Rabu, 11/09/2024 00:20 WIB

Ketua DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Fasilitas Olahraga untuk Atlet Indonesia

Perbaikan dan peningkatan fasilitas olahraga untuk para atlet harus menjadi perhatian. Selain itu juga tingkatkan pembinaan para atlet, mulai dari daerah-daerah agar kita dapat mencetak atlet-atlet andal berprestasi demi kemajuan iklim olahraga Indonesia.

Ketua DPR, Puan Maharani

 

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar segera meningkatkan sistem pengembangan atlet demi kemajuan olahraga nasional.

Peningkatan sistem ini, menurutnya, perlu diimplementasikan terutama cabor-cabor prioritas yang menjadi unggulan Indonesia.

"Perbaikan dan peningkatan fasilitas olahraga untuk para atlet harus menjadi perhatian. Selain itu juga tingkatkan pembinaan para atlet, mulai dari daerah-daerah agar kita dapat mencetak atlet-atlet andal berprestasi demi kemajuan iklim olahraga Indonesia," tutur Puan dalam keterangan resminya, Senin (12/8).

Di sisi lain, dirinya menyoroti soal Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Perlu diketahui, Undang-Undang (UU) Keolahragaan sendiri telah mengamanatkan DBON untuk diimplementasikan untuk memajukan dunia olahraga Indonesia. Sebab itu, DBON menjadi acuan dalam pengembangan olahraga nasional dalam pelaksanaannya.

Kendati pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON, dunia olahraga Tanah Air dinilai masih membutuhkan berbagai fasilitas penunjang bagi atlet khususnya untuk pembibitan atlet dari tingkat daerah. Puan memastikan, DPR akan terus mendukung kemajuan olahraga Tanah Air sesuai fungsi dan kewenangan dewan.

Apalagi Olimpiade Paris 2024 telah memperlihatkan Indonesia mempunyai potensi cabor-cabor unggulan, selain bulutangkis. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya negara menjamin kesejahteraan para atlet sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Terima kasih untuk semua, dan apresiasi tinggi bagi seluruh Kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris. Maju terus dunia olahraga Indonesia”

“Dengan dukungan dari negara dan seluruh masyarakat, saya yakin ke depan Indonesia akan terus menggebrak kompetisi-kompetisi olahraga internasional karena kita punya banyak atlet-atlet berpotensi dari berbagai cabang olahraga,” jelas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

Menutup pernyataannya, ia mengucapkan selamat atas keberhasilan tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Khususnya bagi Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizky Juniansyah (angkat besi) yang berhasil memperoleh medali emas, serta Gregoria Mariska Tunjung (bulutangkis) dengan medali perunggunya. Keberhasilan Kontingen Indonesia merupakan hasil dari kerja sama semua pihak.

Puan juga mengapresiasi masyarakat Indonesia yang tak hentinya memberikan dukungan bagi Tim Garuda selama perhelatan Olimpiade Paris 2024.

“Kesuksesan Indonesia di Olimpiade Paris ini adalah buah keberhasilan atas kerja keras dan gotong royong dari seluruh atlet, pelatih, tim official, dan tim supporting lainnya. Serta tentunya dukungan dari pihak-pihak dan elemen bangsa yang turut terlibat,” paparnya.

“Dan yang pasti, keberhasilan Tim Garuda juga berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih untuk semua, dan apresiasi tinggi bagi seluruh Kontingen Indonesia pada Olimpiade Paris. Maju terus dunia olahraga Indonesia,” tutup Puan.

 

KEYWORD :

Ketua DPR Puan Maharani PDIP fasilitas olahraga atlet Olimpiade




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :