Selasa, 17/09/2024 02:12 WIB

Kerjasama BenihBaik dengan Dua Perusahaan Ini Dirikan Sekolah Kesetaraan Gratis di Bali

Kolaborasi dua perusahaan bersama Andy F Noya sukses galang dana lebih dari Rp750 juta untuk dirikan Sekolah Kesetaraan Gratis.

Mastercard, Central Department Store dan BenihBaik.com Bersinergi Dirikan Sekolah Kesetaraan Gratis. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Mastercard, bersama Central Department Store dan BenihBaik.com mengumumkan keberhasilan penggalangan dana lebih dari Rp750 juta untuk mendirikan Sekolah Kesetaraan Gratis. Inisiatif ini akan memberikan akses pendidikan berkualitas yang setara bagi anak-anak kurang beruntung. Upaya kolaboratif yang didorong oleh komitmen Mastercard terhadap pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat mendukung kesetaraan pendidikan di Indonesia.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, Mastercard mendonasikan Rp25.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard pada periode 25 September hingga 31 Desember 2023.

Selain itu, Mastercard juga mencocokkan setiap donasi yang dilakukan oleh pemegang kartu Mastercard di situs BenihBaik.com, hingga Rp250.000 per donasi. Anak-anak merupakan fondasi masa depan. Namun, berdasarkan data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia pada 2022, sebanyak 491.311 anak Indonesia terpaksa putus sekolah pada awal tahun ajaran baru.

“Melihat fakta bahwa banyak anak-anak Indonesia yang putus sekolah, membuat saya terbebani dan ingin mengambil bagian untuk membantu mereka. Bersama Mastercard, kami menemukan kesamaan visi yaitu ingin memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Akhirnya di tahun ini, dimana Central sendiri memasuki satu dekade, Sekolah Kesetaraan Gratis ini bisa mulai berjalan. Kami harap melalui Sekolah ini, anak-anak yang putus sekolah karena masalah ekonomi, bisa melanjutkan dan mengejar mimpi mereka kembali,” kata Kong Surapongpracha, Direktur Central Department Store, di Grand Indonesia, Selasa (13/8/2024).

Hal ini menunjukkan kesejahteraan sosial anak-anak Indonesia memerlukan perhatian khusus, terutama dalam hal akses pendidikan. Upaya kolaboratif dari berbagai pihak diperlukan untuk memastikan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar, untuk itulah Program Sekolah Kesetaraan Gratis digagas.

Sekolah Kesetaraan Gratis merupakan hasil kolaborasi antara Mastercard, Central Department Store, dan BenihBaik.com untuk menyediakan akses dan sarana pendidikan gratis bagi anak-anak tunawisma dan mereka yang mengalami masalah kesejahteraan sosial. Program ini juga akan memberikan pendampingan dan pelatihan sesuai jenjang, dengan memanfaatkan fasilitas publik seperti aula atau ruangan milik desa.

“Untuk kurikulum sama dengan sekolah pada umumnya. Kami mengikuti kurikulum Kemendikbud. Dan untuk kualitas guru-gurunya tidak perlu diragukan lagi,” ungkap Andy F Noya, CEO sekaligus Founduer BenihBaik.

Program pendidikan yang dilakukan meliputi pendidikan formal, berupa kegiatan belajar seminggu sekali, serta muatan lokal yang relevan dengan lingkungan sekitar seperti manajemen sampah. Selain itu, program ini juga mencakup pendampingan keluarga dengan mengunjungi rumah anak didik untuk memastikan dukungan keluarga, serta pendidikan siap kerja yang membentuk soft skill dan hard skill guna mempersiapkan anak menjadi talenta profesional siap kerja.

Anak-anak juga akan mendapatkan berbagai program pendukung seperti eduwisata berupa kunjungan ke tempat wisata edukatif. Mereka akan mendapatkan pelatihan intensif bahasa Inggris melalui fun English club, kelas persiapan untuk asesmen, ujian kesetaraan, dan persiapan masuk perguruan tinggi. Selain itu, mereka juga akan menghadiri sesi dengan pembicara inspiratif untuk memberikan motivasi melalui kelas inspirasi, serta aktivitas ekstrakurikuler untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang olahraga dan kesenian.

“Mastercard merasa terhormat dapat bermitra dengan Central Department Store dan BenihBaik.com dalam inisiatif ini untuk mendukung akses pendidikan yang setara bagi setiap anak. Pendidikan adalah fondasi ekonomi yang inklusif. Inisiatif ini tidak hanya memberi kesempatan kepada pemegang kartu Mastercard untuk memberikan dampak yang berarti, tetapi juga membuka lebih banyak peluang bagi anak-anak kurang beruntung untuk belajar dan berkembang secara menyeluruh, membekali mereka dengan keterampilan hidup dan pendidikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi mereka – terlepas dari latar belakangnya. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Mastercard terhadap “Doing Well by Doing Good” – memberikan dampak positif bagi komunitas lokal dan membentuk dunia yang lebih inklusif,” jelas Aileen Goh, Country Manager and President Director, Indonesia, Mastercard.

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pendidikan dan literasi di kalangan anak-anak, Mastercard dan Central telah mendirikan Rumah Baca Silo dan Rumah Baca Maranatha di Biak, Papua. Hingga kini, kedua rumah baca tersebut telah memberikan dampak positif terhadap 443 individu, termasuk 300 anak-anak dan 143 orang dewasa yang mendapatkan manfaat dari sumber pembelajaran seperti buku dan program edukasi.


KEYWORD :

Sekolah Kesetaraan Gratis Andy F Noya BenihBaik Central




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :