Kamis, 19/09/2024 08:13 WIB

Ratcliffe Bongkar Penyebab MU "Tersesat" pasca Era Ferguson

Pemilik saham minoritas Manchester United (MU) Sir Jim Ratcliffe, membongkar penyebab kejatuhan Setan Merah pasca ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson pada 2013 silam.

Skuat Manchester United (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Pemilik saham minoritas Manchester United (MU) Sir Jim Ratcliffe, membongkar penyebab kejatuhan Setan Merah pasca ditinggalkan oleh Sir Alex Ferguson pada 2013 silam.

Sejak Ferguson yang sukses mengantarkan MU meraih berbagai gelar kejuaraan hengkang dari Old Trafford, MU tak lagi mendominasi. Bahkan, terjadi gonta-ganti manajer dengan dampak yang tidak signifikan.

Ratcliffe mengatakan, penyebab kejatuhan MU bukan hanya karena kepergian Ferguson. Pada saat yang sama, direktur pelaksana MU, David Gill, juga ikut hengkang, sehingga meninggalkan kekosongan di tim.

"Alex Ferguson dan David Gill keluar pada waktu yang sama, 11 tahun yang lalu. Hingga saat itu, keduanya mengelola sisi olahraga klub dan keluarga Glazer mengelola sisi komersial dengan sangat baik. Lalu tiba-tiba terjadi kekosongan ini," kata Ratcliffe dikutip dari Goal pada Senin (12/8).

"Jelas kehilangan arah. Maksud saya, hasilnya berbicara sendiri. Dalam sepuluh atau sebelas tahun terakhir, seharusnya klub itu menjadi pesaing untuk Liga Primer dan Liga Champions setiap tahun, tetapi itu tidak terjadi sama sekali," dia menambahkan.

Oleh karena itu, pemilik INEOS tersebut saat ini berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan MU. Dia menargetkan Setan Merah mampu mencapai babak delapan besar di Eropa.

"Sekarang, jika kami tidak dapat melakukan itu, maka kami tidak akan berhasil," ujar dia.

Untuk kembali ke jalur juara, Ratcliffe tampaknya akan menempuh jalan panjang. Meski terbilang aktif di bursa transfer, MU masih menahan diri untuk tidak membayar lebih untuk membawa Joao Neves dan Manuel Ugarte.

KEYWORD :

Manchester United Sir Jim Ratcliffe Alex Ferguson




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :