Selasa, 17/09/2024 02:21 WIB

Koordinasi Lintas Sektor, Setjen DPR Perketat Pengamanan Jelang Sidang Tahunan

Menghitung menit menjelang, DPR RI akan menyelenggarakan agenda tahunan Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024.

Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal DPR RI, Rudi Rochmansyah.

Jakarta, Jurnas.com - Menghitung menit menjelang, DPR RI akan menyelenggarakan agenda tahunan Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024.

Tidak hanya itu, DPR RI, sebagai tuan rumah, turut menggelar Sidang Paripurna DPR RI Tentang Rancangan Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2025. Masing-masing agenda tersebut akan dilaksanakan sehari sebelum Hari Kemerdekaan RI, yaitu hari ini, Jumat (16/8/2024).

Diketahui, Sidang 16 Agustus kali ini juga merupakan momentum terakhir DPR RI periode 2019-2024 sebelum berakhir pada 1 Oktober 2024 mendatang. Termasuk juga Sidang 16 Agustus ini, merupakan momentum terakhir Presiden Jokowi membacakan Pidato Kenegaraan, sebelum dilanjutkan kepemimpinannya oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Karena itu, Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal DPR RI, Rudi Rochmansyah menegaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran pengamanan, baik itu dari internal maupun eksternal DPR.

“Baik itu dengan BIN, BAIS, Polda Metro Jaya, dan juga unsur-unsur security yang terkait dengan pintu-pintu darurat,” ujar Rudi Rochmansyah kepada Parlementaria, di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Ia menambahkan pihaknya juga turut mengatur akses pintu masuk mulai dari pintu gerbang utara dan selatan.  “Untuk pintu gerbang utara akan ditutup sesuai dengan koordinasi dengan Paspampres 30 menit sebelum kedatangan presiden pintu gerbang harus sudah steril. Pintu gerbang motor juga diperketat. Mudah-mudahan insyaAlloh kegiatan berjalan aman, tertib, aman, dan nyaman,” pungkasnya.

Sidang 16 Agustus kali ini akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia Maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada lokasi acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

KEYWORD :

Setjen DPR Sidang Tahunan DPR Koordinasi Lintas Sektor Pengamanan Sidang Tahunan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :