Rabu, 11/09/2024 00:18 WIB

APBN dan APBD Berperan Penting bagi Perekonomian

Jajaran Kemenkeu harus memahami APBN dan APBD untuk berada dalam frekuensi yang sama dalam memahami amanah pengelolaan keuangan negara

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) berperan sangat penting bagi perekonomian.

Olehnya, perlu banyak ahli ikut meneliti dan mengevaluasi detail bagaimana APBN dan APBD berfungsi dan memberi dampak ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

“Kita perlu memahami instrumen (APBN) yang sudah diamanahkan oleh negara untuk dikelola,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus memahami APBN dan APBD untuk berada dalam frekuensi yang sama dalam memahami amanah pengelolaan keuangan negara.

Kemenkeu membentuk jaringan local and Rregional experts dan membangun forum regional chief economist (RCE) di setiap kantor wilayah Kemenkeu. Semakin banyak masyarakat dan pemangku kepentingan memahami APBN dan APBD, maka akan semakin banyak yang ikut mengawal dan menjaga keuangan negara untuk mencapai tujuan bangsa.

“Ini juga merupakan upaya Kemenkeu untuk mendorong kualitas debat publik dan kualitas check and balance dalam sistem demokrasi kita dan mendorong serta membangun kultur akuntabilitas publik yang sehat dan kuat,” kata dia.

RCE Forum menjadi ajang bagi RCE dalam hal ini kantor wilayah Direktoran Jenderal (Ditjen) Perhendaraa, para regional experts dan local experts, serta para kepala perwakilan Kementerian Keuangan di daerah untuk membangun sinergi dalam keselarasan komunikasi kebijakan fiskal pusat dan daerah.

Para regional experts dan local Experts adalah akademisi dan praktisi dari perguruan tinggi dengan kompetensi, kepakaran, atau keahlian di bidang ekonomi dan fiskal yang telah dikukuhkan oleh Kementerian Keuangan sebagai mitra yang bertugas mengoordinasikan kegiatan perumusan analisis dan rekomendasi pada regional untuk mendukung pelaksanaan RCE.

KEYWORD :

Sri Mulyani APBN APBD Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :