Kamis, 19/09/2024 12:39 WIB

Terkait Kecaman Serangan di Kursk, Sekutu Ukraina di PBB Tuduh Rusia Berstandar Ganda

Terkait Kecaman Serangan di Kursk, Sekutu Ukraina di PBB Tuduh Rusia Berstandar Ganda

Matahari bersinar di balik Gedung Sekretariat PBB di Markas Besar PBB di Kota New York, AS, 18 Juni 2021. REUTERS

PBB - Rusia mengecam sekutu Barat Ukraina di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa karena tidak mengutuk serangan Kyiv ke wilayah Kursk milik Rusia. Moskow menuduh pasukan Ukraina membunuh warga sipil, dan mempertanyakan tujuan serangan lintas perbatasan tersebut.

Sekutu Ukraina di Dewan Keamanan PBB - termasuk Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris - tetap teguh dalam dukungan mereka terhadap Kyiv selama pertemuan informal dewan yang diselenggarakan oleh Rusia. Mereka tidak menyebutkan serangan Kursk.

"Kami tidak akan mengakui penyerang sebagai korban," kata diplomat senior Slovenia Klemen Ponikvar, salah satu dari beberapa anggota yang menuduh Rusia munafik, memiliki standar ganda, dan membuang-buang waktu Dewan Keamanan.

Ribuan tentara Ukraina memulai serangan mendadak seminggu yang lalu, sebuah langkah yang menurut Presiden Rusia Vladimir Putin ditujukan untuk meningkatkan posisi negosiasi Kyiv menjelang kemungkinan perundingan dan memperlambat kemajuan pasukan Rusia di sepanjang garis depan.

Pendukung Barat Ukraina - yang ingin menghindari eskalasi perang menjadi konfrontasi langsung antara Rusia dan NATO yang dipimpin AS - mengatakan mereka tidak mendapat peringatan sebelumnya tentang serangan Ukraina yang telah mengukir sebagian wilayah Rusia.

Militer Rusia dan Ukraina telah melarang wartawan memasuki medan perang, sehingga mustahil untuk memverifikasi klaim seperti yang dilontarkan Rusia pada hari Selasa.

"Kami belum mendengar sepatah kata pun kecaman atas tindakan ini dari sponsor Barat rezim Kyiv yang terus menutupi kejahatan keji boneka mereka," kata Wakil Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy dalam pertemuan dewan.

"Saya akan berterima kasih atas penjelasan tentang bagaimana penargetan warga sipil secara sengaja dapat menggagalkan serangan di wilayah Ukraina, mengingat fakta bahwa tidak ada objek atau infrastruktur militer di wilayah tersebut," katanya.

Rusia menginvasi Ukraina pada tahun 2022 dan menguasai hampir seperlima wilayah yang diakui secara internasional sebagai Ukraina. Kyiv dan Moskow membantah telah menargetkan warga sipil selama perang, yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan warga Ukraina mengungsi.

Selama pertemuan informal dewan, diplomat Amerika, Inggris, dan Prancis mengajukan tuduhan terhadap Rusia atas pelanggaran hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia di Ukraina.

"Tidak perlu dipertanyakan lagi negara mana yang telah melakukan banyak kekejaman yang terdokumentasi dengan baik, termasuk kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, di wilayah kedaulatan Ukraina," kata diplomat AS Caleb Pine.

"Negara itu adalah Rusia." Prancis terus mendukung kedaulatan independen dan integritas teritorial Ukraina di dalam perbatasannya yang diakui secara internasional, kata diplomat Prancis Clarisse Paolini.

Diplomat Inggris Kate Jones mengatakan: "Kami tidak akan pernah goyah dalam mendukung Ukraina selama diperlukan untuk mengamankan perdamaian yang adil dan berkelanjutan berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB dan hukum internasional."

Diplomat dari Suriah, Belarus, dan Korea Utara berbicara untuk mendukung Rusia pada pertemuan informal Dewan Keamanan.

KEYWORD :

Serangan Balasan Moskow Rusia Operasi Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :