Senin, 16/09/2024 17:43 WIB

Tolak Calonkan Diri Jadi Pemimpin Partai Lagi, Kishida akan Mundur sebagai PM Jepang

Tolak Calonkan Diri Jadi Pemimpin Partai Lagi, Kishida akan Mundur sebagai PM Jepang

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida saat konferensi pers di kantor perdana menteri di Tokyo pada 14 Agustus 2024. PHILIP FONG via REUTERS

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan ia akan mengundurkan diri bulan depan, menyerah pada ketidakpuasan publik atas skandal politik dan meningkatnya biaya hidup yang merusak masa jabatan tiga tahunnya, dan memicu persaingan untuk menggantikannya.

"Politik tidak dapat berjalan tanpa kepercayaan publik. Saya membuat keputusan berat ini dengan memikirkan publik, dengan keinginan kuat untuk mendorong reformasi politik ke depan," katanya dalam konferensi pers untuk mengumumkan keputusannya untuk tidak mencalonkan diri kembali sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP).

LDP akan mengadakan kontes pada bulan September untuk menggantikannya sebagai presiden partai yang berkuasa, dan sebagai perpanjangan sebagai perdana menteri Jepang.

Peringkat Kishida mulai merosot dengan cepat setelah ia menjabat pada tahun 2021 menyusul pengungkapan tentang hubungan LDP dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial. Popularitasnya semakin terpukul karena dana gelap sumbangan politik yang tidak tercatat yang diberikan pada acara penggalangan dana LDP terungkap.

Ia juga menghadapi ketidakpuasan publik atas kegagalan upah untuk mengimbangi kenaikan biaya hidup karena negara tersebut akhirnya melepaskan diri dari tekanan deflasi selama bertahun-tahun.

"Seorang perdana menteri petahana LDP tidak dapat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden kecuali ia yakin akan menang. Ini seperti juara agung yokozuna sumo. Anda tidak hanya menang, tetapi Anda harus menang dengan anggun," kata Koichi Nakano, profesor ilmu politik di Universitas Sophia.

Siapa pun yang menggantikan Kishida sebagai pemimpin LDP harus memulihkan kepercayaan publik terhadap partai dan mengatasi meningkatnya biaya hidup, meningkatnya ketegangan geopolitik dengan Tiongkok, dan potensi kembalinya Donald Trump sebagai presiden AS tahun depan.

KEBIJAKAN MONETER DAN PEMBANGUNAN MILITER
Selama masa jabatannya sebagai pemimpin pascaperang terlama kedelapan di negara itu, Kishida melepaskan diri dari kebijakan ekonomi sebelumnya dengan menghindari ekonomi trickle-down yang didorong oleh laba perusahaan demi kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga, termasuk kenaikan upah dan mempromosikan kepemilikan saham.

Ia memimpin Jepang keluar dari pandemi COVID dengan pengeluaran stimulus besar-besaran dan juga menunjuk akademisi Kazuo Ueda sebagai kepala Bank Jepang (BOJ) untuk membimbing Jepang keluar dari stimulus moneter radikal pendahulunya.

BOJ pada bulan Juli secara tak terduga menaikkan suku bunga karena inflasi meningkat, yang berkontribusi pada ketidakstabilan pasar saham dan membuat yen naik tajam.

Kepergian Kishida dapat berarti kondisi fiskal dan moneter yang lebih ketat, tergantung pada kandidatnya, menurut Shoki Omori, kepala strategi Jepang di Mizuho Securities di Tokyo.

Singkatnya, aset berisiko, khususnya ekuitas, kemungkinan akan paling terpukul," katanya.

Masa jabatan perdana menteri Kishida juga ditandai oleh lingkungan keamanan yang berubah dengan cepat yang mendorong Jepang untuk meninjau kembali kebijakan pasifisnya yang tradisional.

Ia mengungkap pembangunan militer terbesar Jepang sejak Perang Dunia Kedua dengan komitmen untuk menggandakan anggaran pertahanan yang bertujuan untuk menghalangi negara tetangga Tiongkok dari mengejar ambisi teritorialnya di Asia Timur melalui kekuatan militer.

Dengan dorongan dari Washington, Kishida juga memperbaiki hubungan Jepang yang tegang dengan Korea Selatan, yang memungkinkan kedua negara dan sekutu bersama mereka, AS, untuk mengejar kerja sama keamanan yang lebih dalam untuk melawan ancaman yang ditimbulkan oleh program rudal dan senjata nuklir Korea Utara.

"Secara pribadi, saya berharap ia melanjutkan jabatannya sebagai perdana menteri. Mungkin ia stres (dengan peringkat yang rendah), dan dengan semua keadaan di sekitarnya, saya kira ia tidak punya pilihan selain mengundurkan diri," kata Naoya Okamoto, seorang pekerja kantoran berusia 22 tahun di Tokyo.

PEMIMPIN BERIKUTNYA
Mantan menteri pertahanan, Shigeru Ishiba, telah mengajukan diri sebagai calon pengganti Kishida, dengan mengatakan ia ingin "memenuhi tugasnya" jika ia mengumpulkan cukup dukungan, menurut penyiar publik NHK.

Nama-nama lain yang disebut-sebut sebagai calon potensial termasuk Menteri Luar Negeri Yoko Kamikawa, Menteri Digital Taro Kono, dan mantan Menteri Lingkungan Hidup Shinjiro Koizumi.

Para ahli mengatakan bahwa LDP harus memilih wajah baru yang keluar dari skandal yang telah menjerat partai tersebut baru-baru ini agar dapat bertahan dalam pemilihan umum, yang akan diselenggarakan paling lambat pada kuartal ketiga tahun 2025.

"Jika LDP memilih pemimpin berikutnya dengan cara yang mengabaikan kritik publik terhadap skandal pendanaan politik, partai tersebut dapat mengalami kekalahan telak," kata analis politik Atsuo Ito.

"Partai harus memilih seseorang yang muda yang tidak memiliki hubungan dengan pemerintahan saat ini dan dengan demikian dapat menghadirkan LDP yang baru," tambahnya.

KEYWORD :

PM Jepang Fumio Kishida Mengundurkan Diri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :