Sabtu, 21/09/2024 16:53 WIB

Tuduh Ukraina Melanggar Batas Wilayah Udaranya, Belarusia Tambah Pasukan di Perbatasan

Tuduh Ukraina Melanggar Batas Wilayah Udaranya, Belarusia Tambah Pasukan di Perbatasan

Presiden Belarus Alexander Lukashenko menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Shanghai di Astana, Kazakhstan, 4 Juli 2024. Sputnik via REUTERS

MOSKOW - Belarusia mengirim lebih banyak pasukan untuk memperkuat perbatasannya dengan Ukraina pada hari Sabtu. Belarusia mengatakan pesawat nirawak Ukraina telah melanggar wilayah udaranya selama serangan militer Kyiv ke wilayah Kursk Rusia.

Kementerian Luar Negeri Belarus memanggil kuasa usaha Ukraina, menuntut tindakan untuk memastikan insiden seperti itu tidak akan terulang dan menyarankan agar kejadian yang terulang mendorong Belarus untuk mempertimbangkan apakah kehadiran diplomatik Kyiv di Minsk "tepat".

Presiden Alexander Lukashenko, saat berpidato di sebuah pertemuan di Belarus timur, mengatakan pasukan pertahanan udara pada hari Jumat menghancurkan beberapa dari "sekitar selusin" pesawat nirawak Ukraina setelah mereka melanggar wilayah udara Belarus di wilayah Mogilev yang berbatasan dengan Rusia.

Lukashenko, salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan beberapa pesawat nirawak lainnya kemudian dihancurkan di dekat kota Yaroslavl, Rusia.

"Saya tidak mengerti mengapa Ukraina harus melakukan ini. Kami harus menyelidikinya," kantor berita BelTA mengutip pernyataannya. "Namun, kami telah...menegaskan diri dan menyampaikan kepada mereka bahwa setiap provokasi tidak akan dibiarkan begitu saja."

Saluran televisi pemerintah Belarus1 menayangkan cuplikan yang katanya adalah pecahan pesawat nirawak yang jatuh.

Kementerian Luar Negeri Belarusia, dalam komentar yang juga muncul di BelTA, mengatakan Minsk menuntut "tindakan komprehensif" untuk memastikan insiden seperti itu tidak terulang.

"Telah ditunjukkan...bahwa jika perwakilan diplomatik Ukraina di Belarus tidak dapat memberikan pengaruh dalam mencegah provokasi semacam itu, pihak Belarus akan mengangkat isu tentang kelayakan kehadirannya yang berkelanjutan di Minsk."

Kementerian Luar Negeri Ukraina tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Andriy Kovalenko, kepala Pusat Penanggulangan Disinformasi Ukraina, sebuah badan negara, menulis di Telegram bahwa peningkatan pengerahan senjata di dekat perbatasan adalah "upaya untuk membantu Putin dan mengalihkan perhatian komando Ukraina ke sektor ini".

Sebelumnya pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia telah mencegat enam pesawat tanpa awak di wilayah Yaroslavl.

"Mempertimbangkan situasi di Ukraina dan di wilayah Kursk Rusia, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata telah memberikan perintah untuk memperkuat pasukan di wilayah taktis Gomel dan Mozyr guna menanggapi provokasi semacam itu," kata Menteri Pertahanan Viktor Khrenin.

"Pasukan operasi khusus, pasukan darat, dan pasukan roket, termasuk sistem Polonez dan Iskander, telah ditugaskan untuk dikerahkan ke wilayah yang ditunjuk." Ia mengatakan Belarus menganggap pelanggaran wilayah udaranya sebagai provokasi dan "siap untuk menanggapi".

KEYWORD :

Belarusia Pasukan Tambahan Perbatasan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :