, tim manajemen Celine Dion dan label rekamannya, Sony Music Entertainment Canada Inc., menyadari adanya penggunaan video, rekaman, pertunjukan musik, dan gambar Celine Dion yang menyanyikan `My Heart Will Go On` tanpa izin di sebuah rapat umum kampanye Donald Trump/JD Vance di Montana," bunyi pernyataan tersebut.

"Penggunaan ini sama sekali tidak diizinkan, dan Celine Dion tidak mendukung penggunaan ini atau penggunaan serupa lainnya," pernyataan itu menambahkan, diakhiri dengan pertanyaan untuk kampanye Trump: "...Dan sungguh, lagu ITU?"

Celine Dion sebelumnya menolak permintaan Donald Trump agar dia tampil di pelantikan presiden tahun 2017.

Ini bukan pertama kalinya artis musik menolak penggunaan musik mereka oleh Donald Trump.

Selama kampanye pemilihan kembali mantan presiden tersebut pada tahun 2020, John Fogerty dari Creedence Clearwater Revival mengeluarkan surat perintah penghentian kepada Donald Trump setelah ia menggunakan lagu band tersebut "Fortunate Son" di acara kampanye, menurut Rolling Stone.

"Saya menulis lagu ini karena, sebagai seorang veteran, saya merasa muak bahwa beberapa orang dibiarkan dikecualikan dari tugas negara karena mereka memiliki akses ke hak istimewa politik dan keuangan. Saya juga menulis tentang orang-orang kaya yang tidak membayar pajak secara adil," tulis Fogerty saat itu.

"Tuan Donald Trump adalah contoh utama dari kedua masalah ini. Fakta bahwa Tuan Donald Trump juga mengobarkan api kebencian, rasisme, dan ketakutan sambil menulis ulang sejarah terkini, semakin membuat kita khawatir dengan penggunaan lagu saya."

Pada tahun yang sama, Consequence of Sound melaporkan bahwa tim Phil Collins juga mengirim tuntutan kepada kampanye Donald Trump untuk berhenti menggunakan "In the Air Tonight" setelah lagu itu dimainkan di rapat umum Iowa.

Penggunaan lagu tersebut "sangat tidak pantas karena tampaknya dimaksudkan sebagai referensi satir terhadap Covid-19," tulis pengacara Phil Collins saat itu.

"Referensi itu dibuat pada saat Iowa mengalami percepatan infeksi Covid-19. Tn. Phil Collins tidak membenarkan penyepelean Covid-19 yang tampak jelas."

Associated Press sebelumnya melaporkan bahwa lebih banyak lagi artis — dan ahli waris beberapa musisi yang telah meninggal — telah menolak penggunaan musik mereka oleh Donald Trump, termasuk Bruce Springsteen, yang menolak penggunaan "Born in the USA" pada tahun 2016, Neil Young, keluarga Tom Petty, ahli waris Leonard Cohen, dan The Rolling Stones. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Musik Celine Dion Donald Trump My Heart kampanye




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :