Selasa, 17/09/2024 02:20 WIB

Lebih dari 47.000 Orang Meninggal di Eropa Tahun Lalu Akibat Panas

Lebih dari 47.000 Orang Meninggal di Eropa Tahun Lalu Akibat Panas

Relawan Palang Merah berbicara dengan seorang tunawisma pada malam musim panas yang panas di Cordoba, Spanyol, 18 Juli 2024. REUTERS

MADRID - Lebih dari 47.000 orang meninggal di Eropa akibat suhu yang sangat panas pada tahun 2023. Negara-negara di wilayah selatan yang paling terdampak, menurut laporan oleh Institut Kesehatan Global Barcelona (ISGlobal) yang diterbitkan pada hari Senin.

Tahun lalu merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat di dunia. Karena perubahan iklim terus meningkatkan suhu, penduduk Eropa tinggal di benua yang paling cepat memanas di dunia, menghadapi risiko kesehatan yang semakin meningkat akibat panas yang menyengat.

Menurut laporan oleh pusat penelitian Spanyol, jumlah korban tewas pada tahun 2023 - di bawah lebih dari 60.000 kematian terkait panas yang diperkirakan terjadi pada tahun sebelumnya - akan menjadi 80% lebih tinggi tanpa adanya langkah-langkah yang diperkenalkan dalam 20 tahun terakhir untuk membantu masyarakat beradaptasi dengan meningkatnya suhu, seperti sistem peringatan dini dan peningkatan layanan kesehatan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bagaimana telah terjadi proses adaptasi masyarakat terhadap suhu tinggi selama abad ini, yang telah secara dramatis mengurangi kerentanan terkait panas dan beban kematian pada musim panas baru-baru ini, terutama di kalangan orang tua," kata Elisa Gallo, peneliti di ISGlobal dan penulis utama penelitian tersebut.

Para peneliti menggunakan catatan kematian dan suhu dari 35 negara Eropa. Mereka memperkirakan bahwa 47.690 orang meninggal karena penyebab yang terkait dengan suhu tinggi.
Dengan menyesuaikan data populasi, Yunani, Bulgaria, Italia, dan Spanyol adalah negara-negara dengan tingkat kematian tertinggi terkait dengan panas.

KEYWORD :

Gelombang Panas Eropa Korban Tewas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :