Rabu, 11/09/2024 02:29 WIB

Demokrat Targetkan Swing Voter di Negara Bagian AS untuk Dukung Harris

Demokrat Targetkan Swing Voter di Negara Bagian AS untuk Dukung Harris

Kandidat presiden Demokrat AS Kamala Harris berpidato di acara kampanye di kampus Universitas Nevada, Las Vegas, AS, 10 Agustus 2024. REUTERS

WASHINGTON - Komite Nasional Demokrat akan menghabiskan $300.000 atau sekitar Rp 4,7 triliun dalam upaya pertama untuk mendaftarkan 9 juta warga Amerika yang tinggal di luar negeri. Mereka bertujuan memenangkan suara bagi kandidat partai tersebut, Wakil Presiden Kamala Harris, dalam pemilihan presiden 5 November.

Pendanaan untuk Democrats Abroad, yang mewakili Demokrat yang tinggal di luar Amerika Serikat, akan digunakan untuk membiayai pendaftaran pemilih dan menyebarkan informasi tentang cara memilih dari luar negeri, kata seorang pejabat DNC pada hari Senin.

Pejabat itu mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya DNC mendanai Democrats Abroad dan upaya tersebut akan difokuskan pada Meksiko dan Eropa, tempat tinggal warga Amerika di luar negeri dalam jumlah terbesar.

Pejabat DNC mengatakan ada lebih dari 1,6 juta warga Amerika dari negara bagian medan pertempuran Arizona, Georgia, Michigan, Nevada, North Carolina, Pennsylvania, dan Wisconsin yang tinggal di luar negeri, dan mereka akan memperjuangkan setiap suara.

Negara-negara bagian tersebut penting bagi Harris atau mantan Presiden Republik Donald Trump untuk memenangkan pemilihan. Ketika Presiden Joe Biden mengalahkan Trump untuk memenangkan kursi kepresidenan 2020, ia melakukannya dengan selisih hanya 44.000 suara di Arizona, Georgia, dan Wisconsin.

"DNC tidak akan melewatkan satu langkah pun untuk memastikan bahwa Kamala Harris akan menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya," katanya dalam sebuah pernyataan, dengan mencatat bahwa hanya 8% warga Amerika yang tinggal di luar negeri yang telah mendaftar untuk memilih dalam pemilihan umum 2020.

"Pemilihan umum ini akan dimenangkan dengan selisih suara yang tipis, dan dengan hanya tiga bulan menjelang pemilihan umum, setiap suara penting – termasuk suara dari mereka yang bertugas atau tinggal di luar negeri."

Harris dan pasangannya, Gubernur Minnesota Tim Walz, minggu lalu mengunjungi beberapa negara bagian medan pertempuran politik, memenuhi rapat umum dengan ribuan orang dan membangun momentum yang telah mendorongnya sejak ia mengambil alih posisi puncak tiket Demokrat setelah Biden mengundurkan diri.

Biden, 81, mengakhiri pencalonannya dan mendukung Harris setelah penampilan debat yang buruk melawan Trump memicu kekacauan di dalam Partai Demokrat dan memicu kekhawatiran bahwa ia tidak dapat mengalahkan mantan presiden tersebut atau menyelesaikan masa jabatan empat tahun keduanya.

Harris unggul atas Trump dengan selisih empat poin persentase masing-masing dalam jajak pendapat pemilih di Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania yang dilakukan oleh New York Times dan Siena College, perubahan besar dari jajak pendapat di negara-negara bagian yang menjadi penentu sebelum Biden keluar dari pemilihan presiden bulan lalu.

Secara nasional, Harris unggul atas Trump dengan selisih lima poin persentase, 42% berbanding 37%, dalam jajak pendapat Ipsos yang dipublikasikan pada hari Kamis, memperlebar keunggulannya dari survei Reuters/Ipsos pada tanggal 22-23 Juli, yang menunjukkan bahwa ia unggul 37% berbanding 34%.

Martha McDevitt-Pugh, yang mengepalai Democrats Abroad, menyebut pendanaan DNC sebagai "penegasan kuat atas pekerjaan kami dan pentingnya pemilih di luar negeri, yang memilih kembali di negara bagian asal mereka dan telah menjadi margin kemenangan dalam berbagai pemilihan penting, seperti memenangkan Georgia pada tahun 2020."

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Kamala Harris Tim Walz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :