Rabu, 11/09/2024 15:35 WIB

Pembicaraan Gencatan Senjata Direncanakan Hari Ini, Pejabat Hamas Bantah akan Hadir

Pembicaraan Gencatan Senjata Direncanakan Hari Ini, Pejabat Hamas Bantah akan Hadir

Warga Palestina yang mengungsi melarikan diri dari Kota Hamad setelah perintah evakuasi Israel, di Khan Younis di Jalur Gaza selatan 11 Agustus 2024. REUTERS

KAIRO - Para mediator bermaksud untuk melanjutkan perundingan gencatan senjata Gaza akhir minggu ini. AS mengatakan pada hari Senin bahwa mereka mengharapkan perundingan gencatan senjata Gaza yang dijadwalkan pada hari Kamis akan berjalan sesuai rencana. AS juga mengatakan bahwa kesepakatan masih mungkin terjadi.

Axios melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berencana berangkat pada hari Selasa untuk berdiskusi di Qatar, Mesir, dan Israel.

Pemerintah Israel mengatakan akan mengirim delegasi ke perundingan hari Kamis untuk menyelesaikan rincian proposal perjanjian.

Namun Hamas menuntut rencana yang dapat dilaksanakan untuk mengimplementasikan proposal tersebut, yang disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden pada bulan Mei - daripada perundingan lebih lanjut.

Seorang pejabat Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa laporan CNN yang mengatakan kelompok tersebut berencana untuk hadir pada hari Kamis adalah salah.

"Pernyataan kami beberapa hari yang lalu jelas: yang dibutuhkan adalah implementasi, bukan negosiasi lebih lanjut," kata pejabat tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah tersebut.

Perang tersebut dipicu ketika pejuang yang dipimpin Hamas menyerbu Israel pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan membawa sekitar 250 orang sebagai sandera kembali ke Gaza, menurut penghitungan Israel.

Hampir 40.000 warga Palestina telah tewas sejak saat itu dalam serangan Israel di Gaza, dengan sebagian besar daerah kantong itu hancur dan sebagian besar penduduk mengungsi. Kesepakatan gencatan senjata akan bertujuan untuk mengakhiri pertempuran di Gaza dan memastikan pembebasan sandera Israel yang ditahan di daerah kantong itu sebagai imbalan bagi warga Palestina yang dipenjara di Israel.

Di Deir Al-Balah, salah satu tempat terpadat di Gaza dengan ratusan ribu orang mengungsi, banyak yang sangat menginginkan gencatan senjata.

"Cukup, kami tidak dapat lagi menoleransi perang, kelaparan, dan pengungsian yang sering terjadi," kata Ghada, seorang ibu enam anak yang dua hari lalu harus meninggalkan tendanya di Khan Younis berdasarkan perintah evakuasi baru Israel.

"Saya berharap kali ini mereka akan mencapai gencatan senjata. Jika tidak, saya tidak tahu berapa lama lagi kami bisa bertahan," katanya kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Hamas Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :