Rabu, 11/09/2024 02:32 WIB

Penyebab Kebakaran PLTN Tidak Jelas, Rusia Sebut Menara Pendingin Perlu Diganti

Penyebab Kebakaran PLTN Tidak Jelas, Rusia Sebut Menara Pendingin Perlu Diganti

Pabrik nuklir Zaporizhzhia, Ukraina 16 Juni 2023. REUTERS

ZAPORIZHZHIA - Rusia dan Ukraina saling tuduh memulai kebakaran di PLTN Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina pada hari Minggu, tetapi kedua belah pihak tidak melaporkan tanda-tanda peningkatan radiasi.

Pengawas nuklir Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengatakan stafnya telah melihat asap tebal dan gelap keluar dari bagian utara dari enam reaktor besar di Ukraina selatan, yang saat ini dalam "penutupan dingin", setelah beberapa ledakan.

"Serangan gegabah ini membahayakan keselamatan nuklir di pabrik dan meningkatkan risiko kecelakaan nuklir. Serangan itu harus dihentikan sekarang," kepala IAEA Rafael Grossi memperingatkan dalam pernyataan terpisah, tanpa menyalahkan pihak mana pun.

Kebakaran terjadi kurang dari seminggu setelah pasukan Ukraina melancarkan serangan terbesar mereka ke wilayah Rusia sejak perang dimulai pada tahun 2022.

Kantor berita Interfax mengutip Alexei Likhachev, kepala perusahaan nuklir negara Rusia Rosatom, yang mengatakan kebakaran telah berlangsung sekitar tiga jam dan menyebabkan "kerusakan yang sangat serius" pada menara pendingin.

Ia mengatakan, tanpa memberikan bukti, bahwa kebakaran itu disebabkan oleh dua serangan pesawat tak berawak Ukraina. Tidak jelas apakah kerusakan itu dapat diperbaiki atau apakah salah satu menara mungkin perlu diganti, tambahnya.

Perusahaan tenaga nuklir Ukraina Energoatom mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa salah satu menara pendingin dan peralatan lainnya rusak.

Grossi mengatakan IAEA telah meminta "akses segera" ke menara itu untuk menilai kerusakannya. Tidak ada tanggapan langsung dari Moskow atau Kyiv atas pernyataan Grossi.

Rusia merebut pabrik itu dari Ukraina tak lama setelah melancarkan invasi besar-besaran ke negara tetangganya yang lebih kecil pada tahun 2022, yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus".

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Rusia menyalakan api, yang katanya terlihat dari kota Nikopol yang dikuasai Kyiv, yang menghadap ke pabrik yang dikuasai Rusia. Kebakaran itu dimulai sekitar pukul 8 malam (1700 GMT) pada hari Minggu.

IAEA mengatakan tidak ada dampak pada keselamatan nuklir yang dilaporkan. "Tim diberi tahu oleh (pembangkit nuklir) tentang dugaan serangan pesawat nirawak hari ini di salah satu menara pendingin yang terletak di lokasi tersebut," tulisnya di X.

Energoatom Ukraina mengatakan "kelalaian" atau pembakaran Rusia dapat memicu kebakaran. Tanpa memberikan bukti, ia juga mengatakan Rusia menggunakan menara pendingin untuk menyimpan peralatan militer dan bahan peledak.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menuduh Kyiv sengaja mencoba menghancurkan pembangkit tersebut dan menebar "teror nuklir".

Zelensky menerbitkan video buram yang memperlihatkan asap hitam yang tampaknya keluar dari menara pendingin dengan api yang menyala di dasarnya.

"Saat ini, indikator radiasi normal. Namun selama teroris Rusia mempertahankan kendali atas pembangkit nuklir, situasinya tidak dan tidak akan normal," katanya.

Enam reaktor yang tidak aktif, yang terletak dekat dengan garis depan perang, bergantung pada daya eksternal untuk menjaga bahan nuklir mereka tetap dingin dan mencegah kecelakaan yang dahsyat.

Moskow dan Kyiv secara rutin saling menuduh membahayakan keselamatan di sekitar pembangkit.

KEYWORD :

Pembangkit Nuklir Dikuasai Rusia Konflik Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :