Rabu, 11/09/2024 00:15 WIB

Gus Halim Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi Embung di IKN

Gus Halim Dampingi Presiden Jokowi Kunjungi Embung di IKN

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu Embung MBH di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Foto: Humas Kemendes PDTT)

Penajam Paser Utara, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu Embung MBH di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Embung ini akan menjadi salah satu sarana untuk tetap mempertahankan kualitas udara di IKN. Terbukti dalam kunjungan tersebut, indeks kualitas udara setempat ada di angka 6, jauh dibandingkan Jakarta maupun ibu kota negara lainnya.

"Tadi kita cek untuk air quality indeksnya 6 padahal maksimal itu 50 di ibu kota negara lain misalnya di Singapura 53," kata Presiden Jokowi saat berkunjung ke salah satu embung di IKN, Senin (12/8/2024).

"Di sini memang udaranya sangat segar, fresh dan bersih dan itu bagus untuk kesehatan untuk usia," imbuhnya.

Sejauh ini sudah ada lebih dari 30 embung yang dibangun di IKN yang menjadi bagian dari area Sumbu Kebangsaan dekat dengan Istana Negara dan Istana Garuda.

Daya tampungnya mencapai 66.000 m3 dilengkapi dengan pedestrian, amphiteater, jogging track, hingga ruang publik.

Salah satu tujuan utama adanya embung yakni untuk konservasi air serta sejalan dengan konsep smart forest city yang mempertahankan 70 persen area hijau tak terbangun.

Selain mengunjungi embung, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma`ruf Amin didampingi para Menteri Kabinet Indonesia Maju juga menggelar Sidang Kabinet di Istana Garuda.

Ini menjadi kali perdana rapat terbatas diadakan di istana baru yang berlokasi di IKN.

Berikutnya acara akan dilanjutkan dengan groundbreaking dengan beberapa pihak serta peninjauan ke hunian ASN yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Tak hanya itu, pengukuhan Paskibra serta gladi bersih upacara HUT ke-79 RI juga dilangsungkan di hari-hari berikutnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Halim Presiden Jokowi Embung MBH Ibu Kota Nusantara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :