Selasa, 17/09/2024 02:17 WIB

Dianggap Tidak Etis Pilih Menteri, Parlemen akan Mengganti PM Thailand Hari Ini

Dianggap Tidak Etis Pilih Menteri, Parlemen akan Mengganti PM Thailand Hari Ini

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin tiba untuk menyambut Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Gedung Pemerintah di Bangkok, Thailand, 29 April 2024. REUTERS

BANGKOK - Mahkamah Konstitusi Thailand pada hari Rabu memberhentikan Perdana Menteri Srettha Thavisin karena "sangat" melanggar etika. Dia mengangkat seorang menteri yang pernah menjalani hukuman penjara. Putusan itu meningkatkan kekhawatiran akan pergolakan politik dan perombakan dalam aliansi pemerintahan.

Taipan real estate Srettha menjadi perdana menteri Thailand keempat dalam 16 tahun yang dicopot dalam putusan pengadilan yang sama setelah hakim memutuskan 5-4 untuk mendukung pemecatannya karena gagal menjalankan tugasnya dengan integritas.

Keluarnya Srettha setelah kurang dari setahun berkuasa berarti parlemen harus bersidang untuk memilih perdana menteri baru, dengan prospek ketidakpastian yang lebih besar di negara yang selama dua dekade dirundung kudeta dan putusan pengadilan yang telah menjatuhkan banyak pemerintahan dan partai politik.

"Pengadilan telah memutuskan dengan suara 5-4 bahwa terdakwa diberhentikan sebagai perdana menteri karena kurangnya kejujurannya," kata para hakim, seraya menambahkan bahwa perilakunya "sangat melanggar standar etika".

Putusan tersebut menggarisbawahi peran utama yang dimainkan oleh lembaga peradilan dalam krisis yang tak kunjung reda di Thailand, dengan pengadilan yang sama minggu lalu membubarkan Partai Move Forward yang anti kemapanan setelah memutuskan kampanyenya untuk mereformasi undang-undang yang menentang penghinaan terhadap mahkota berisiko merusak monarki konstitusional.

Anggota parlemen Move Forward yang masih hidup berkumpul kembali pada hari Jumat di bawah partai baru.

Parlemen akan bersidang pada hari Jumat untuk memberikan suara pada perdana menteri baru, kepala staf Srettha, Prommin Lertsuridej, seorang veteran partai Pheu Thai, mengatakan kepada Reuters tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Putusan tersebut juga datang pada saat yang sulit bagi ekonomi yang Srettha perjuangkan untuk bangkit, dengan ekspor dan belanja konsumen yang lemah, utang rumah tangga yang sangat tinggi, dan lebih dari satu juta usaha kecil tidak dapat mengakses pinjaman.

"Ini kejutan yang negatif. Ini risiko langsung bagi perekonomian," kata Nuttachart Mekmasin, seorang ahli strategi di Trinity Securities, yang menguraikan kebijakan-kebijakan utama termasuk rencana pemberian uang tunai sebesar 500 miliar baht ($14,3 miliar) yang mungkin akan terhenti.

"Keyakinan konsumen dan bisnis akan terpengaruh," katanya, "Pengeluaran dan investasi akan melambat hingga pemerintahan berikutnya terbentuk."

Pemerintah telah memperkirakan pertumbuhan hanya 2,7% untuk tahun 2024, tertinggal dari negara-negara tetangga, sementara Thailand telah menjadi salah satu pasar dengan kinerja terburuk di Asia. Indeks merosot 1,29% setelah keputusan pengadilan, sebelum pulih dan ditutup turun 0,4%.

GENCATAN SENJATA YANG TAK PASTI
Partai Pheu Thai pimpinan Srettha dan para pendahulunya telah menanggung beban kekacauan Thailand, dengan dua pemerintahannya disingkirkan melalui kudeta dalam pertikaian dendam yang telah berlangsung lama antara para pendiri partai, keluarga miliarder Shinawatra, dan para pesaing mereka dalam pemerintahan konservatif dan militer yang royalis.

"Saya sedih harus meninggalkan jabatan sebagai perdana menteri yang terbukti tidak etis," kata Srettha kepada wartawan di Gedung Pemerintah, seraya menambahkan bahwa ada kemungkinan pemerintahan baru dapat mengubah kebijakannya. "Saya melaksanakan tugas saya dengan integritas dan kejujuran."

Wakil perdana menteri Phumtham Wechayachai diperkirakan akan mengambil alih jabatan sebagai perdana menteri sementara.

Putusan itu dapat mengguncang gencatan senjata yang rapuh antara tokoh politik besar Thaksin Shinawatra dan musuh-musuhnya di antara elit konservatif dan pengawal lama militer, yang memungkinkan taipan itu kembali dari pengasingan diri selama 15 tahun pada tahun 2023 dan sekutunya Srettha menjadi perdana menteri pada hari yang sama.

Srettha telah menegaskan bahwa penunjukan mantan pengacara Shinawatra, Pichit Chuenban, yang sempat dipenjara karena penghinaan terhadap pengadilan pada tahun 2008 atas dugaan upaya menyuap staf pengadilan, adalah sah. Tuduhan penyuapan tidak pernah terbukti dan Pichit mengundurkan diri pada bulan Mei.

Menurut beberapa pakar politik, Pheu Thai kemungkinan masih akan memiliki pengaruh untuk memimpin pemerintahan berikutnya, setelah periode tawar-menawar dan ketidakpastian tentang siapa yang akan bertanggung jawab.

"Koalisi tetap bersatu," kata Olarn Thinbangtieo, wakil dekan Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas Burapha.

"Mungkin ada beberapa dampak pada kepercayaan, tetapi itu akan terjadi dalam jangka pendek."

Perdana menteri berikutnya harus dinominasikan sebagai kandidat perdana menteri oleh partai mereka sebelum Pemilu 2023, dengan putri Thaksin yang berusia 37 tahun dan pemimpin partai Paetongtarn Shinawatra di antara pilihan Pheu Thai.

Jika berhasil, ia akan menjadi perdana menteri ketiga Thailand setelah Thaksin dan bibinya, Yingluck Shinawatra.

Kandidat potensial lainnya termasuk Menteri Dalam Negeri Anutin Charnvirakul, Menteri Energi Pirapan Salirathavibhaga dan Prawit Wongsuwan, membuka tab baru, mantan panglima militer berpengaruh yang terlibat dalam dua kudeta terakhir.

KEYWORD :

Mahkamah Thailand Copot Perdana Menteri Pelanggaran Etika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :